CARA MEMBUAT HAND SANITIZER BPOM

Resep Hand Sanitizer BPOM Viral Kekinian Alternatif Pilihan Langkanya Hand Sanitizer. Virus Corona Covid-19 yang kini menjadi pandemi global membuat banyak orang melakukan tindakan preventif atau pencegahan. Salah satu cara mencegah penularan virus Corona adalah menjaga kebersihan seperti rajin mencuci tangan dengan air dan sabun cuci tangan. Selain itu penggunaan hand sanitizer juga disarankan saat tidak bisa menjangkau air dan sabun. Penggunaan hand sanitizer dinilai mampu menonaktifkan mikroorganisme yang menempel di tangan dan dinilai praktis untuk dibawa saat berpergian keluar rumah.

Foto Resep Hand Sanitizer BPOM Viral Kekinian Alternatif Pilihan Langkanya Hand Sanitizer. Virus Corona Covid-19
Gambar Hand Sanitizer BPOM Viral

Pandemi adalah suatu wabah penyakit global. Menurut World Health Organization (WHO), pandemi dinyatakan ketika penyakit baru menyebar di seluruh dunia melampaui batas.

Ada banyak contoh dalam sejarah, yang terbaru ada pandemi COVID-19. Pandemic global yang mirip flu ini dinyatakan oleh WHO pada 12 Maret 2020.

Hand sanitizer adalah cairan atau gel yang umumnya digunakan untuk mengurangi agen infeksi pada tangan. Formulasi jenis berbasis alkohol lebih disukai daripada mencuci tangan dengan sabun dan air di sebagian besar situasi di lingkungan perawatan kesehatan. Pada umumnya lebih efektif membunuh mikroorganisme dan ditoleransi lebih baik daripada sabun dan air. Cuci tangan masih harus dilakukan jika kontaminasi dapat terlihat atau mengikuti penggunaan toilet.Penggunaan umum versi non-alkohol tidak memiliki rekomendasi. Di luar pengaturan perawatan kesehatan, mencuci tangan umumnya disukai. Mereka juga kurang efektif untuk mikroorganisme norovirus, dan Clostridium difficile. Mereka tersedia dalam bentuk cairan, gel, dan busa.

Versi berbasis alkohol biasanya mengandung beberapa kombinasi isopropil alkohol, etanol (etil alkohol), atau n -propanol. Versi yang mengandung alkohol 60 hingga 95% paling efektif. Perawatan harus diambil karena mudah terbakar. Pembersih tangan berbasis alkohol bekerja melawan berbagai mikroorganisme tetapi tidak untuk spora. Beberapa versi mengandung senyawa seperti gliserol untuk mencegah pengeringan kulit. Versi non-alkohol dapat mengandung benzalkonium klorida atau triclosan.

Alkohol telah digunakan sebagai antiseptik setidaknya sejak 1363 dengan bukti untuk mendukung penggunaannya tersedia pada akhir 1800-an. Pembersih tangan berbasis alkohol telah umum digunakan di Eropa sejak tahun 1980-an. Versi berbasis alkohol ada dalam Daftar Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia, obat teraman dan paling efektif yang diperlukan dalam sistem kesehatan. Biaya grosir di negara berkembang adalah sekitar US $ 1,40–3,70 per botol.

Meningkatnya penggunaan hand sanitizer membuat stok kian sulit ditemukan walau adapun harganya mahal. Anda bahkan mungkin melihat hand sanitizer dijual dengan harga tinggi di toko online. Hingga belakangan ini viral panduan pembuatan Hand Sanitizer mengatasnamakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi hand sanitizer BPOM sesuai standar WHO yang lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk pakai sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis asal dilengkapi izin edar dari kementerian kesehatan. Karena sebagian besar bahan kimia maka Anda harus berhati-hati dalam meracik hand sanitizer sendiri sebaiknya ikuti teks prosedur dan aturan yang ada.

RESEP HAND SANITIZER BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN BPOM


BAHAN :
  • Etanol 96%
  • Gliserol 98%
  • Hidrogen peroksida 3%
  • Air steril atau Aquadest
PERALATAN :
  • Gelas ukur 1000 ml
  • Becker glass
  • Gelas ukur 50 ml
  • Gelas ukur 25 ml
  • Batang pengaduk
  • Botol kaca
CARA MEMBUAT HAND SANITIZER BPOM :
  1. Sejumlah 833 ml etanol 96% dimasukkan ke dalam gelas ukur 1000 ml.
  2. Tambahkan 41,7 ml hidrogen peroksida 3% ke dalam gelas ukur berisi etanol tersebut.
  3. Selanjutnya tambahkan 14,5 ml gliserol 98% menggunakan gelas ukur, dan pastikan sisa gliserol tidak tertinggal dengan cara membilasnya dengan air.
  4. Tambahkan air hingga 1000 ml, aduk hingga homogen.
  5. Pindahkan campuran ke dalam botol kaca bersih.
  6. Simpan selama 72 jam untuk memastikan tidak ada kontaminasi organisme dari wadah botol.
  7. Hand sanitizer siap digunakan.

CARA MEMBUAT HAND SANITIZER BPOM