CARA MEMBUAT PECAK TERONG HIJAU BAKAR SANTAN PEDAS

Resep Pecak Terong Hijau Bakar Santan Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Memasak olahan terong salah satunya dibuat terong hijau bakar sambal pecak. Terkadang bingung membedakan antara makanan pecel, penyet, pecek, dan masakan pecak santan atau pecak terong ijo kuah santan tradisional ini. Anda juga bisa mengganti terong atau terung ijo ini dengan terong bulat hijau bahkan pakai terong ungu yang juga disebut pecak terong ungu kuah santan. Sedangkan untuk terong bisa digoreng maupun dibakar atau bisa juga direbus yang penting tidak menghilangkan ciri masakan pecak yaitu pakai kuah santan dengan pelengkap tempe bakar.

Foto Resep Pecak Terong Hijau Bakar Santan Pedas Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Pecak Terong Hijau Bakar Santan Pedas

Pecel terong adalah terung atau terong goreng yang dihidangkan bersama sambal terasi dan lalapan segar. Sajian ini sering juga disebut terong penyet karena kadang terong di'penyet' atau dipencet di atas sambal. Sama halnya seperti ayam goreng, Ikan goreng misalnya lele goreng penyet, dll.

Baca Juga : Resep Pecak Terong Ungu

Pecek di Jawa Timur. Pecek adalah istilah umum untuk menyebut makanan yang dipenyet dengan sambal. Jenis makanannya sangat beragam seperti ayam goreng, tempe, tahu, hingga terong goreng atau terong bakar.

Sedangkan pecak adalah olahan terong khas Betawi dan Banyumas gabungan penyet dan kuah santan. Selain gurame, lele juga kerap kali dibuat pecak. Ikan lele dibakar atau digoreng kemudian disiram kuah santan dengan bumbu cabai dan kemiri yang gurih. Daun kemangi segar menjadi pelengkap pecak. Berarti pecak ini adalah masakan khas Betawi. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pecak terong hijau bakar santan pedas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis rumah makan atau restoran siap saji dengan daftar menu aneka pecak terung ijo bakar dan goreng kuah santan.

RESEP PECAK TERONG HIJAU BAKAR SANTAN


BAHAN :
  • 2 buah terong hijau boleh diganti terong panjang atau terong ungu, terong bulat dan terung lainnya.
  • 1/4 butir kelapa parut peras santannya dengan 1 gelas air matang hangat
  • 2 iris tempe
BAHAN BUMBU :
  • 1 buah cabe merah besar
  • 5 buah cabe rawit (atau sesuka selera pedas)
  • 2 buah bawang merah bakar
  • 1 ruas jari kencur
  • Terasi goreng / terasi bakar secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
CARA MEMASAK PECAK TERONG HIJAU BAKAR SANTAN :
  1. Bakar terong utuh dengan kulitnya, tempe dibakar juga. Bersihkan/kupas kulit terong yang gosong terbakar. letakkan terong di mangkuk atau piring.
  2. Uleg semua bumbu. Penyet terong dan tempe dengan ulegan, siram dengan bumbu dan terakhir masukkan santan kental matang. Aduk sedikit biar bumbu tercampur.
  3. Sajikan dengan nasi hangat.

CARA MEMBUAT PECAK TERONG HIJAU BAKAR SANTAN PEDAS