CARA MEMBUAT KUE BALOK KHAS GARUT TRADISIONAL ORIGINAL

Resep Kue Balok Khas Garut dan Bandung Original Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Tahu ga? di sinetron film "Preman Pensiun" bernama Kang Komar anak buah Muslihat tangan kanan Kang Bahar yang bernama asli Matt Drajat menyuruh Iwan Tyson yang diperankan oleh Fadly untuk membeli kue balok garut asli tradisional ternyata belinya sama orang garut di Antapani Bandung padahal kue balok Bandung, tapi kita bukannya mau membahas film sinetron yang lagi naik daun itu pada bahasan artikel kali ini tapi membahas cara bikin kue balok 8 yang bentuknya mirip dengan kue pukis. Kue balok adalah penganan kue basah tradisional yang secara penampilan mirip kue pukis, namun yang ini berbeda dari segi isi dan rasa. Jika kue pukis isinya lembut dan lebih empuk, maka kue balok isinya padat dan teksturnya agak keras tapi empuk, sehingga memakannya bisa mengenyangkan perut. Makanya tidak heran jika kue balok sering dijadikan untuk sarapan pagi orang yang tidak sempat makan. sensasi kenikmatan kue balok setengah matang ini ternyata bermula dari bahan baku relatif simple yakni: Terigu, telur, gular pasir, mentega, air, dan aneka bumbu (permifan, soda kue, dan garam).

Foto Kue Balok Spesial Sarapan Pagi Lezat
Gambar Kue Balok Bandung

Seluruh dari bahan ini dicampurkan untuk kemudian diaduk hingga merata. Jika sudah dirasa pas, maka selanjutnya dimasak ke cetakan logam yang dibakar dengan dua sisi anglo isi arang merana pada dua bagian. Disinilah sesungguhnya teknik tersulit.

Adonan dasar kue balok pertama dimasukkan ke cetakan logam dan dipanggang di atas bara arang. Setelah separuh matang dan kalau mau diisi topping (coklat/keju/kacang/kismis), maka bagian atas kue itu ditindih bejana yang berisikan arang panas. Jadi, atas bawah dipanggang. Kue balok bisa dikonsumsi setengan matang agar lebih lebih lembut dan empuk, bisa juga dikonsumsi matang atau masak. Inilah bedanya dalam hal cara memasaknya dibanding dengan resep kue pancong, resep kue pukis, resep kue bandros, resep kue gunjing, dsb.

Ada banyak penjual aneka kue balok di Bandung sederhana ini, katanya yang paling enak memang buatan khas Garut asli buatan orang garut, diantaranya : Kue balok Kang Didin spesial, kue balok Cihapit M. Udju, dll. Masing-masing daerah memiliki ciri khas kue baloknya, seperti kue balok banten, kue balok bandung dan kue balok asli garut agak berbeda dari segi gurih dan kelezatannya serta aneka rasa dan variasi topping, baiklah untuk membuat adonan dasarnya sendiri mudah dan praktis. Siapa tahu bisnis buka usaha jualan kue balok aneka rasa dan aneka topping modern seperti resep kue cubit greean tea, oreo, taro, dan red velvet. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih balok khas Garut dan Khas bandung, Jawa Barat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue balok rasa original dan aneka kue balok kreasi modern, seperti kue balok brownies, kue balok lumer, kue balok coklat meleleh yang lagi viral kekinian, kue balok keju, kue balok sari pasundan, dll.

RESEP KUE BALOK LENGKAP


BAHAN :
  • 250 gram tepung terigu
  • 1/4 kg telur
  • 1/4 kg gula pasir
  • Margarin secukupnya
  • 1/2 buah susu sachet
  • 1 buah soda kue atau tanpa soda kue
  • 1 buah vanili bubuk
CARA MEMBUAT KUE BALOK ASELI GARUT :
  1. Campur gula pasir, dan telur kocok hingga rata dan berbuih
  2. Tambahkan margarin, kocok lagi hingga semuanya rata
  3. Tambahkan soda kue, vanili, dan susu sachet, aduk hingga semuanya merata
  4. Tambahkan sedikit air, jangan terlalu encer ataupun kental
  5. Panaskan cetakan kue balok
  6. Tuangkan adonan ke dalam cetakan tan masak hingga matang atau mengembang
  7. Angkat dan kue balok siap disajikan bersama paling enak sama minuman resep kopi hitam atau resep kopi susu boleh pakai teh bagi yang ga suka minum kopi.
Aneka kreasi dan variasi rasa dari kue balok modern terbaru kini hadir di Kota Bandung. Dengan varian dan jenis rasa, diantaranya ; Kue Balok durian, kue balok coklat, kue balok green tea dan kue balok keju. Ga ada salahnya memang makanan kue "tua" ini dibuat menjadi modern untuk mengikuti jaman tapi tetap tidak menghilangkan esensi dari bentuk dan tekstur Kue Balok itu sendiri Menikmati Kue Balok sangat disarankan ditemani dengan kopi. Kenapa? Coba aja sendiri Kue Balok Ibu Ratu (Cabang Cimahi) Jl.Surya Sumantri Bandung (area parkir Dominos Pizza)

Kue Balok Banten adalah salah satu makanan khas dari Banten, tepatnya dari Menes, tidak tau pasti kapan makanan yang berasal dari singkong ini dibuat. Kue balok ini tersebar luas baik di sekitar Labuan maupun di kota - kota besar lainnya. Penjual Kue Balok yang ramai dan banyak di minati diantaranya di Ciputri- Menes, simpang tiga menuju Pasar Menes, Labuan, dan Pandeglang. Dari bahan dan bentuk kue balok menes ini berbeda dengan kue balok garut atau kue balok bandung

CARA MEMBUAT KUE BALOK KHAS GARUT TRADISIONAL ORIGINAL