CARA MEMBUAT KERUPUK BANJUR CEOS KHAS BANDUNG

Resep Kerupuk Banjur Ceos Siram Bumbu Kuah Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Bahasa Sundanya kurupuk banjour atau kurupuk ceos dan bahasa Indonesianya kerupuk siram yang disiram dengan bumbu banjour sambal pedas atau pakai bumbu oncom dengan sambal oncom pedas dan selalu khas sambal Bandung yaitu diberi kencur, memang makanan khas takjil ramadhan di kota Bandung kalau diperhatikan bak jamur di musim hujan hampir di setiap pinggir jalan mudah ditemukan dibanding pada bulan biasa agak sulit menemukan jajanan atau camilan ini hingga berenang alias kerupuk ojay.

Menurut sumber infobdg situs informasi wisata kuliner Bandung. Ragam kuliner di kota Bandung memang tidak akan pernah ada habisnya, banyak sekali resto-resto dan cafe-cafe yang menawarkan beribu jenis makanan khas Indonesia maupun makan dari luar negeri. Apalagi di bulan Ramadhan, banyak jenis makanan yang hanya muncul di saat bulan Ramadhan saja. ada sebuah kuliner tradisional yaitu kurupuk khas yang hanya keluar saat bulan Ramadhan. Nama kurupuk itu adalah Kurupuk Banjur atau kurupuk ceos yang dalam bahasa Indonesia disebut kerupuk siram atau kerupuk mie siram ada juga yang menyebutnya kerupuk aci siram, kurupuk banjur ini memang termasuk kuliner klasik karena itu tidak mengherankan jika namanya tergolong asing di telinga anak muda jaman sekarang.

Foto Resep Kerupuk Banjur Ceos Siram Bumbu Kuah Pedas Sambel Oncom Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kerupuk Kuning Banjur Sambel Oncom Pedas

Kurupuk banjur pada dasarnya merupakan cemilan atau jajanan yang terdiri dari kerupuk aci atau kerupuk mie kuning, kerupuknya sendiri ada dua jenis yaitu kerupuk yang berwarna merah ukurannya cukup besar, dan satu lagi warna kuning, ukurannya sama namun kerupuk yang warna kuning tersebut bentuknya seperti mie. Kerupuk tersebut terbuat dari aci yang dicampur bumbu agar rasanya gurih. Cara memasak kerupuk ini tidak digoreng dengan melainkan disangrai, alhasil aroma kerupuk pun menjadi khas. Pada perkembangannya kini sama halnya dengan makanan seblak selalu dikembangkan tidak hanya aneka kerupuk yang disiram atau diceos cirengpun ada cireng ceos atau cireng banjur atau dalam bahasa Indonesia dengan nama cireng siram, bahkan ada gurilem banjur atau gurilem siram Cililin yang menggunakan gurilem Cililin super pedas hot. Bisa juga pakai kerupuk jenis lain, misalnya kerupuk keriting atau kerupuk putih atau kerupuk uyel.

Yang membuat khas dari kurupuk banjur ini adalah bumbunya. Kurupuk banjur ini disiram oleh kuah oncom yang rasanya gurih dan pedas. Saat bulan Ramadhan ini cukup banyak penjual kurupuk banjur ini, kurupuk ini mudah di temukan di pasar kaget yang menyediakan hidangan takjil. Meskipun rasanya sudah lembek karena disiram oleh air kuah oncom, namun kerupuk banjur tersebut masih banyak diminati oleh para pemburu takjil.

Beberapa resto di Bandung pun sudah memasukan kurupuk banjur kedalam menu mereka. namun kurupuk banjur ini sudah dimodifikasi bumbunya menggunakan bumbu kacang dan bumbu pecel. Jika anda kebetulan di Bandung dan ingin mencicipi kurupuk banjur ini tapi saat tidak bulan Ramadhan, anda bisa mencoba menu kurupuk banjur yang ada di Warung Talaga, De Tuik cafe, dan Rumah Mode. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi kurupuk banjur khas Bandung Sunda sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan parktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka kerupuk banjur tradisional atau kerupuk ceos aneka bumbu pedas pada bulan Ramadhan pasti laris manis dan paling laku keras dengan harga ekonomis murah meriah sebagai takjil buka puasa yang unik.

RESEP KURUPUK BANJUR BUMBU ONCOM


Resep By : Infobdg.com

BAHAN :
  • Kerupuk mie atau merah yang sudah matang secukupnya
  • 100 gram oncom
  • 3 buah cabe merah
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu ayam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 500 ml air matang
CARA MEMBUAT KURUPUK BANJUR :
  1. Bakar oncom, hingga harum.
  2. Ulek cabe merah, cabe rawit, bawang, hingga halus.
  3. Campurkan oncom bakar, tumbuk kasar dengan bumbu yang sudah dihaluskan.
  4. Tumis oncom dan bumbu hingga wangi, masukan air.
  5. Tambahkan garam, kaldu ayam, gula pasir.
  6. Biarkan hingga mendidih, matikan api.
  7. Tunggu hingga kuah dingin.
  8. Lalu kuah bisa di tuangkan di atas kerupuk
  9. Sajikan.

CARA MEMBUAT KERUPUK BANJUR CEOS KHAS BANDUNG