CARA MEMBUAT SABUN CUCI TANGAN CAIR (HAND SOAP)


Resep Sabun Cuci Tangan Cair Kental (Hand Soap) Sederhana Spesial Asli Buatan Sendiri. Materi yang dibahas kali ini adalah cara buat sabun cuci tangan dalam bentuk cair seperti sabun cuci tangan dettol. Adapun cara membuatnya bisa dibuat dengan atau dari bahan alami diproses secara tradisional, seperti sabun cuci tangan dari lidah buaya, lemon, minyak zaitun, dll maupun dibuat dengan bahan kimia dari manufaktur yang diolah secara modern pakai mesin maupun tanpa mesin dengan peralatan dapur seadanya.

Foto Resep Sabun Cuci Tangan Cair Kental (Hand Soap) Sederhana Asli Buatan Sendiri
Gambar Ide Botol Sabun Cuci Tangan Cair (Hand Soap)

Begitu banyak merk dan jenis sabun yang beredar di pasaran, mulai dari sabun yang bersifat umum sampai sabun yang bersifat khusus. Sabun yang bersifat umum pengertiannya adalah sabun mandi padat yang sering di pakai masyarakat untuk membersihkan anggota badan secara keseluruhan. Untuk hand soap bentuknya cair, pengertiannya adalah jenis sabun yang bersifat khusus, artinya sabun yang dikhususkan untuk membersihkan tangan dari kotoran dan kuman. Jadi pada resep ini bukannya sabun cuci tangan dari sabun mandi biasa.

Baca Juga : Cara Membuat Hand Sanitizer

Sabun cuci tangan bahasa Inggrisnya adalah Hand soap atau hand wash, produk ini banyak di pakai atau disediakan di fasilitas toilet yang terdapat di perkantoran, restoran, rumah makan, hotel, mall, rumah sakit, rumah tangga khususnya kelas menengah ke atas dll. Diharapkan setelah menggunakan fasilitas toilet, mencuci tangan dengan hand soap merupakan cara yang efektif agar tetap sehat dan higienis. Bila di banding mencuci tangan dengan sabun padat ( batangan ), rasanya kurang praktis dan efektif saja.

Produk sabun cuci tangan ini dibuat, mengandung antiseptik berbeda dengan hand soap yang beredar dipasaran. Yang pasti hand soap cair atau sabun pencuci tangan ini mempunyai nilai jual lebih, bila dibandingkan hand soap yang ada di pasaran. Membuat produk sendiri lebih ekonomis bisa menghemat 60% – 70%, bahkan lebih. Jadi bisa menjual sabun cuci tangan dengan harga yang lebih murah meriah, sehingga dapat bersaing dengan harga sabun cuci tangan lain yang beredar di pasaran. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan tutorial resepi sabun cuci tangan cair (liquid hand soap) kental banyak busa bahan dan komposisi lengkap dengan langkah-langkah cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk pakai sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis pabrik sabun skala rumahan maupun industri dengan aroma buah yang harum dan wangi di tangan serta lembut di tangan yang tidak membuat efek kasar di kulit tangan dan bisa mengembangkan dengan formula terbaru.

RESEP SABUN CUCI TANGAN CAIR


BAHAN :
  • 100 gram Ultra SLES
  • Sodium Chloride
  • Foam Booster secukupnya
  • Asam karboksilat
  • 1,1 gram EDTA
  • Pewarna secukupnya
  • Parfum
  • Air
PERALATAN :
  • Wadah
  • Pengaduk
CARA MEMBUAT SABUN CUCI TANGAN CAIR :
  1. Sodium 25 gram + Ultra SLES aduk rata sampai kelihatan putih.
  2. (1) + Air ditambah sedikit demi sedikit aduk rata sampai larut.
  3. (2) + Foam booster aduk rata.
  4. (3) + EDTA aduk rata.
  5. Asam karboksilat + air 50 cc aduk rata.
  6. (4) + (5) aduk rata.
  7. Sodium sisa + Air sisa aduk rata.
  8. (6) + (7) aduk rata dan mengental.
  9. (8) + Pewarna secukupnya aduk rata.
  10. (9) + Parfum secukupnya aduk rata.
  11. Diamkan beberapa jam dan siap dikemas dalam kemasan plastik untuk refill, jerigen untuk isi ulang, atau botol pelastik biasa maupun botol dispenser desain unik dan menarik yang lebih praktis dan ekonomis, lalu siap dijual.


Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SABUN CUCI TANGAN CAIR (HAND SOAP)