CARA MEMBUAT WAJIK KETAN GULA MERAH MANIS LEGIT

Resep Wajik Ketan Gula Merah Manis Legit Sederhana Spesial Asli Enak. Kue wajik coklat karamel rasanya manis lezat banyak digunakan sebagai hidangan untuk tamu, kalau di Palembang, sumatera selatan khususnya dusun Babatan lintang empat lawang (L4L) kue wajik ini sering disuguhkan pada hari lebaran hari raya idul fitri. Kue ketan manis ini lembut dan empuk pada saat digigit dan rasanya manis gula merah atau gula aren yang disaring. Anda bisa membuat varian wajik lainnya, seperti wajik ketan pandan, wajik Bandung, wajik kletik, wajik ketan pandan hijau warna ijo, wajik ketan hitam, wajik ketan putih, dan wajit lainnya.

Foto Wajik Ketan Buatan Sendiri
Gambar Kue Wajik Ketan Gula Merah Manis

Menurut situs wikipedia sendiri Wajik adalah salah satu ragam kekayaan kuliner di Indonesia. Kue wajik memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap tempat. Nama wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah. Kue wajik di Sumatera disebut pulut manis. Wajik yang berasal dari ketan juga disebut dengan istilah ketan wajik. Selain memiliki sebutan yang berbeda-beda, Indonesia juga memiliki bermaca-macam jenis wajik. Wajik yang paling dikenal adalah wajik ketan yaitu wajik yang berasal dari beras ketan. Meskipun Kue ini dikenal luas di Indonesia, kue ini juga terkenal di negara tetangga, sehingga kue ini kadang juga diakui sebagai kue khas negara tetangga Indonesia.

Kue Wajik yang biasa di kenal masyarakat luas adalah wajik yang berasal dari ketan atau wajik ketan. Wajik ketan terbuat dari beras ketan putih atau beras ketan hitam yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula merah atau gula Jawa dan bisa juga dengan gula pasir hingga berminyak dan terasa lembut dan empuk. Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah walaupun ada juga yang membuatnya dengan gula Jawa atau gula pasir. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua karamel. Setelah wajik diangkat dari tempat pengolahan, wajik kemudian akan dibentuk atau diiris sesuai dengan keinginan pembuat. Bentuk yang biasa dibuat adalah bentuk belah ketupat atau jajar genjang. Bentuk belah ketupat atau jajar genjang oleh orang Jawa biasa disebut bentuk wajik, oleh karena itu kue ini bernama wajik. Kue wajik biasanya juga berbau harum karena dalam pengolahannya menggunakan daun pandan hijau wangi.

Jenis - jenis wajik ketan selain berwarna coklat dan hitam ada pula yang memiliki warna lain seperti warna hijau dan warna merah muda. Warna hijau pada kue wajik ketan hijau/ijo berasal dari pewarna alami yaitu dari sari daun suji, sedangkan warna merah muda bisa didapat dari pewarna makanan alami. Wajik yang berwarna hijau dan merah muda tidak menggunakan gula merah melainkan menggunakan gula pasir atau gula putih.

Cita rasa Kue wajik memiliki cita rasa manis dan legit. Rasa manis tersebut sering pula di tambahkan dengan aroma lain seperti rasa pandan dan panili sedangkan rasa makanan ini ada yang memiliki rasa asli yaitu rasa gula merah dan rasa durian. Kue wajik memiliki tekstur seperti beras yang belum matang tetapi apabila dimakan akan terasa lembut dan mudah digigit.

MACAM-MACAM WAJIK DI INDONESIA

  1. Wajik ketan. Wajik yang biasa di kenal masyarakat luas adalah wajik yang berasal dari ketan atau wajik ketan. Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua. Setelah wajik diangkat dari tempat pengolahan, wajik kemudian akan dibentuk atau diiris sesuai dengan keinginan pembuat. Bentuk yang biasa dibuat adalah bentuk belah ketupat atau jajar genjang. Bentuk belah ketupat atau jajar genjang oleh orang Jawa biasa disebut bentuk wajik, oleh karena itu kue ini bernama wajik. Kue wajik biasanya juga berbau harum karena dalam pengolahannya menggunakan daun pandan.

    Jenis wajik ketan selain berwarna coklat ada pula yang memiliki warna lain seperti warna hijau dan warna merah muda. Warna hijau pada kue wajik berasal dari pewarna alami yaitu dari sari daun suji, sedangkan warna merah muda bisa didapat dari pewarna makanan. Wajik yang berwarna hijau dan merah muda tidak menggunakan gula merah melainkan menggunakan gula pasir.
  2. Wajik kletik adalah kue yang diakui khas dari Blitar. Wajik kletik juga memiliki bahan utama yang sama dengan wajik ketan yaitu beras ketan. Bedanya wajik kletik dengan wajik ketan adalah, wajik kletik dibungkus kecil-kecil menggunakan kulit jagung atau klobot. Kulit jagung akan disetrika supaya terbebas dari bakteri sehingga wajik menjadi lebih tahan lama alias awet.
  3. Wajik Bandung, nama wajik bandung diambil dari asal daerahnya yaitu Bandung. Wajik bandung juga terbuat dari beras ketan, tetapi dicampur dengan kelapa parut dan gula. Wajik bandung dibungkus kecil-kecil menggunakan kertas minyak yang berwarna-warni. Kertas tersebut yang membuat penampilan wajik bandung menjadi lebih meriah. Perbedaan wajik ketan dan wajik bandung adalah pada teksturnya, pada wajik ketan teksturnya terlihat dominan beras tetapi pada wajik bandung dominan parutan kelapa disebut wajik ketan kelapa. Di Bandung wajik sering disebut wajit yang terkenal adalah wajit Cililin.
Kegunaan kue wajik. Kue wajik banyak digunakan sebagai hidangan untuk tamu. Beberapa daerah juga menggunakan wajik sebagai kue oleh-oleh seperti di daerah Magelang dan Blitar. Daerah Magelang mengenalkan wajik ketan berwarna coklat gula merah sebagai oleh-oleh khas Magelang, sedangkan Blitar mengenalkan wajik kletik sebagai oleh-oleh khas dari Blitar.

Kue wajik juga digunakan dalam hajatan. Kue ini harus ada pada suatu hidangan hajatan terutama di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kue wajik ketan juga digunakan sebagai hantaran pada suatu upacara pernikahan. Wajik ketan yang diberikan sebagai hantaran dari mempelai lelaki kepada mempelai perempuan melambangkan dan sebagai harapan hubungan pernikahan keduanya akan terus lengket dan langgeng. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi wajik ketan gula merah manis lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis lapak jual kue basah dan cemilan.

RESEP KUE WAJIK KETAN


BAHAN :
  • 500 gram beras ketan, rendam selama 2 jam
  • 350 gram gula merah, sisir halus
  • 500 ml santan kelapa, dari 1 butir kelapa
  • 200 ml air, mendidih
  • 3/4 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
CARA MEMBUAT WAJIK KETAN GULA MERAH PANDAN :
  1. Kukuslah beras ketan dalam waktu 1/4 jam, angkat, siram dengan air mendidih, tunggu sampai terserap. Kukus ketan dalam waktu 1/2 jam.
  2. Masaklah gula merah, santan, garam, dan daun pandan sembari diaduk sampai berminyak.
  3. Masukkan 3/4 bagian ketannya, kemudian aduk sampai terserap dan menjadi berminyak. Kerjakanlah hal yang sama kepada sisa ketan namun tanpa dengan gula merah.
  4. Sediakan loyang persegi 22 sentimeter, olesilah menggunakan minyak kemudian dialasi daun pisang.
  5. Tuang kemudian ratakan wajik putih ke dalam loyang. Masukkanlah wajik gula merah pada atasnya.
  6. Berikutnya, potong sesudah dingin.
  7. Sajikan.

CARA MEMBUAT WAJIK KETAN GULA MERAH MANIS LEGIT