CARA MEMBUAT SAMBAL GAMI MANDAI KHAS KALIMANTAN

Resep Sambal Gami Mandai Khas Kalimantan Timur (KALTIM) Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Olahan khas Bontang itu kini sudah tersebar di Samarinda. Menu khasnya adalah gami bawis, bahan utama tentu saja ikan bawis. Umumnya hanya ditemukan di perairan Bontang. Selain itu, olahan sambal gami divariasikan menjadi gami udang, cumi-cumi, ayam, bebek, nila, hingga telur.

Foto Resep Sambal Gami Mandai Khas Kalimantan Timur (KALTIM) Sederhana Spesial Pedas Asli Enak
Gambar Sambal Gami Mandai

Mandai adalah sebutan untuk kulit cempedak yang sudah melalui proses fragmentasi. Masakan olahan yang bahan utamanya adalah kulit cempedak ini bisa dijadikan lauk menemani makanan utama seperti nasi, rasanya sangat nikmat dengan tekstur berserat serta lembut, kelembutannya tergantung seberapa lama kulit cempedak di rendam. Sambal gami mirip dengan sambal dabu-dabu khas Sulawesi. Namun, metode memasak dan cara pengolahan berbeda. Dabu-dabu biasanya bahan dipotong lalu disiram minyak panas atau dimasak setengah matang. Sedangkan sambal gami, proses memasaknya langsung menggunakan cobek tanah liat.

Berikut adalah salah satu cara memasak dan menghidangkan Mandai. Cara membuat sambal gami cukup mudah. Tetapi durasi memasaknya agak memakan waktu sekitar 5–10 menit. Hal itu disebabkan penggunaan bahan utama yang mentah dari proses awal memasak. Jika mengikuti resep asli, ikan yang digunakan saat membuat gami harus yang mentah dan segar. Biasanya, ikan cukup dilumuri bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit. Pengecualian untuk ayam yang boleh dalam keadaan setengah matang, bisa digoreng langsung atau diungkep. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sambal gami khas Kalimantan sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis rumah makan khas daerah atau buka restoran khas Kalimantan.

RESEP SAMBAL GAMI MANDAI


BAHAN :
  • 4 potong mandai, potong kotak
  • 8 buah bawang merah
  • 2 buah cabai merah besar
  • 20 buah cabai rawit merah
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • 1 sdt terasi bakar
  • Garam
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng
CARA MEMBUAT SAMBAL GAMI MANDAI :
  1. Goreng potongan mandai sampe kering, sisihkan.
  2. Siapkan cobek dan ulek kasar semua bahan lainnya dan cek rasa.
  3. Panaskan cobek diatas kompor dan beri sedikit minyak, masak hingga semua bahan layu dan mendidih. Baru tambahkan potongan mandai, aduk rata, masak sebentar, angkat.
  4. Sajikan

CARA MEMBUAT SAMBAL GAMI MANDAI KHAS KALIMANTAN