CARA MEMBUAT SAMBAL GOANG KHAS SUNDA

Resep Sambal Goang Khas Sunda Pedas Mentah Sederhana Spesial Asli Enak. Mau buat sambel praktis cepat dan dadakan untuk pelengkap atau teman makan nasi coba bikin sambal goang dijamin makan bertambah lahap. Cabai yang digunakan bisa menggunakan cabe merah atau cabe hijau jadinya disebut sambal goang hijau atau ijo. Jika ingin menghasilkan sambal super pedas bisa menggunakan cabai pedas banget yang digunakan pada resep nasi goreng pedas yang terpedas yaitu namanya cabai setan atau cabe hantu dari namanya saja sudah mengerikan bisa-bisa anda akan mengeluarkan air mata jika memakan sambel ini. Di Bandung ada sambal menurut saya terpedas mungkin sudah level 10 namanya Sambal Goang Kemangi Seuhah di rumah makan Bu Imas khas Sunda, silahkan pas berwisata ke Bandung sempatkan untuk mencicipinya lokasi warung nasi bu imas ini beralamat di Jalan Pungkur No 81, Bandung, Jawa Barat. Untuk penampakan Sambal goang kemangi pedas bahasa sundanya kemanggi adalah Surawung bisa lihat dibawah ini awas ya jangan sampai sakit perut atau mules.

Foto Resep Sambal Goang Kemangi Terpedas Hot Khas Sunda
Gambar Sambal Goang Kemangi Seuhah Ibu Imas Terpedas

Foto Resep Sambal Goang Betawi
Gambar Sambal Goang Merah

Di Kota Bandung, sumedang, bogor resto cipanas dan sekitarnya sambal goang ini cukup populer, bahkan orang sunda sudah terbiasa makan nasi sehari-hari dengan ikan asin, lalapan, kerupuk uyel dan dilengkapi dengan sambal goang sederhana, memang bahannya sederhana dan mudah membuatnya cukup sediakan cabai rawit, kencur, kapulaga dan garam secukupnya tinggal di ulek sambal goang telah jadi ada juga yang menggunakan bawang merah. Terkadang sambal goang dijadikan pelengkap resep nasi liwet atau sangu komplit atau lengkap. Baiklah kita langsung mengolah bahan-bahan sambel gowang nya saja di dapur sederhana. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sambal goang pedas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis rumah makan dan restoran ala cafe resto dengan aneka menu sambel.

Sambal Goang Cabai Hijau Raja Sambal
Gambar Sambal Goang Ijo Cabai Rawit Hijau

RESEP SAMBAL GOANG MENTAH


BAHAN :
  • 15 buah cabai rawit merah atau cabe Ijo (hijau)
  • Kapulaga sesuai selera
  • Seruas kencur (kira-kira sebesar ibu jari tangan)
  • Garam secukupnya

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Sambal Goreng Kentang

CARA MEMBUAT SAMBAL GOANG ALA SUNDA :
  1. Haluskan semua bahan dan bumbu dengan cara diulek menggunakan ulekan cabe.
  2. Jangan terlalu halus dan segera hidangkan. Biarkan dalam bentuk kasar memang sudah ciri khas dari sambal ini.
Ternyata sambal goang ini bukan ada di sunda saja akan tetapi ada juga di Betawi mungkin ini ada pengaruh dari masakan atau kuliner sunda tapi mungkin rasanya berbeda, biasanya seperti. Gimana hasil sambal goang nya enak? Silahkan berikan komentar menggunakan akun facebook masing-masing jika enak silahkan share atau bagikan ke teman-teman yang lain ya, terimakasih.

Baca Juga : Resep Sambal Bawang

CARA MEMBUAT SAMBAL GOANG KHAS SUNDA