CARA MEMBUAT CIRENG BANDUNG RENYAH DILUAR EMPUK DIDALAM

Resep Cireng Bandung Crispy Renyah Khas Sunda Sederhana Spesial Asli Enak. Inilah saudara-saudara setanah air resep cireng Bandung, Jawa Barat. Ada dua tipe cireng sebenarnya tanpa isi atau pakai isi aneka rasa dari yang tradisional isi sambal oncom, keju, sampai sayuran. Jajanan bandung ini sangat pas dan cocok untuk dijadikan inspirasi makanan camilan atau cemilan bersama keluarga yang sedang kumpul bersama ataupun bersama teman-teman dan untuk teman camilan minum kopi sedap sekali.

Foto Cireng Tanpa Isi Asli Enak
Gambar Cireng Renyah Empuk

Cireng Adalah singkatan Aci digoreng termasuk makanan kuliner gorengan asli bandung. Untuk membuatnya cukup mudah dan bahannya sederhana tidak serumit pempek. Jenis-jenis gorengan cireng. Cireng Asli Original, Cireng Nasi, Cireng Salju, Cireng, Cireng Keraton, Cireng Krispi, Cireng dan Cireng Kamsia ini cireng beku (Frozen Cireng) yang sedang naik daun resep dan cara membuatnya sama hanya saja dimasukkan ke freezer seperti nugget seandainya dibutuhkan tinggal goreng saja lebih praktis. Memang sedang trend makanan serba frozen ini dan sangat populer sebagai oleh-oleh khas Bandung karena lebih tahan dikirim ke seluruh Indonesia.

Makan cireng asin garing tapi mengasikkan karena rasanya gurih dimakan dengan cabe rawit, saus kacang spesial, cuka/cuko pempek, sambal goang, sambal bumbu rujak istimewa, sesuai selera masing-masing. Kebanyakan orang sering gagal untuk bikin cireng yang lembut, empuk, dan renyah kulitnya, akhirnya yang cireng keras dan kenyal. Berikut kumpulan aneka resepi cireng crispy Bandung sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis anti gagal step by step untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka gorengan ala Abang-abang.





RESEP CIRENG


BAHAN :
  • 100 gram tepung tapioka
  • 25 gram tepung terigu
  • 100 ml air panas
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk supaya gurih-gurih nyoi
  • garam secukupnya
  • 1/4 sdt merica
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang, iris halus
CARA MEMBUAT CIRENG EMPUK TAPI RENYAH :

Foto Bahan Adonan Cireng
Gambar Adonan Cireng Siap Bentuk
  1. Campur tepung tiapioka, tepung terigu, daun bawang, dan semua bumbu cireng.
  2. Aduk-aduk adonan dasar cireng sampai rata sambil dituangi air panas tadi sedikit demi sedikit supaya tidak lengket sampai adonan dasar cireng kalis lembut dan mudah untuk dibentuk sesuai selera.
  3. Ketika kita pegang bukan kalis padat seperti adonan donat yang kenyal.
  4. Ambil sedikit adonan cireng, bentuk pipih, bulat, kotak, dll. itu sesuai selera Anda.

    Foto Cireng Belum Digoreng
    Gambar Cireng Siap Goreng

  5. Jangan lupa goreng namanya juga cireng (Aci digoreng) dengan api kecil hingga mengembang sempurna, sampai renyah bagian luarnya namun lembut atau empuk didalamnya.
  6. Sajikan menu hidangan cireng bersama teman dan keluarga mumpung masih hangat dengan pelengkap saus kacang, sambal, atau cabe rawit ijo alias cengek. Mantap pokokna mah.

CARA MEMBUAT CIRENG BANDUNG RENYAH DILUAR EMPUK DIDALAM