CARA MEMBUAT ES PISANG IJO MAKASAR SPESIAL UNTUK JUALAN

Resep Es Pisang Ijo Khas Makasar Sederhana Spesial Asli Paling Enak Untuk Jualan. Pisang raja yang dikukus kemudian dibalut dadar gulung yang terbuat dari tepung beras akan mengahasilkan kulitnya, pada umumnya diberikan warna hijau dari campuran air suji dan pewarna makanan berwarna hijau jadilah pisang ijo yang wangi paling enak. Anda juga bisa membuat es pisang coklat sebagai variasi lain untuk keperluan menu takjil berbuka puasa pada bulan Ramadhan yang segar nikmat mantap poll.

Es pisang Ijo sering disebut dengan nama es pisang ijo dadar sederhana dalah minuman segar khas makasar asli yang terbuat dari pisang raja yang dibalut kulit dadar gulung, makanan sederhana yang telah populer di Indonesia karena rasanya yang enak dan menyegarkan, sehingga lebih cepat diterima oleh masyarakat Indonesia terbukti ada di Bandung, Surabaya, Denpasar, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Medan, Palembang, Bogor, menteng, madiun, malang, dsb. Membuatnya sendiri tidaklah sulit tapi tidak mudah butuh keterampilan membuat pisang ijonya dan menyajikannya menjadi hidangan yang istimewa nan unik.

Foto Es Pisang Ijo Makassar Spesial
Gambar Es Pisang Ijo Khas Makassar

Bahan es pisang ijo makassar dibagi 2 yang pertama adalah bahan adonan dasar membuat kulit pisang yang terbuat dari tepung beras atau tepung hunkwe pada versi resep lain yaitu dengan mencampur bahan tepung sehingga komposisinya terdiri dari tepung terigu + tepung beras + tepung sagu mirip membuat cendol atau dawet hasilnya kulit lebih lembut, empuk dan kenyal. Diantara resep es pisang ijo asli makassar yang paling enak katanya es pisang ijo pemuda kelapa gading, ncc, jtt, sajian sedap, justmine, aladin, mandala krida. es pisang coklat, es pisang warna-warni, dll, sedangkan aneka kreasi variasi jenis makanan atau minuman ini terus dikembangkan seperti es pisang ijo coklat meses, es pisang ijo keju, es pisang coklat, dll. Bagaimana Anda siap bikin sendiri di rumah? Siapa tahu bikinan atau buatan Anda akan terkenal. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais pisang hijau khas Makassar sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis dagang es ala Abang-abang keliling pakai gerobak dorong atau rombong mangkal pinggir jalan kaki lima atau keliling komplek perumahan atau kampung, warung es dan kedai es.

RESEP ES PISANG IJO


BAHAN :
  • 50 gram tepung beras
  • 85 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1/16 sdt garam
  • 12 ml air suji (dari 25 lembar daun suji)
  • 1/8 sdt air kapur sirih
  • 12 gram gula pasir
  • 1 1/2 tetes pewarna hijau tua
  • 3 buah pisang raja, kukus
  • Daun pisang untuk membungkus

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Es Palu Butung

BAHAN SAUS KUAH :
  • 125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 7 gram tepung beras
  • 25 gram gula pasir
  • 1/8 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
CARA MEMBUAT ES PISANG IJO SEDERHANA ENAK :
  1. Aduk rata tepung beras, santan, garam, air suji, air kapur sirih, gula pasir, dan pewarna hijau tua. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup.
  2. Ambil daun pisang. Beri adonan dasar. Letakkan pisang raja. Tutup adonan. Ratakan hingga membentuk pisang. Bungkus. Semat dengan lidi.
  3. Kukus 30 menit sampai matang.
  4. Saus, rebus bahan saus sambil diaduk sampai mendidih.
  5. Sajikan pisang hijau dengan saus, sirup merah dan es serut.
  6. Sajikan es pisang ijo harum wangi untuk 2-3 porsi hidangan mangkok bukan cup.

Tags :

CARA MEMBUAT ES PISANG IJO MAKASAR SPESIAL UNTUK JUALAN