CARA MEMBUAT KERIPIK KACA MENTAH

Resep Keripik Kaca Mentah Beling dari Tepung Tapioka atau Aci Sederhana Spesial Asli Enak. keripik kaca atau beling disingkat pikca ada juga yang menyebutnya keripik beling dari bahan dasar singkong siap di olah menjadi keripik kaca, barang tipis dan enak serta kriuk. Keripik kaca mentah dapat diolah dengan digoreng saja atau diberi bumbu aneka rasa dari rasa pedas sampai manis pedas, cabe ijo, dan rasa-rasa lainnya sangat cocok untuk cemilan kekinian yang sedang viral di media sosial saat ini.

Foto Resep Keripik Kaca Mentah Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Keripik Kaca Mentah Belum diolah

Desa Awiluar Kabupaten Ciamis merupakan desa yang kaya akan produk pangan yang bermacam-macam. Masyarakat yang membuat beledag singkong mengolah dan mengemas produk pangan ini dengan cara tradisional sehingga berbeda dengan pengelola produk pangan di perkotaan. Hal itulah yang membuat banyak produk pangan di desa Awiluar menjadi bahan percobaan peruntungan dalam segi bisnis ekonomi pangan.

“Beledag Singkong”, itulah sebutan untuk makanan khas yang terbat dari singkong ini. Ketika di distribusikan ke luar kota, nama makanan ini berganti menjadi keripik kaca (pikca). Beledag Singkong menjadi makanan cemilan favorit di desa ini. Begitu menarik perhatian dengan bentuknya yang sangat tipis. Ibarat sebuah beling tipis, begitulah secara kasat mata beledag ini terlihat.

Dengan dua rasa yang cukup pasaran pada umumnya yaitu rasa pedas dan original, tidak sedikitpun mengubah keinginan masyarakat untuk membelinya. Daya tarik beledag ini juga cukup tinggi, bila ada orang baru yang sengaja datang ke daerah ini dan kemudian disuguhi makanan ini oleh warga lokal, maka selanjutnya orang tersebut akan segera mencari dimana penjual beledag singkong yang terdekat.

Cara pembuatan keripik kaca sebenarnya sangat gampang. Prosesnya pun hanya membutuhkan sinar matahari langsung. Keripik kaca atau keripik beling, atau keripik belings juga ini terbuat dari 90% singkong dan 10% air putih. Sehingga dalam pembuatannya murni singkong. Namun ada juga yang membuatnya dari tepung sagu bahkan dari kulit lumpia.

Nah, untuk membuat keripik singkong atau keripik kaca, atau keripik beling, sangat mudah. Hanya prosesnya butuh terik sinar matahari langsung. Mula-mula kita siapkan singkongnya terlebih dahulu. Singkong 5 kg ini akan menjadi keripik kaca sebanyak 1 kg. Kenapa bisa menyusut? Karena proses pembersihan turun menjadi 90%, proses pencucian dan pemerasan menjadi 80%, proses pencetakan menjadi 70% dan proses penjemuran atau pengeringan menjadi 50% itulah mengapa keripik kaca saat sudah siap konsumsi menjadi lebih mahal dari singkong. Kemudian keripik kaca yang sudah jadi dan mengering dilakukan pemotongan dengan gunting. Setelah digunting dalam bentuk persegi, atau segitiga. Keripik kaca dijemur ulang hingga benar-benar kering seperti kerupuk. Agar dalam proses pemasakan akan menjadi lebih kriuk ini menjadikan komposisi yang awalnya 50% menjadi 45% karena kadar air menguap. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi keripik kaca belings mentah tanpa singkong tanpa dijemur sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis keripik kaca beling mentah tipis dengan membuka grosir makanan ringan (snack) atau pusat jajanan keripik/kerupuk.

RESEP KERIPIK KACA


BAHAN :
  • 4 sdm tepung tapioka/tepung singkong bukan dari singkong kalau dari singkong nanti jadi kecimpring bahkan ada juga menyebutnya opak singkong
  • 300 ml air masak
  • Garam sejumput
CARA MEMBUAT KERIPIK KACA :
  1. Masukkan tepung tapioka dalam wajan/panci, lalu masukkan air, diaduk sampai rata.
  2. Gilas adonan keripik dengan dialasi plastik. (bisa digilas pakai botol kaca biar hasilnya tipis dan sebening kristal).
  3. Siap diolah menjadi cemilan makanan ringan (snack) aneka kerupuk dengan varian rasa.

CARA MEMBUAT KERIPIK KACA MENTAH