CARA MEMBUAT RENDANG PADANG HITAM ASLI ENAK


Resep Rendang Padang Hitam Kering Sederhana Spesial Khas Minang Asli Enak. Rendang daging sapi adalah makanan terkenal dan primadona bagi setiap restoran dan rumah makan bahkan terkenal sampai ke manca negara. Setiap restoran sederhana sampai rumah makan padang selalu menyajikan masakan rendang daging sapi bumbu rendang Padang ini. Mulai dari aneka kreasi olahan rendang muda sampai rendang tua yang berwarna hitam biasa disebut Rendang Hitam dan rasanya pedas disebut rendang pedas paling lezat di dunia. Contohnya rendang uda Gembul pedas level 5.

Foto Rendang Daging Asli Minang Istimewa
Gambar Rendang Padang Paling Enak Di Dunia

Menurut situs Wikipedia Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan. Masing - masing daerah di Sumatera Barat ciri khas masakan rendangnya berbeda-beda seperti di Pariaman, Bukit Tinggi, Padang Panjang, Solok, dll.

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Rendang Telur

Rendang dapat ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda.

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Rendang Daging

Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

Bumbu rendang asli itu dibagi menjadi 3 jenis, yakni bumbu yang dihaluskan, bumbu tambahan, dan bumbu pelengkap.





RESEP RENDANG PADANG


BAHAN :
  • 1 kg daging sapi pilihan tanpa lemak, lalu diiris tipis. Pukul-pukul atau geprek daging hingga pipih agar cepat empuk.
  • 12 gelas santan dari 3 butir kelapa.
BUMBU HALUS :
  • 20 butir bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 2 ruas jari jahe
  • 1 ons cabe merah giling
  • 1 sendok teh merica
BUMBU TAMBAHAN :
  • 1 btg lengkuas, dimemarkan
  • 3 batang sereh, geprek bagian putihnya
  • 3 buah bunga pekak
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun kunyit, sobek-sobek
BUMBU PELENGKAP :

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Rendang Jengkol
  • Air asam jawa secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
CARA MEMASAK RENDANG PADANG ASLI ENAK :
  1. Rebus daging dengan bumbu halus. Tunggu hingga air rebusan semakin habis.
  2. Tuangkan santan, masukkan bumbu tambahan, lalu aduk hingga merata.
  3. Aduk santan hingga mendidih. Agar santan tidak pecah, lakukan adukan dengan gerakan menimba.
  4. Kecilkan api, masak terus sampai daging dan bumbu mengeluarkan minyak.
  5. Masukkan bumbu pelengkap, aduk rata.
  6. Aduk sesekali agar daging tidak lengket dengan wajan. Masak terus sampai daging berwarna kecoklatan dan bumbu mengental menyerupai dedak.
  7. Sajikan dengan nasi putih hangat dari beras solok.


TIPS & TRICKS :

Tips Membuat Rendang Lezat untuk Sajian di Hari Raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha adalah salah satu waktu yang paling dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia, khususnya umat Muslim, untuk beribadah, berkumpul bersama keluarga, dan tentunya menikmati lezatnya sajian kuliner berbahan dasar daging yang disajikan dengan bumbu-bumbu khas favorit keluarga. Salah satu hidangan yang tidak sah kalau tidak disajikan di Hari Raya Idul Adha adalah menu rendang daging, hidangan daging bersantan dengan rempah dan bumbu-bumbu khas Indonesia. Tidak ingin ketinggalan dan ingin menyambut Idul Adha tahun ini dengan resep rendang daging yang terbaik?

Berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Rahasia utama pada resep masakan rendang daging adalah 'slow cooking', atau teknik memasak secara lambat dan perlahan. Anda harus memasak menu ini dengan penuh kesabaran tingkat tinggi, terutama dalam menunggu daging sapi yang Anda masak agar benar-benar empuk dan matang dengan sempurna. Selain itu, Anda juga harus menunggu bumbu-bumbu pelengkap hidangan lezat ini agar dapat mengental dan menghitam secara alami.

Cara memasak hidangan ini adalah dengan memasukkan potongan daging sapi terlebih dahulu, kemudian baru memasukkan bumbu yang telah dicampur dan dihaluskan menjadi satu, lalu siram dengan santan, serta masukkan serai, daun jeruk, dan kayu manis, lalu aduk dan diamkan selama dua setengah jam. Kuah dan bumbu rendang ini awalnya akan berwarna keemasan, namun lama kelamaan kuah tersebut akan menjadi gelap dan meresap ke dalam potongan daging sapi lezat Anda.

Bahan yang paling penting dalam resep rendang daging ini tentunya adalah cabai. Hidangan rendang Anda tidak akan lengkap tanpa bahan yang satu ini. Anda dapat menambahkan cabai sebanyak yang Anda inginkan, sesuai selera, namun ingat rasa yang terlalu pedas akan merusak cita rasa bumbu-bumbu dan bahan-bahan lainnya. Masak terus secara perlahan, hingga daging empuk secara alami, bumbu menghitam, dan meresap dengan sempurna. Tunggu hingga resep masakan lezat ini matang dan rendang daging Anda siap untuk disajikan. Setelah matang, kini tiba saatnya Anda untuk menyantap kuliner lezat ini bersama keluarga, tetangga, teman, dan kerabat di Hari Raya Idul Adha. Rayakan hari raya kurban ini bersama orang-orang tercinta, dengan ditemani hidangan rendang daging terlezat kreasi Anda.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT RENDANG PADANG HITAM ASLI ENAK