CARA MEMBUAT PENTOL BAKSO SAPI KENYAL ENAK

Resep Pentol Bakso Daging Sapi Kenyal Sederhana Spesial Asli Enak. Bikin pentol bakso kenyal, lembut dan empuk tidak keras tanpa bahan pengawet memang susah-susah gampang apalagi buat pentol baso yang kenyal tapi lembut dan empuk pada saat digigit dan rasanya gurih dan lezat menjadi tantangan tersendiri disini dan jangan lupa tanpa pengawet, memang harus beberapa kali percobaan akhirnya dapat formula komposisi bahan yang pas dan cara memasak yang tepat, sehingga dapat menghasilkan bakso yang lembut kenyal dan terasa sedap. Berikut kira-kira gambaran cara bikin pentol bakso sapi yang bulat berkualitas terbaik.

Foto Pentol Bakso Sapi Kenyal Lembut dan Empuk
Gambar Pentol Bakso Sapi Kenyal

Anda siap membuat usaha bakso atau mie baso yang ramai pembeli inilah rahasia penjual bakso sukses yang laris di setiap kota di Indonesia. Cobalah resep pentol bakso dibawah ini. Rahasia bakso enak itu terletak pada pentol bakso dan kuah nya, jadi diperlukan bumbu bakso dan komposisi yang pas. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pentol bakso daging sapi atau tanpa daging sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis kedai bakso, warung bakso yang laris manis dan mantap dengan harga murah meriah, bahkan untuk restoran ala cafe resto siap saji dan bakso keliling ala penjual gerobak kaki lima.





RESEP PENTOL BAKSO DAGING SAPI


BAHAN :
  • 250 gram daging giling dari daging sapi segar
  • 70 gram Tepung Tapioka
  • 2 sendok makan tepung kanji
  • 3 siung Bawang Putih
  • 1 sdm Lada Merica secukupnya
  • 1 butir Putih Telur
  • 10 gram garam secukupnya
  • 3,5 gram Monosodium Glutamat (MSG) Penyedap rasa
  • 1 gram Sodium Tripoly Fospat (STTP) - FG
  • 0,2 TI02 (Titanium dioksida) - FG Optional. Boleh dipakai boleh tidak
  • 150 ml air es

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kuah Bakso

CARA MEMBUAT PENTOL BAKSO SAPI KENYAL YANG ENAK :
  1. Masukkan daging yang sebelumnya digiling dulu dengan mesin penggiling daging. Agar kerja mesin chopper tidak berat. Masukkan daging sedikit demi sedikit sambil mesin chopper jalan.
  2. Masukkan setengah air es dan bumbu-bumbu (garam, msg, sttp dan tio2). Giling terus sampai daging sudah kelihatan lembek
  3. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Masukkan juga sisa air es yang setengah bagian. Ini agar temperatur daging tetap dingin.
  4. Giling terus sampai halus. Perhatikan juga temperatur daging, jangan sampai panas (suhu diatas 15 der. C). Bila daging panas, baksonya tidak bisa kenyal.
  5. Keluarkan adonan bakso dari mesin. Lalu cetak bakso dengan tangan atau mesin pencetak bakso.
  6. Rebus bakso dengan air panas tapi jangan sampai mendidih. Suhu air sekitar 80 der. Celcius.Bila bakso sudah mengambang di permukaan air, angkat bakso dan dinginkan.
  7. Bakso siap untuk dimakan sendiri atau siap dijual untuk usaha bakso.
TIPS & TRICKS :
  • STTP yang dipakai harus yang FOOD GRADE – fungsinya untuk pengenyal.
  • TIO2 yang dipakai harus yang FOOD GRADE – fungsinya untuk membuat bakso lebih putih (tidak terlalu hitam) – ini optional (bisa dipakai, bisa juga tidak)
  • Resep di atas adalah resep untuk sekali masuk mesin chopper bakso. Untuk skala yang lebih kecil (rumah tangga), anda dapat membaginya dengan angka 10. Sehingga anda menggunakan resep 1/10 bagian.

CARA MEMBUAT PENTOL BAKSO SAPI KENYAL ENAK