CARA MEMBUAT KUE CIMPLO KHAS INDRAMAYU

Resep Kue Cimplo Khas Indramayu Sederhana Spesial Asli Enak yang Lembut dan Empuk Sekali. Kue yang mirip kue apem atau apam ini menjadi khas kuliner Indramayu dan kue khas Cirebon. Kue Tolak Bala khas Indramayu yang hanya ada setahun sekali. Konon, keberadaan tradisi membuat kue Cimplo itu sebagai implementasi untuk tolak bala (mengusir sial/apes) bagi warganya. Bulan Safar atau Bala juga bertepatan dengan musim tanam padi oleh mayoritas penduduk Indramayu, sehingga dengan syukuran semacam itu semoga masyarakat Indramayu subur dan makmur atas Ridho Allah SWT.

Foto Resep Kue Cimplo Khas Indramayu Sederhana Spesial Asli Enak yang Lembut dan Empuk Sekali
Gambar Kue Cimplo Indramayu

Selama ini kita mengenal kue apem sebagai kudapan yang popular di beberapa daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun ternyata di Kabupaten Indramayu,, Cirebon, Subang, Jawa Barat kita bisa juga menemui kue serupa bernama Cimplo pakai tape/tapai bisa juga dibuat cimplo tanpa tape full terigu tapi kurang enak rasanya.

Baca Juga : Resep Apem Selong

Cimplo adalah Kue yang berbentuk bundar dan berwarna putih ini terkenal sebagai kue yang unik dan khas karena hanya dihidangkan setahun/satu tahun sekali oleh masyarakat kota mangga tersebut. Masyarakat Cilamaya, meyakini bahwa kue Cimplo adalah makanan untuk menolak bala atau bencana. Makanan cimplo terbuat dari tepung beras ketan, tapai/tape singkong atau tanpa tape, gula putih dan ragi kemudian dicetak hingga berbentuk bulat lalu campur dengan gula merah yang dicairkan, parutan kelapa dan santan kelapa. Cara makan kue cimplo ini dicocol dengan saus gula merah. Kue cimplo ada dua varian kue cimplo kukus dan kue cimplo panggang/bakar pakai cetakan bulat.

Karena sifatnya yang terhitung langka dan hanya bisa ditemui saat setahun sekali dalam bulan Saffar atau Oktober, akan tetapi jangan khawatir kue tersebut bisa kita buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih cimplo alias kuih apam takaran sendok dan gram yang super lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue.

RESEP KUE CIMPLO

BAHAN :

  • 1 kg tepung beras
  • 1/4 kg tape singkong
  • 1/4 sdt bibit roti atau ragi instan
  • 1 buah air kelapa setengah tua

CARA MEMBUAT KUE CIMPLO :

  1. Masukkan satu persatu bahan dalam wadah dan tambahkan air secukupnya, aduk hingga rata. Aduk-aduk terus sampai terlihat encer lalu diamkan, kurang lebih 5 sampai 6 jam sampai mengembang.
  2. Siapkan api sedang untuk memasak cimplo.
  3. Oles cetakan dengan minyak biar tidak menempel, kemudian masukan adonan tadi yang sudah mengembang dan jangan lupa setelah mengembang di aduk dahulu.
  4. Tuangkan adonan cimplo dalam cetakan. Jangan lupa balikan apem cimplo tersebut agar bagian atasnya matang.

CARA MEMBUAT SAUS GULA MERAH :

  1. Siapkan parutan kelapa.
  2. Masukkan gula dan biarkan hingga mencair.
  3. Campurkan gula merah.
  4. Tambahkan juga dengan daun pandan.
  5. Masak hingga mencair.
  6. Sajikan bersama cimplonya.

CARA MEMBUAT KUE CIMPLO KHAS INDRAMAYU