CARA MEMBUAT BEDAK SALICYL

Resep Bedak Salicyl Sederhana Spesial Asli Buatan Sendiri. Cara pembuatan bedak tabur dengan Resep standar (Formula standar sediaan obat). Kegunaan bedak salicyl KF ini dapat mengurangi gatal akibat biang keringat. Komposisi : Asam Salisilat 2 %, Talk 98%. Cara Kerja Obat:Asam Salisilat merupakan bakteriostatik, fungisida, keratolitik, terutama untuk pemakaian luar. Indikasi: Bedak tabur untuk gatal-gatal pada kulit karena biang keringat atau gangguan kulit lain yang bukan infeksi. Cara pemakaian : Bedak ini ditaburkan dan digosokkan rata pada bagian kulit yang gatal. Selain itu katanya bisa untuk mengatasi jerawat baca cara menggunakan bedak salicyl untuk jerawat, bisa untuk campuran membuat slime baca cara membuat slime dari bedak salicyl dan juga bisa digunakan untuk masker wajah baca cara membuat masker dari bedak salicyl.

Foto Resep Bedak Salicyl Sederhana Spesial Asli Buatan Sendiri
Gambar Bedak Salicyl Tabur

Menurut situs Wikipedia. Asam salisilat (dari bahasa Latin salix, pohon willow) adalah asam monohidroksibenzoat lipofilik, sejenis asam fenolat, dan asam beta hidroksi (BHA). Asam organik kristalin tak bewarna ini banyak digunakan dalam sintesis organik dan berfungsi sebagai hormon tanaman. Ini berasal dari metabolisme salisin.

Selain berfungsi sebagai metabolit aktif penting dari aspirin (asam asetilsalisilat), yang berperan sebagai penghasil asam salisilat, mungkin paling dikenal karena penggunaannya sebagai bahan utama dalam produk anti- jerawat topikal . Garam dan ester dari asam salisilat dikenal sebagai salisilat.

Salicyl Talk merupakan bedak anti gatal yang mengandung asam salisilat dan talk. Kegunaan bedak ini digunakan untuk menghilangkan gatal yang disebabkan oleh biang keringat dan gangguan kulit lainnya.

Ini ada dalam Daftar Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), obat teraman dan paling efektif yang dibutuhkan dalam sistem kesehatan.

Bedak Salicyl (Salicyl Talc) adalah bedak tabur atau pupur anti gatal yang mengandung asam salisilat dan talk. Bedak ini digunakan untuk menghilangkan gatal yang disebabkan oleh biang keringat dan gangguan kulit lainnya. Contoh produk bedak Salicyl untuk gatal, seperti bedak salicyl KF (bedak salicyl Kimia Farma), bedak salicyl cair, bedak salicyl biru, bedak salicyl pink, bedak salicyl kuning, bedak salicyl untuk bruntusan, bedak salicyl ika, bedak salicyl nellco, bedak salicyl cito menthol bedak gatal - bedak salisil, bedak salicyl menthol dragon, bedak salicyl 19, Bedak Salicyl Ciubros with parfume, dll.

Baca Juga : Resep Bedak Dingin

Contoh penulisan resep bedak Salicyl hasil racikan Fenitata pada Praktikum preskripsi II-ku yang kedua kelihatannya percobaannya berhasil. Berikut kumpulan rahasia jurnal aneka kreasi dan variasi olahan resepi bedak salicyl lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk pemakaian sendiri maupun untuk ide jualan usaha bisnis bedak tabur dengan merk sendiri dijual dengan harga murah meriah pasti laris manis. Berikut cara pembuatan bedak salicyl dan cara mengerjakan resep bedak saslicyl.

RESEP BEDAK SALICYL

BAHAN :

  • Contoh Resep Salicyl Talk 3%
  • R/ Acidum Salicilicum 3
  • Talk venet ad 100
  • Ol Ment. Pip gtt 1
  • m.f.l.a pulvis
  • s.u.e

CARA MEMBUAT BEDAK SALICYL :

  1. Timbang talk (100-3) gram.
  2. Timbang asam salisilat 3 gram, lalu larutkan dengan alcohol 95% ad tepat larut. Saranku sih, alcoholnya kalo bisa yang pas ya.jangan terlalu encer! kenapa? Kalo terlalu encer takutnya ntar waktu nambahin talk-nya terlalu lama trus keburu alkoholnya nguap! Dan jadilah sediaan yang disertai butir2 halus.Jangan terlalu kental! Kenapa? Alasannya kira2 sama lah sama yang atas!.
  3. (2) + talk q.s =) aduk ad kering dan homogen. Harus benar-benar kering ya! Soalnya kalau masih agak-agak basah gitu akan sangat merepotkan langkah kita selanjutnya!.
  4. Campur (3) dan sisa talk =) aduk ad halus dan homogen. Pastikan tidak ada gumpalan sedikitpun. karena adanya gumpalan akan merepotkan kita saat mengayak sediaan.
  5. (4) diayak dengan ayakan no. 60. Kenapa no 60? Karena sediaan ini tidak mengandung lemak, jadi menggunakan ayakan dengan nomor kecil. Semua sediaan harus lolos pada ayakan ini. Jika masih ada sisa yang tertinggal di ayakan, masukkan mortir lagi trus gerus lagi trus ayak lagi deh! Proses ini dilakukan berulang sampai seluruh serbuk ini lolos dari ayakan no. 60!.
  6. Setelah diayak, masukkan ol ment. pip sebanyak 1 tetes, lalu ratakan ke seluruh sediaan dengan menggunakan sudip!. Nah! Hati-hati pada proses ini!! Pada proses ini potensi menghasilkan sediaan yang memiliki gumpalan sangat besar! Maka dari itu, hati hati saat mengaduk sediaan yang sudah ditambah ol ment. pip! Tekan-tekan sudip sampai seluruh sediaan tercampur homogen dengan ol ment pip! Setelah merasa homogen, coba goyang-goyang wadah sediaan lagi! Jika masih ada gumpalan2 kecil, tekan2 gumpalan itu dengan sudip hingga menjadi serbuk kembali! Ulangi tahap ini, hingga dipastikan sediaan sudah benar2 halus. Oh ya! Proses ini kalo bisa jangan memakan waktu yang terlalu lama!. Kenapa?. Ingat! Ol ment pip mudah menguap! Kalau tidak buru-buru dimasukin wadah takutnya baunya keburu hilang! Sia-sia khan jadinya?
  7. (6) masuk wadah dan timbang!.
  8. Batas ini bedak salisil sudah jadi, Tinggal pasang etiket warna biru dan siap digunakan!.

TIPS & TRICKS :

Tips membaca resep dokter di atas.

m = Misce = Campur

f.l.a= Fac Lege Artis = Buatlah sesuai keahlian (aturan)

pulv = Pulvis = Serbuk

CARA MEMBUAT BEDAK SALICYL