CARA MEMBUAT KUE CUCUR BERSERAT PANDAN WANGI

Resep Kue Cucur Berserat Pandan Wangi Sederhana Spesial Asli Enak. Kue cucur diklaim berasal dari daerah betawi, manado dan jawa timur, biasanya kue ini menggunakan bahan gula merah. Tidak heran ada kue cucur manado, kue cucur betawi dan kue cucur jawa dan madura. Kue ini termasuk jenis kategori kue basah tradisional jajanan pasar terbuat dari tepung beras lembut dan empuk walau cara masaknya digoreng. Terlepas asal-usul kue ini dari daerah mana yang penting kue ini khas Indonesia dengan cara masaknya menggunakan cetakan atau loyang untuk membuatnya ataupun bisa tanpa cetakan yaitu langsung menggunakan wajan penggorengan atau teflon jadilah kue cucur goreng buatan kreasi sendiri.

Rasa kue cucur hijau pandan ijo ini manis dan legit dan tekstur kue ini bersarang, berserat lembut dan empuk. Cara membuat kue cucur memang agak sedikit rumit, namun sangat menantang bagi Anda yang hobi memasak. Bagi yang sudah terbiasa bikin kue ini pasti bilangnya mudah dan sederhana karena telah terbiasa membuatnya, apalagi Abang-abang penjual kue cucur hampir setiap hari membuatnya untuk berjualan di pasar dengan gerobak.

Foto Kue Cucur Hijau Pandan
Gambar Kue Cucur Hijau Pandan

Resep kue cucur ini bisa diangkat sebenarnya seperti mengikuti jejak teman-temannya kue yang menggunakan cetakan yang telah terkenal, walaupun ada kue yang tanpa cetakan, seperti resep kue cubit, resep kue balok, resep kue pukis, resep kue bandros, resep kue pancong, resep kue ape, resep kue gunjing, resep kue lumpur, dll. Kenapa tidak Anda buat aneka kreasi dari kue ini dengan paduan bahan green tea misalnya ataupun dengan aneka topping yang modern, misal dengan coklat meises, keju, kismis, oreo, kitkat, dll. Semoga terinspirasi. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih cucur hijau lembut dan empuk mekar mengembang serta bersarang pakai mixer atau tanpa mixer sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue tradisional dengan membuka lapak jajanan dan kue basah pinggir jalan kaki lima atau pakai gerobak.

RESEP KUE CUCUR


BAHAN :
  • 250 gram tepung beras
  • 125 gram gula pasir
  • 300 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 2 lembar daun pandan wangi
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh pasta pandan
CARA MEMBUAT KUE CUCUR BERSERAT PANDAN WANGI :
  1. Campur santan, gula pasir dan daun pandan wangi, rebus hingga mendidih. Angkat, saring dan sisihkan.
  2. Campur tepung beras dan garam. Aduk rata.
  3. Tuang larutan gula pasir ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan larutan gula habis selama kurang lebih 15 menit.
  4. Tambahkan pasta pandan, aduk adonan hingga rata dan terasa ringan. Diamkan selama 1 jam.
  5. Panaskan 5 sdm minyak dalam wajan cekung di atas api sedang. Tuang 1 sendok sayur adonan. Siram-siramkan minyak pada adonan.
  6. Goreng cucur hingga matang (tusuk bagian tengah adonan dengan tusuk sate untuk memudahkan menggoyang adonan dasar dan agar matangnya merata). Angkat, tiriskan.
  7. Sajikan untuk 20 buah.

CARA MEMBUAT KUE CUCUR BERSERAT PANDAN WANGI