CARA MEMBUAT KUPAT TAHU BANDUNG

Resep Kupat Tahu Bandung Sederhana Spesial Sunda Asli Enak. Tidak lengkap jika ke Bandung tidak mencoba kuliner kupat tahu atau tahu kupat ini, kalau di bali masakan atau makanan ini namanya resep tipat cantok, di Jakarta namanya resep gado gado betawi, sedangkan di Jawa disebut dengan resep gado gado jawa dan masing-masing daerah mungkin punya tapi dengan bumbu dan pelengkap yang berbeda, serta dengan nama yang berbeda pula.

Foto Resep Kupat Tahu Bandung Sederhana Spesial Sunda Asli Enak
Gambar Kupat Tahu Bandung Sunda

Menurut situs Wikipedia Kupat tahu adalah makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar ketupat, tahu yang telah digoreng, dan juga saus bumbu kacang siram. Lontong dapat juga digunakan sebagai pengganti ketupat. Ada banyak jenis kupat tahu, namun yang terkenal yaitu yang berasal dari Singaparna, Surakarta dan Magelang, perbedaannya terletak pada bumbu dan pelengkap, jika pada versi Magelang dan Solo terdapat irisan kol dan bakwan dan mi dan tahu putih seperti versi Magelang pada kupat tahu versi Solo, tetapi pada kupat tahu versi Singaparna, Tasikmalaya terdapat tauge atau sayur toge yang telah direbus atau disiram air panas. Jadi di Bandung ada 2 pedagang kupat tahu, kupat tahu Bandung dan Kupat tahu Singaparna.

Selain kedua variasi tadi, ada pula kupat tahu petis, perbedaannya terdapat pada bumbunya yang menggunakan Petis dan ditambah irisan timun segar. Kupat tahu dapat pula ditambah dengan kerupuk dan sambal pedas sebagai penambah selera makan. Salah satu kupat tahu yang terkenal ialah kupat tahu Gempol yang berada di kawasan Pasar Gempol, Bandung, ada juga kupat tahu Padalarang terkenal, kupat tahu Kuningan, Kupat tahu Sumedang, Kupat tahu Cilacap, Kupat tahu Purworejo, Kupat tahu Solo, Kupat tahu Magelang, Kupa tahu Pacitan Jawa Tengah, Kupat tahu Banyumas, dll

Petis adalah masakan Indonesia yang dibuat dari produk sampingan pengolahan makanan berkuah (biasanya dari pindang, kupang, atau udang) yang dipanasi hingga cairan kuah menjadi kental seperti saus yang lebih padat. Dalam pengolahan selanjutnya, petis ditambah gula batok. Ini menyebabkan warnanya menjadi cokelat pekat cenderung hitam dan rasanya manis. Petis udang dikenal sebagi masakan khas Sidoarjo. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kupat tahu Bandung sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kupat tahu ala Abang-abang pakai gerobak rombong dipinggiran jalan mencari rejeki halal, buat warung makan, rumah makan, bahkan restoran ala cafe resto dengan menu andalan tahu kupat.

RESEP KUPAT TAHU BANDUNG


BAHAN :
  • 2 buah tahu putih bandung, goreng sebentar, potong-potong kecil
  • 100 gram sayur toge/taoge, siram air panas
  • 4 buah ketupat, potong-potong
  • 150 gram kacang tanah, goreng, haluskan
  • 350 ml air
  • 5 sdt air asam, (dari 2 sendok teh asam+5 sendok teh air)
BUMBU HALUS :
  • 4 buah cabai merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi
  • 4 1/2 sdt gula merah
  • 1 1/2 sdt garam
BAHAN PELENGKAP :
  • Bawang goreng untuk taburan
  • Kecap manis secukupnya
  • Kerupuk merah/kuning secukupnya
CARA MEMASAK KUPAT TAHU BANDUNG :
  1. Cara Membuat Saus Kacang, aduk rata bumbu halus, kacang tanah, air, dan air asam jawa.
  2. Masak sampai mendidih dan berminyak. Angkat.
  3. CARA PENYAJIAN KUPAT TAHU : Tata potongan ketupat, potongan tahu, dan toge/taoge. Siram atasnya dengan saus kacang dan kecap manis. Taburi bawang goreng dan sajikan dengan kerupuk.
  4. Sajikan untuk 4 porsi.

CARA MEMBUAT KUPAT TAHU BANDUNG