CARA MEMBUAT PISANG SALE RENYAH CRISPY

Resep Pisang Sale Kering Sederhana Spesial Renyah (Crispy) Asli Enak. Aneka kumpulan resep sale pisang basah dan kering atau pisang sale goreng paling terkenal khas Bandung, Banyuwangi dan khas Aceh terlengkap 2020. Menurut situs Wikipedia sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama (awet). Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu agar renyah dan garing kriuk dan ada juga yang dipangang/bakar dengan oven pada pisang sale oven. selain itu, saat ini sale pisang mempunyai berbagai macam rasa seperti rasa keju dan coklat. Saat ini, produksi pisang sale sudah menembus pasar internasional.

Foto Pisang Sale Bandung Pisang Ambon
Gambar Sale Pisang Khas Bandung

Sale pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas olahan pisang. Baca juga resep olahan pisang (banana) resep pisang goreng

Produk Sale Pisang merupakan makanan khas Asli dari Karangpucung dan Majenang yang terletak di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Namun dalam perkembangannya banyak kota lain yang mengembangkan dan memproduksi Sale Pisang. Sehingga saat ini banyak pendapat bahwa keaslian Sale Pisang seperti diakui dari kota tertentu.

Foto Sale Pisang Goreng Renyah Aceh
Gambar Pisang Sale Khas Aceh

Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu sale pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Sale yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan. Bila dibuat pada musim hujan perlu dikeringkan dengan pengeringan buatan (dengan sistem tungju).

Ada 3 (tiga) cara pembuatan sale pisang, yaitu :
  • Cara tradisional dengan menggunakan asap kayu;
  • Cara pengasapan dengan menggunakan asap belerang;
  • Cara basah dengan menggunakan natrium bisulfit.
Proses pengasapan dengan menggunakan belerang berguna untuk :
  • Memucatkan pisang supaya diperoleh warna yang dikehendaki;
  • Mematikan mikroba (jamur, bakteri);
  • Mencegah perubahan warna
Pisang sale terdiri dari pisang sale basah, pisang sale kering, pisang sale goreng, pisang sale bakar, pisang sale oven panggang, dll. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sale pisang basah kering krispi sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko oleh-oleh khas Bandung, khas Aceh, dll.


RESEP PISANG SALE KERING

Foto Pisang Sale Keju Bandung Asli Enak
Gambar Sale pisang Keju

BAHAN :
  • Buah pisang yang telah matang. Cermati kulitnya yang telah menguning. Jenis pisang yang baik diolah menjadi sale pisang antara lain pisang emas, pisang ambon, pisang kepok dan juga pisang raja, sebab cepat busuk. Jumlahnya terserah Anda
  • Air bersih
  • Tepung terigu
  • Margarine
  • Gula pasir
  • Garam. Bahan ini opsional, sebab sale pisang yang telah kering bisa langsung digoreng jika mau.
  • Natrium bisulfit. Ini juga opsional, Anda bisa menggunakannya atau tidak. Jika mau, bisa dibeli di apotek. Biasanya bentuknya dalam kemasan bubuk.
CARA MEMBUAT SALE PISANG :
  1. Pisang yang telah matang dibuka kulitnya dan dibersihkan. Keruk bagian kulit yang masih menempel pada daging pisang. Jika dibiarkan, daging pisang bisa berubah hitam. Kemudian belah 1 buah pisang menjadi dua bagian sama besar. Jika Anda menggunakan natrium bisulfit, sebelum pisang dijemur bisa direndam dengan larutan berupa campuran air dan natrium bisulfit. Lama rendaman kira-kira 10 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan selama 15 menit. Setelah itu, susun rapi dalam satu wadah misalnya tampah dan jemur di bawah terik matahari selama kurang lebih 5 hari.
  2. Setelah kadar airnya berkurang, pisang sudah boleh diambil dan disimpan. Saat hendak dikonsumsi, sale pisang bisa langsung digoreng. Jika menginginkan rasa yang lebih nikmat, bisa digoreng dengan terigu. Adapun adonan terigu tersebut berupa campurang tepung terigu, tepung beras. Perbandingannya 2:1. Masukkan gula pasir, garam dan margarine secukupnya. Tambahkan juga air, pastikan tidak terlalu encer dan juga keras. Setelah siap, celupkan sale pisang dan kemudian goreng.

RESEP SALE PISANG BASAH


Foto Pisang Sale Basah Sajian Sedap Sekejap Langsung Enak Khas Bandung
Gambar Sale Pisang Basah

BAHAN :
  • Pisang Ambon ( bahan dasar boleh pisang lain, sediakan sesuai kebutuhan)
  • 20 gram natrium bisulfit
  • 1 liter air
CARA MEMBUAT SALE PISANG BASAH :
  1. Kupas kulit pisang yang telah tua dan matang lalu kerik sedikit bagian luarnya agar bersih.
  2. Setelah itu lakukan proses perendaman pisang tadi ke larutan natrium bisulfit (15 gram Natrium bisulfit dalam satuliter air).
  3. Tunggu selama 10 menit.
  4. Usahakan seluruh pisang terendam, setelah itu tiriskan
  5. Letakkan hasil tirisan di atas tampah lalu jemur di atas rak penjemuran yang beralaskan jerami selama 5-7 hari.
  6. Sambil dijemur sewaktu-waktu pisang dipipihkan (dipres) dengan kayu bundar atau bambu
  7. Proses selanjutnya anda tinggal membungkus sale pisang yang telah dijemur dengan daun pisang kering.
  8. Siapkan plastik bersih dan higenis kemudian asukkan sale pisang tadi dan tutup dengan rapat. Baca juga resep serba olahan pisang resep pisang epe

RESEP SALE PISANG GORENG KERING CRISPY


Foto Pisang Sale Crispy Goreng Tepung Renyah
Gambar Pisang Sale Crispy Goreng Tepung

BAHAN :
  • 2 sisir pisang tanduk/ambon, yang sudah matang
  • 500 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1000 ml minyak goreng (untuk menggoreng)
  • 400 ml air putih
CARA MEMBUAT SALE PISANG GORENG KERING CRISPY :
  1. Kupas pisang buang kulinya lalu iris tipis-tipis dan jemur sampai kering kecoklatan.
  2. Campur tepung terigu dengan gula pasir,vanili bubuk dan tuangi air sedkit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai rata dan adonan sedikit encer.
  3. Masukkan pisang yang sudah kering kedalam adonan lumuri sampai rata dan goreng dalam minyak panas dengan api besar sampai sale matang merata dan berwarna kecoklatan lalu angkat tiriskan diatas piring yang dilambari dengan kertas tisue supaya minyak terserap dan sale benar-benar kering. Baca juga resep pisang molen
  4. Simpan sale dalam toples atau plastik yang kedap udara untuk menjaga agar sale tetap renyah dan tahan lama untuk 5-6 orang.

CARA MEMBUAT PISANG SALE RENYAH CRISPY