CARA MEMBUAT KUE ONDE ONDE KHAS PADANG

Resep Kue Onde Onde Khas Padang Sederhana Spesial Asli Enak. Melihat bentuknya kue onde mande ini lebih mirip kue klepon isi gula merah manis karena berwarna hijau pandan dengan taburan parutan kelapa parut, tapi di Sumatera Barat (SUMBAR) orang Minang menyebutnya kue onde-onde ya mau bagaimana lagi masbro dan sista kita nurut saja tidak usah protes sudah dari sananya. Nikamtin saja sensasinya. Kue isi gula merah ini masih termasuk kue basah tradisional nusantara khas Indonesia.

Foto Kue Onde Onde Khas Padang Sajian Sedap
Gambar Onde-onde Padang Unik

Menurut situs Wikipedia. Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon tampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Baca juga :


Resep Klepon Warna Warni

Di Sumatra, Sulawesi, dan di Malaysia, klepon disebut "onde-onde", sedangkan di Jawa dan bagian lain di Indonesia penganan yang disebut onde-onde adalah bola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatra-Malaysia ini sering kali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau, perlu ditambahkan bahan pewarna dari daun suji atau daun pandan.

Bentuk dan tekstur kue onde-onde Padang khas Minang adalah yang paling lembut dan empuk dibanding onde-onde dari daerah nusantara lainnya yang kering dan renyah. Tidak percaya silahkan cobain resep onde onde Padang, Sumatera Barat, SUMBAR. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih onde onde khas Padang akan kelepon/klepon yang lembut dan empuk lumer di mulut viral kekinian sajian sedap istimewa rasanya lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue basah jajanan tradisional dan modern.

RESEP ONDE ONDE PADANG


BAHAN :
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1 sdt air kapur sirih
  • 2 tetes pasta pandan/pewarna hijau
  • 175 ml air hangat
  • 250 gram tepung ketan
  • 100 gram gula merah, iris tipis untuk bahan isian
  • 1/2 butir kelapa setengah tua, kupas kulitnya parut dan kuku
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Onde Onde Ketawa

CARA MEMBUAT ONDE ONDE ALA PADANG :
  1. Larutkan garam halus, air kapur, air daun suji atau daun air pandan dan air hangat, aduk.
  2. Campurkan ke dalam tepung ketan. Aduk dan uleni hingga campuran tepung ketan tercampur rata dan kalis.
  3. Ambil 2 sdt adonan, pipihkan, taruh 1/2 sdt gula merah ditengahnya. Tutup kembali dan bentuk menjadi bulat-bulatan.
  4. Didihkan air, rebus onde onde selama kurleb 5 menit atau sampai terapung. Angkat dan tiriskan.
  5. Gulingkan onde onde ke dalam parutan kelapa parut.
  6. Sajikan.

CARA MEMBUAT KUE ONDE ONDE KHAS PADANG