CARA MEMBUAT TONGCAI KERING ASINAN SAWI PUTIH SENDIRI

Resep TongCai Sawi Putih Kering Asin Buatan sendiri Spesial Asli Enak dan Halal. Sayur asinan kering gurih ini terbuat dari bahan mentah sayur sawi putih kalau untuk dijual ambil putihnya saja atau batang sayurnya aja kalau untuk pakai sendiri boleh dimasukkan semua sama daun ijo/hijaunya. Nah, ini baru yang disebut original tong chai yang biasa dijual di toko Cina kalau tongcai wortel disebut, sedangkan tongcai lobak asin atau acar lobak disebut Chai Po atau caipo lobak. Sebenarnya tongcai ada 2 rasa manis dan asin tinggal tergantung selera mau bikin tongcai manis (manisan) kering atau asin (asinan) kering. Harga tongcai murah meriah, dapat beli dimana? biasanya dijual di pasar tradisional dan Tongcai juga dijual di beberapa supermarket besar, minimarket Indomaret, dll.

Foto Resep TongCai Sawi Putih Kering Asin Buatan sendiri Spesial Asli Enak dan Halal
Gambar TongCai Sawi Putih Kering Asin Halal

Mungkin di antara Anda ada yang belum tahu apa itu Tongcai?. Mungkin juga Anda baru pernah mendengar istilah nama Tongcai, itu seperti apa?. Sebenarnya Tongcai sudah ada di dunia sejak lama loh, asalnya dari negeri China tirai bambu atau negeri Panda. Tongcai merupakan sayuran yang diawetkan (Preserved Vegetable) dengan cara diasinkan. Biasanya Tongcai dibuat dari sayur lobak yang diiris tipis-tipis. Selain terbuat dari lobak, Tongcai juga bisa dibuat dari sayur sawi putih dan wortel bahkan sawi hijau (caisim). Tongcai memiliki rasa asin yang gurih, ini karena dalam proses pembuatannya memang menggunakan garam dan penyedap rasa. Jadi kalau ada yang nanya tongcai halal atau haram ya jelas halal karena hanya itu bahan-bahannya.

Tong Cai adalah asinan sawi putih atau kol atau sawi putih asin kering berwarna coklat. Tong cai sering digunakan sebagai bumbu masakan Cina, seperti nasi ayam hainan, taburan bubur ayam Cina, campuran sup/sop atau sayur tumisan dan enak juga dimakan langsung bersama nasi putih kalau lagi tidak ada lauk juga lezat. Ada banyak merk tongcai yang beredar di Indonesia, misalnya ada Tung Cay Cap Dua Lobak, Tong Cai Tian Jin 250 gr, Tongcai Sawi Asin TTS, SU Brand Preserved Vegetable - Sayur Asin (Tongcai), dll.

Menurut situs Wikipedia. Tongcai (冬菜, dongcài), Tung Cay, Tong Chai adalah sayuran kring khususnya terbuat dari sawi putih atau sayur kol/kubis yang diasinkan. Tongcai biasanya dijadikan sebagai pelengkap yang ditaburkan di atas bakmi/mi, tongcai untuk mie ayam, sup/sop, bakmoy tongcai, tumis buncis tongcai, bakso tongcai, babi tim tongcai haram, campuran kuah cuko pempek atau bubur ayam, berbentuk potongan kecil-kecil berwarna coklat. Sawi Putih/sayur kol diiris tipis, diberi Bawang Putih dan garam, dan disimpan beberapa lama. Kalau Chai Po atau lobak asin terbuat dari lobak. Tongcai lobak adalah bumbu yang terbuat dari lobak yang diasinkan. Warnanya cokelat muda dan rasanya gurih asin. Bisa dibeli di penjual bumbu keringan.

Pada saat ini beberapa pembuat pempek makanan khas tradisional Palembang menggunakan tongcai untuk memperkuat rasa kuah/cuko pempek. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi tongcai sawi putih manis asin gurih kering sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis ekonomis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis makanan China terutama asinan dan manisan sayur-sayuran kering yang awet dan tahan lama untuk disimpan.

RESEP TONGCAI SAWI PUTIH


BAHAN :
  • 1600 gram sawi putih dijemur 2 hari sampai layu
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 5 sdm garam
  • 6 siung bawang putih dijemur juga sampai layu
  • 50 gram gula merah
CARA MEMBUAT TONGCAI ASINAN SAWI PUTIH KERING :
  1. Sayur sawi putih pisahkan helai demi helai, lalu Sayur sawi putih dipotong-potong kecil-kecil dimasukkan ke dalam baskom, didiperas airnya agar kering.
  2. Beri bumbu bawang putih, penyedap rasa, dan garam.
  3. Masukkan ke dalam kemasan plastik siap dipakai sendiri atau siap dijual.
Tongcai ini digunakan untuk taburan pada bubur ayam atau hidangan mie maupun menjadi penyedap kuah pempek cuko pempek Palembang. Membuat makanan menjadi sedap dan tambah lezat, nikmat sekali makannya akan bertambah lahap. Saya malah pernah makan nasi putih lauknya cuma tongcai enak sekali lo. Anggap aja abon. Nanti kita eksplore resep olahan tongcai ini ya, misalnya bisa memasak telur kuah tongcai, sup bakso tongcai, tofu tongcai soup, bagaimana cara memasak tongcai? ikuti terus IG @carabuatresep.

CARA MEMBUAT TONGCAI KERING ASINAN SAWI PUTIH SENDIRI