CARA MEMBUAT SUP JAMUR ENOKI


Resep Sup Jamur Enoki Udang Sayur Wortel dan Buncis Kuah Bening Segar Sederhana Spesial Gurih Asli Enak. Kalau diperhatikan sayur sop (Enoki Soup) ini lumayan komplit bahan-bahannya plus dengan kuah sop segar yang bisa dibuat dengan kuah bening atau kuah keruh. Orang Indonesia menyebutnya dengan sayur sop atau sayur sup ada juga yang menyebutnya sop-sopan atau sop saja kalau dalam bahasa Inggris namanya soup. Sebenarnya dengan bahan jamur enokitake saja rasanya sudah enak apalagi kalau dilengkapi dengan bahan-bahan lainnya, seperti makanan laut atau seafood baik udang dan ikan, bakso, potongan sosis, tekwan, tofu pada resep sup jamur enoki tofu atau bisa diganti dengan tahu putih atau tahu kuning, daging ayam pada resep sup ayam jamur enoki, daging sapi, apalagi ditambah sayur-sayuran seperti sayur kol, wortel, kentang, buncis, oyong Sunda, dll pasti lebih mantap dengan bumbu sop gurih yang lezat dan nikmat disajikan sebagai menu sahur malam ini maupun cocok menjadi sajian menu buka puasa Ramadhan yang sehat dan bergizi tinggi.

Baca Juga : Cara Buat Sop

Bumbu sop enoki pada resep masakan ini sederhana tidak memakai bumbu rempah-rempah seperti sayur sup kebanyakan lainnya, bahkan beda dengan resep sup jamur enoki ala korea dan ala Jepang, hanya cukup dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabe rawit bila suka pedas, garam halus, penyedap rasa jika suka, lada jika suka, dan kecap manis. Bahan utama atau bahan inti masakan sop ini adalah jamur enoki. Apa itu jamur enoki?.

Foto Resep Sup Jamur Enoki Udang Sayur Wortel dan Buncis Kuah Bening Segar Sederhana Spesial Gurih Asli Enak
Gambar Sup Jamur Enoki Udang Kuah Bening

Menurut situs Wikipedia. Jamur Enokitake (えのき茸, jamur enoki) adalah jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Dikenal juga sebagai jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas (Hanzi: 金针菇, pinyin: jīnzhēngū, Hangul: 팽이버섯 , Alihaksara: pengi beoseot).

Di wilayah dunia beriklim sejuk, jamur tumbuh di alam bebas pada suhu udara rendah mulai musim gugur hingga awal musim semi. Jamur ini juga diketahui tumbuh di bawah salju. Jamur tumbuh di permukaan batang pohon Celtis sinensis (bahasa Jepang: Enoki) yang sudah melapuk, sehingga disebut Enokitake (jamur Enoki). Jamur juga bisa tumbuh di permukaan batang kayu lapuk pohon-pohon berdaun lebar seperti Bebesaran dan Kesemek. Jamur ini sering dianggap sebagai hama bagi beberapa produk pertanian.

Budidaya Jamur enoki. Enokitake hasil budidaya bisa dipanen sepanjang tahun. Tubuh buah Enokitake hasil budidaya terlihat berbeda dari Enokitake yang tumbuh di alam bebas. Jamur hasil budidaya dilindungi dari sinar matahari sehingga berwarna putih, sedangkan jamur di alam bebas berwarna coklat hampir merah jambu. Jamur hasil budidaya juga memiliki batang yang panjang dan kurus-kurus, sedangkan jamur di alam bebas memiliki batang yang lebih pendek dan gemuk. Rasa jamur hasil budidaya juga sangat berbeda dengan jamur yang tumbuh di alam bebas.

Harga jamur enoki ini kisaran Rp. 3600 - Rp 7000 per 100 gram atau Rp. 36.000 - Rp 70.000 per kg tidak mahal dan tidak murah. Enokitake yang tersedia di pasar swalayan di hypermart, Superindo, Griya, Yogya, dan Supermarket lainnya maupun di toko online, seperti Tokopedia merupakan hasil budidaya. Jamur dibudidayakan dengan menggunakan botol plastik atau kantong plastik. Jamur memerlukan waktu 30 hari pada suhu 15 °C dan kelembapan 70% di atas media tanam serbuk gergaji atau serbuk bonggol jagung ditambah berbagai bahan campuran lain. Setelah itu, jamur masih perlu tumbuh 30 hari lagi dengan suhu yang lebih sejuk dan lebih lembap.

Jamur dilindungi dari sinar matahari dan dipaksa tumbuh di dalam botol plastik atau kantong plastik yang sempit. Jamur yang terus mencari sinar matahari akhirnya tumbuh terus ke atas hingga menjadi panjang-panjang dan kurus. Jamur memang bisa tumbuh tanpa sinar matahari, tapi sinar matahari tetap diperlukan pada penyebaran spora.

Enokitake dapat hidup di alam sebagai jamur liar atau dibudidaya dan dikultur. Kedua jenis ini dapat dimakan, namun jamur Enokitake hasil budidaya memiliki rasa dan kenikmatan yang lebih baik dibandingkan dengan jamur Enokitake liar. Jamur Enokitake hasil budidaya banyak digunakan dalam masakan Jepang dan Cina. Ciri khas jamur Enokitake hasil budidaya adalah warnanya yang kuning pucat, tangkainya yang panjang dengan tudungnya yang kecil.

Ciri dari jamur Enokitake yang hidup liar adalah memiliki tudung berwarna coklat, berbentuk cembung dan ukurannya dapat mencapai 3 cm Tudung ini akan semakin datar seiring bertambahnya usia jamur Enokitake.

Khasiat dan Manfaat Jamur Enoki. Jamur ini banyak digunakan dalam berbagai masakan sup dalam Jepang, Korea, masakan Cina, dan Vietnam. Jamur mempunyai tekstur garing dan aroma yang segar. Bagian akar perlu dipotong sebelum digunakan dalam masakan. Jamur segar tahan disimpan di lemari es sampai satu minggu.

Jamur Enokitake sangat mudah dibudidayakan dan sudah dibudidayakan di Jepang sejak lebih dari 300 tahun yang lalu. Enokitake bisa ditanam sendiri di rumah asalkan suhu cukup sejuk. Di Cina, jamur ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati susah buang air besar (BAB), bahkan Si lezat pencegah kanker sering dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.

Biasanya jamur unik ini digunakan dalam makanan – makanan yang berbau Asia. Jamur ini juga banyak digunakan sebagai bahan salad (di mana rasa terbaik dari jamur ini dapat dinikmati), sup kuah pedas dan juga sering digoreng bersama sayuran dan daging.

Baca Juga : Resep Sayur Sop Daging

Kandungan gizi. Jamur Enokitake mengandung banyak serat. Jamur ini juga mengandung banyak protein dan beberapa vitamin seperti vitamin B, serta mineral. Satu mangkuk jamur mentah diperkirakan dapat menyediakan 20 kalori. Jamur ini juga tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga dapat dijadikan pilihan bahan makanan untuk diet dan makanan untuk Bayi atau untuk makanan anak-anak Balita.

Jamur Enokitake juga mengandung senyawa flammulin yang merupakan senyawa anti kanker dan tumor. Jamur Enokitake juga dipercaya dapat menstimulasi sistem imun dan juga memiliki aktivitas anti viral dan anti bakteri. Selain itu, dalam jamur ini juga terdapat senyawa lain yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan juga penurun kolestrol. Penelitian juga menginformasikan bahwa Enokitake berguna dalam perawatan lymphomia dan kanker prostat.

Salah satu olahan jamur enoki yang unik ini dan banyak dijual di kota-kota besar, seperti di Surabaya, Bandung, Medan, dll, yaitu masakan sup enoki ala carabuatresep ini. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sup jamur enoki udang kuah bening tidak pedas atau tanpa pedas jika suka pedas bisa dibuatkan sambal pedes terpisah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis rumah makan, dan menu restoran ala cafe resto siap saji.

RESEP SOP JAMUR ENOKI


BAHAN :
  • 1 bungkus jamur enoki @100 gram atau 1 ons, buang ujungnya, rendam dan uraikan
  • 3 buah udang kelong/galah ukuran besar atau sedang (opsional)
  • 1 buah wortel, potong bulat
  • 5 buah buncis, potong dua
  • 1 batang daun seledri yang dikenal juga dengan nama daun sop
BUMBU HALUS :
  • 3 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 7 buah cabe rawit
  • Garam halus, secukupnya
  • 1 sdm kecap manis (opsional)
CARA MEMASAK SOP JAMUR ENOKI :
  1. Tumis bumbu halus dan tambahkan garam biarkan sampai harum mewangi.
  2. Isi panci dengan air, masukkan bumbu halus, biarkan hingga menggelegak atau mendidih.
  3. Masukkan wortel dan garam, biarkan sebentar sampai agak lembek, tambahkan udang.
  4. Biarkan sekitar 10 menit agar kaldu udang keluar, kemudian tambahkan kecap manis, aduk sebentar, masukkan buncis, biarkan sebentar.
  5. Masukkan jamur enoki, aduk rata hingga jamur terurai, koreksi rasa.
  6. Terakhir matikan kompor, masukkan daun seledri, letakkan di mangkok taburi bawang goreng.
  7. Sajikan bersama nasi tidak pakai nasi atau tanpa nasi juga enak karena jamur enoki ini teksturnya kenyal, lembut dan empuk seperti mie sehingga cukup mengenyangkan, Apalagi jika Anda vegetarian tinggal buang udangnya.


Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep
Tags :

CARA MEMBUAT SUP JAMUR ENOKI