CARA MEMBUAT SOTO BANDUNG KUAH BENING BERLOBAK

Resep Soto Bandung Lobak Kuah Bening Sederhana Spesial Sambal Pedas Segar Asli Enak. Pada umumnya soto Bandung adalah soto daging sapi dengan kuah bening yang dilengkapi dengan sayur lobak putih, makannya sering disebut soto lobak itulah ciri khasnya ditambah pelengkap kacang kedelai goreng, namun saya pernah makan di rumah sahabat sesama tinggal di Bandung juga kuahnya santan mirip gule dan ada cabe rawit merah pedas atau cabai gendot didalam kuah soto daging nya, katanya itu soto bandung versi paling enaknya dan rasanya pedas banget dan asin banget, maka perlu kecap manis untuk menetralkannya, sambil tersenyum baru tahu saya kalau ada soto bandung seperti itu, nanti saya bagikan fotonya coba aja diperhatikan.

Foto Soto Bandung Asli
Gambar Soto Bandung Kuah Bening

Menurut situs Wikipedia. Soto Bandung adalah soto khas Bandung, Jawa Barat berkuah bening. Sepintas, soto yang berbahan dasar daging sapi (biasanya bagian tetelan atau has dalam) ini hampir sama dengan jenis soto yang lain, tetapi yang membuatnya berbeda dan sekaligus unik serta khas adalah adanya tambahan lobak putih, tomat, dan kedelai goreng di dalamnya. Soto tanpa santan ini biasa disantap dengan nasi dan kerupuk.

Bagi Anda yang terbiasa bergelut di dunia dapur kuliner khas Nusantara untuk membuat aneka soto daging khas Bandung ini pasti mudah karena bahan-bahannya sederhana dan mudah didapat di pasar tradisional, untuk pelengkap kacang kedelai goreng jika tidak suka boleh tinggalkan, Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi soto Bandung bening pake lobak tanpa santan atau soto lobak komplit takaran sendok dan gram sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung soto Nusantara, rumah makan soto maupun buka restoran ala cafe resto cepat saji dalam bentuk rumah makan soto komplit, atau pakai gerobak soto ala Abang-abang soto maupun warung tenda dan dunia soto lainnya dari raja soto, seperti soto Bandung ojolali katanya masakan soto yang paling enak di Bandung.

RESEP SOTO BANDUNG BENING


BAHAN :
  • 250 gram daging sapi sandung lamur segar
  • Air untuk merebus
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 liter kaldu sapi : Cara Membuat Kaldu
  • 100 gram lobak, kupas, iris tipis
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Soto Betawi

BAHAN PELENGKAP :
  • Kacang kedelai putih, goreng
  • Daun seledri, iris halus
  • Bawang merah goreng renyah
  • Sambal rawit merah
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Soto Ayam Lamongan

CARA MEMASAK SOTO BANDUNG KUAH BENING :
  1. Rebus daging sapi bersama air di atas api kecil hingga matang dan air berkurang. Angkat, ambil daging sapi, sisihkan kaldunya.
  2. Potong-potong daging sapi bentuk dadu ukuran 2 x 2 cm. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Tuang kaldu, lobak, serai, dan jahe. Masak hingga mendidih.
  4. Masukkan daging sapi, garam, dan merica, aduk rata. Masak terus hingga bumbu meresap. Angkat.
  5. Sajikan soto beserta pelengkap. Untuk 6 porsi. Jangan lupa sambal pedasnya.

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Soto Mie Bogor

Resep Soto Bandung Versi Lain Katanya Sih Versi Paling Enak
Resep Soto Bandung santan Versi Lain Katanya Sih Versi Paling Enak Masa Sih ini Soto Bandung?

CARA MEMBUAT SOTO BANDUNG KUAH BENING BERLOBAK