CARA MEMBUAT WAJIK KLETIK KACANG HIJAU KERING

Resep Wajik Kletik Kacang Ijo Khas Sunda, Bandung, Jawa Barat Sederhana Spesial Legit Asli Enak Warna Warni Pelangi (Rainbow). Kue wajik kacang hijau khas Sunda memang yang paling enak dan legit sekali rasanya. Wajik kering ini bisa terbuat dari beras ketan putih, ketan hitam, kacang merah, dan kacang ijo/hijau sebagai bahan utamanya dan boleh juga dicampur kedua bahan utama atau bahan dasar adonan atau kombinasi ketan putih dengan kacang hijau. Rasanya manis legit dan paling enak dijadikan cemilan. Wajik kletik bungkus kertas minyak atau bungkus kulit jagung bisa Anda kembangkan dengan aneka rasa buah, misalnya wajik kletik sirsak, nanas, mangga, durian/duren, wajik kletik kelapa, dan rasa buah lainnya.

Foto Resep Wajik Kletik Kacang Ijo Khas Sunda, Bandung, Jawa Barat Sederhana Spesial Legit Asli Enak Warna Warni Pelangi (Rainbow)
Gambar Wajik Kletik Kacang Ijo Khas Bandung

Menurut situs Wikipedia. Wajik kletik adalah kue yang diakui khas dari Blitar tapi ada juga versi khas Bandung atau Sunda, Jawa Barat. Wajik kletik atau klethik dalam bahasa Jawa Timur, Jawa Tengah, Klaten, dan Jogja yang juga memiliki bahan utama yang sama dengan wajik ketan yaitu beras ketan atau tepung ketan untuk pembuatan wajik kletik tepung ketan. Bedanya wajik kletik dengan wajik ketan adalah, wajik kletik dibungkus kecil-kecil menggunakan kulit jagung atau klobot mirip dengan wajit Cililin. Kulit jagung akan disetrika supaya terbebas dari bakteri sehingga wajik menjadi lebih tahan lama untuk disimpan tidak cepat bau tengik atau untuk dijadikan oleh-oleh khas daerah yang unik dan menarik. Namun ada juga wajik kletik yang dibungkus kertas minyak tapi rasanya hampir sama. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi wajik kletik ketan hijau kering/basah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jajan pasar tradisional atau aneka kue basah khas Indonesia.

RESEP WAJIK KLETIK KACANG HIJAU


BAHAN :
  • 1 1/2 gelas blimbing beras ketan/kacang hijau
  • 2 kg gula pasir untuk wajik kletik gula pasir atau gula putih, bisa diganti dengan gula merah untuk wajik kletik gula merah
  • 2 butir kelapa sedang besarnya, jangan terlalu tua
  • Gara sejumput
BAHAN PELENGKAP :
  • Kertas minyak, yang dipotong kecil-kecil sekitar 7 cm x 7 cm atau sesuai selera
CARA MEMBUAT WAJIK KLETIK KACANG HIJAU :
  1. Cuci dan kukus beras ketan sampai tanak, tetapi jangan kelembekan. Kalau pakai kacang hijau, kacang hijau dicuci dan direndam semalam, paginya dicuci lagi dan direbus sampai masak, kemudian dihancurkan.
  2. Kelapa diparut dan buang kulit arinya.
  3. Gula, garam dan kelapa dicampur di wajan dan kasih air 1/4 gelas, masak hingga mendidih
  4. Masukkan ketan/kacang hijau yang sudah dimasak tadi, sambil diaduk-aduk.
  5. Masak terus hingga air kering. Angkat.
  6. Selagi panas bungkuslah dengan kertas minyak agar supaya mudah untuk membentuknya , lakukan sampai selesai.
  7. Bila belum selesai adonan sudah dingin bisa dipanaskan lagi dan dilanjutkan membungkusnya.
  8. Sajikan atau siap dijual.

CARA MEMBUAT WAJIK KLETIK KACANG HIJAU KERING