CARA MEMBUAT BAKSO SAPI KENYAL dan KUAH


Resep Bakso Sapi dan Kuahnya Komplit Sederhana Spesial Kenyal Alami Asli Enak. Bakso daging sapi yang lezat adalah yang teksturnya kenyal tapi lembut dan empuk pada saat dimakan. Pada artikel sebelumnya telah dibahas cara membuat pentol bakso sapi tapi hanya sebatas membuat pentolnya saja, sedangkan pada artikel lanjutan ini lebih lengkap, sehingga menjadi sajian baso lengkap dengan kuah dan pelengkapnya seperti sayur-sayuran sawi hijau, tauge, sayur kol, dll.

Foto Bakso Daging Sapi Enak
Gambar Bakso Sapi Campur

Bakso sapi saat ini banyak sekali variasi aneka kreasinya dari segi ciri khas per kota misalkan saja ada bakso solo asli yang terkenal, bakso malang, bakso banyuwangi pake kol, bakso sumedang dengan kuah tomatnya, bakso bandung dengan tauge nya, dll. Dari segi bentuk ada bakso bulat, bakso lonjong, bakso kotak unik, bakso rudal, bakso bumbu rempah, dll.





RESEP BAKSO SAPI KENYAL


BAHAN PENTOL BAKSO SAPI
  • 1/2 kg Daging sapi digiling
  • 100 gram Tepung kanji
  • 1 butir telur ayam
  • 50 gram Es batu
  • 1/4 kg Bawang putih halus
  • 1 sendok teh lada putih bubuk
BAHAN BAKSO SAPI
  • 3 liter air (untuk kuah).
  • 1/4 kg bawang putih halus
  • 1 buah penyedap kaldu balungan/tulang kaki sapi
  • 2 sendok makan garam
  • 1 sendok teh Bubuk pala
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh bubuk lada putih
BAHAN CAMPURAN BAKSO
  • Bihun yang telah di rebus
  • Bawang goreng
  • Sambal pedas
  • Daun seledri secukupnya
  • Saus tomat dan kecap manis
CARA MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI :

PEMBUATAN PENTOL BAKSO SAPI :
  1. Jika daging masih utuh, silahkan haluskan dulu. kalo udah halus, campur daging giling tersebut dengan es batu, bumbu juga telur.
  2. kemudian haluskan campuran tersebut, bisa mnggunakan mixer, food processor atau blender.
  3. Saat proses pencampuran bahan diatas, tambahkan tempung kanci sedikit demi sedikil sambil mengaduknya sampai semua bahan tercampur merata. jika sudah rata, tuang adonan kedalam baskom atau wadah yang cukup.
  4. Gunakan panci untuk merebus air. sambil menunggu air mendidih, bentuk adonan menjadi bulatan dengan ukuran sesuai selera, lalu masukan bulatan bakso kedalam air yang sedang mendidih. lakukan cara tersebur sampai adonan habis tanpa sisa
  5. Angkat pentol jika sudah matang. untuk mengetahui matang atau belum, kita bisa melihat pentol yang terapung.
PEMBUATAN KUAH BAKSO SAPI :
  1. Rebus tulang - tulang sapi atau kakinya dengan air 3 liter.
  2. Tambahkan bumbu bumbu halus yang sudah saya cantumkan diatas
  3. Masukkan lagi pentol bakso kedalam rebusan kuah diatas
CARA PENYAJIAN BAKSO SAPI YANG ENAK :
  1. Tahap penyajian bakso ini sangat variatif yang jelas disajikan didalam mangkok. Masing-masing daerah dan masing-masing orang memiliki khas dalam penyajian makanan bakso. Lihat gambar ilustrasi.
  2. Selamat makan bakso yang pedas.

Aneka kreasi dan Variasi Bakso unik yang bisa dibikin sendiri untuk buka usaha dengan ide dan inspirasi, sebagai berikut :

  1. Bakso urat : bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
  2. Bakso bola tenis atau bakso telur : bakso berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
  3. Bakso gepeng : bakso berbentuk pipih
  4. Bakso kotak : pentol bakso berbentuk kotak segi empat
  5. Bakso ikan : bakso berbahan daging ikan
  6. Bakso udang: bakso berbahan dari udang
  7. Bakso Malang : hidangan bakso dari kota Malang, Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng. Pedagang bakso Malang yang terkenal adalah Henky Eko Sriyantono pemilik Bakso Malang Kota Cak Eko.
  8. Bakso Karimunjawa atau lebih dikenal Bakso Ikan Ekor Kuning adalah bakso yang bahannya berasal dari Ikan Ekor Kuning.
  9. Bakso Solo dan Bakso Wonogiri : hidangan bakso bulat yang berasal dari Solo dan Wonogiri, bentuknya lebih kecil dari bakso Malang dan tidak selengkap bakso Malang. Tetapi bakso Solo dan Wonogiri memiliki rasa khas sapi yang kuat. Bakso Solo dan Wonogiri terdapat campuran irisan daging sapi atau tetelan. Pedagang bakso Wonogiri yang terkenal adalah Ki Ageng Widyanto Suryo pemilik Bakso Lapangan Senayan.
  10. Bakso keju : bakso resep baru berisi keju
  11. Bakso bakar: bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbu oles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.
  12. Bakso kerikil : bahan daging relatif sama dengan bakso-bakso pada umumnya, namun ukuran bakso ini lebih kecil hingga disebut bakso kerikil.
  13. Bakso Balungan: bahan dasarnya tulang
  14. Bakso Unyil : bahan dasarnya daging sapi digiling tetapi ukuran bulatannya seukuran kelereng
  15. Bakso tahu goreng (disingkat Batagor): bahan dasarnya daging sapi ; penyajian dikombinasi/dicampurkan dengan tahu goreng. Bakso jenis ini banyak dijumpai di kota Bandung, Jawa Barat.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT BAKSO SAPI KENYAL dan KUAH