CARA MEMBUAT HAND SANITIZER MENURUT WHO

Resep Hand Sanitizer Sesuai Formulasi WHO Ternyata Bisa Dibuat Sendiri Caranya Mudah dan Sederhana. Menurut berita yang diumumkan oleh Bapak Presiden Jokowi ada dua orang WNI yang positif terjangkit Covid-19 akibat dari virus corona yang kini masih dirawat di sebuah Rumah Sakit. Namun Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto meminta masyarakat untuk tidak panik, dengan tetap menjaga kesehatan tubuh, dan rutin mencuci tangan dengan sabun atau dengan cairan antiseptik cuci tangan.

Foto Resep Hand Sanitizer Sesuai Formulasi WHO Ternyata Bisa Dibuat Sendiri Caranya Mudah dan Sederhana
Gambar Contoh Hand Sanitizer

Menurut situs CNN, Mencuci tangan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan air mengalir dan juga sabun pencuci tangan. Hanya saja jika memang tak memungkinkan karena jauh dari toilet atau wastafel, hand sanitizer bisa jadi jalan keluar alternatif terbaik.

Menurut situs Poltekkesjogja, Pengertian Hand Sanitizer adalah pembersih tangan yang memiliki kemampuan antibakteri dalam menghambat hingga membunuh bakteri (Retnosari dan Isdiartuti, 2006). Menurut Diana (2012) terdapat dua hand sanitizer yaitu hand sanitizer gel dan hand sanitizer spray. Hand sanitizer gel merupakan pembersih tangan berbentuk gel yang berguna untuk membersihkan atau menghilangkan kuman pada tangan, mengandung bahan aktif alkohol 60%. Hand sanitizer spray merupakan pembersih tangan berbentuk spray atau semprot untuk membersihkan atau menghilangkan kuman pada tangan yang mengandung bahan aktif irgasan DP 300 : 0,1% dan alkohol 60%. Penelitian Diana (2012) menyatakan, hand sanitizer yang berbentuk cair atau spray lebih efektif dibandingkan hand sanitizer gel dalam menurunkan angka kuman pada tangan.

Banyak hand sanitizer yang berasal dari bahan alkohol atau etanol yang dicampurkan bersama dengan bahan pengental, misal karbomer, gliserin, dan menjadikannya serupa jelly, gel atau busa untuk mempermudah dalam penggunaannya. Gel ini mulai populer digunakan karena penggunaanya mudah dan praktis tanpa membutuhkan air dan sabun. Gel sanitasi ini menjadi alternatif yang nyaman bagi masyarakat. (Hapsari, 2015).

Seiring perkembangan zaman, dikembangkan juga pembersih tangan non alkohol, tetapi jika tangan dalam keadaan benar-benar kotor, baik oleh tanah, udara, darah, ataupun lainya, mencuci tangan dengan air dan sabun lebih disarankan karena gel hand sanitizer tidak dapat efektif membunuh kuman dan membersihkan material organik lainnya. Alkohol banyak digunakan sebagai antiseptik /desinfektan untuk desinfeksi permukaan kulit yang bersih, tetapi tidak untuk kulit yang luka (Hapsari, 2015). Selain itu alkohol juga mempunyai sifat iritasi pada kulit, mudah terbakar, dan juga meningkatkan infeksi virus pemicu radang saluran pencernaan, karena itu muncul ide untuk memanfaatkan bahan alami yang dapat mengurangi resiko munculnya penyakit gangguan pencernaan (Cahyani, 2014).

Jangan panik ketika hand sanitizer gel kental dan berbentuk cair spray sudah habis diborong orang panik. Anda bisa membuat cairan pencuci tangan ini sendiri. Ada banyak cara membuat hand sanitizer ini baik dengan bahan alami maupun kimia, diantaranya hand sanitizer dari jeruk nipis, dari pelepah pisang, dari daun sirih, tanpa alkohol atau non alkohol maupun pakai alkohol, dari daun kersen, dari lidah buaya, dsb.

Mengutip laman WHO, ada formulasi berbasis alkohol khusus yang bisa dipakai untuk mencuci tangan.

Saat ini, cairan pencuci tangan berbasis alkohol adalah satu-satunya cara yang dikenal cepat dan efektif untuk menonaktifkan beragam mikroorganisme yang berpotensi berbahaya di tangan.

Berikut rahasia formula cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah menurut anjuran WHO.

Formulasi 1 :
  • Formulasi ini digunakan untuk menghasilkan konsentrasi akhir etanol 80 persen, gliserol 1,45 persen, hidrogen peroksida (H2O2) 0,125 persen.
  • Tuangkan semuanya ke dalam labu ukur 1000 ml
  • Etanol 96 persen, 833,3 ml
  • H2O2 (Hidrogen Peroksida) 3 persen, 41,7 ml
  • Gliserol 98 persen, 14,5 ml
CARA MEMBUAT :
  1. Isi labu ukur dengan 1000 ml air suling atau air steril (yang sudah direbus dan didinginkan), aduk labu ukur dengan baik untuk mencampur semuanya.
  2. Siap digunakan.
Formulasi II :
  • Untuk menghasilkan konsentrasi akhir isopropil alkohol 75 persen, gliserol 1,45 persen, dan hidrogen peroksida 0,125 persen.
  • Tuang ke dalam labu ukur 1000 ml
  • Isopropyl alkohol (dengan kemurnian 99,8 persen), 751,5 ml
  • H2O2 (Hidrogen Peroksida) 3 persen, 41,7 ml
  • Gliserol 98 persen, 14,5 ml
CARA MEMBUAT :
  1. Isi labu hingga 1000 ml dengan air suling atau air yang telah direbus dan didinginkan; kocok labu ukur dengan lembut untuk mencampur konten.
  2. Siap digunakan.
Demikianlah kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi hand sanitizer WHO lengkap dengan cara membuat hand sanitizer menurut sesuai WHO dan Anda bisa bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk pakai sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis hand sanitizer online.

TIPS & TRICKS :
  • Catatan Penting : Berhati-hatilah ketika mencampurkan semua bahannya, jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Semua bahan-bahan ini bisa didapatkan di toko bahan kimia.

CARA MEMBUAT HAND SANITIZER MENURUT WHO