CARA MEMBUAT GETUK GORENG SOKARAJA KHAS BANYUMAS

Resep Getuk Goreng Khas Sokaraja Banyumas Sederhana Spesial Asli Enak. Sokaraja memang terkenal dengan soto Sokaraja ternyata getuk goreng singkong juga tak kalah lezat rasanya walaupun dari bahan singkong atau ubi kayu yang sangat sederhana dan mudah di dapat di Indonesia.

Foto Resep Getuk Goreng Khas Sokaraja Banyumas Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Getuk Goreng Khas Sokaraja Banyumas

Menurut situs Wikipedia. Getuk goreng adalah penganan khas Sokaraja yang manis dan gurih, dibuat dari singkong dan dibumbui gula kelapa yang diolah secara tradisional. Getuk goreng ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1918 oleh Sanpirngad, seorang penjual nasi keliling di daerah Sokaraja. Pada saat itu getuk singkong biasa yang dijual tidak laku, sehingga dia mencari akal agar getuk tersebut masih bisa dikonsumsi. Kemudian, getuk singkong yang tidak habis dijual pada hari itu dia goreng dan dijual lagi. Ternyata, makanan baru tersebut digemari oleh para pembeli. Begitulah kira-kira sejarah getuk singkong goreng di Sokaraja, Banyumas. Namun begitu getuk goreng juga ada di Jogja Yogyakarta, Bandungan, Purwokerto, Semarang, Solo, Magelang, dan di kota-kota lainnya. Getuk goreng paling enak yaitu resep getuk goreng semar, getuk goreng Haji Tohirin.

Saat ini getuk goreng dapat dengan mudah ditemui di sepanjang jalan di Sokaraja terutama Jalan Jenderal Soedirman. Getuk yang digoreng juga bukan lagi getuk yang tidak laku dijual, melainkan sengaja dibuat untuk digoreng. Getuk goreng terbaru telah dimodifikasi dibuat dengan resep getuk goreng aneka rasa atau aneka isi misalnya isi coklat, keju, dll, resep getuk goreng crispy renyah, getuk goreng juga bisa dibuat dari bahan ubi jalar seperti pada resep getuk goreng ubi jalar, dll. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi getuk goreng Sokaraja sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka getuk singkong.

RESEP GETUK GORENG


BAHAN :
  • 1 kg singkong ubi kayu
  • 250 gram gula jawa
  • 75 gram tepung beras
  • 1 sdm terigu
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng
CARA MEMBUAT GETUK GORENG :
  1. Kupas singkong, buang sabutnya, lalu dipotong-potong dan direbus hingga matang.
  2. Iris halus gula jawa, lalu tambahkan sedikit air, kemudian rebus hingga gula melumat dan tercampur dengan air.
  3. Saat panas-panas, lumatkan singkong dan beri gula sedikit demi sedikit sampai tercampur dengan rata.
  4. Letakan getuk singkong di atas nampan, kemudian ratakan dengan tebal 2 centi meter, potong kotak-kotak dengan ukuran 5 x 4 centi meter atau menurut selera, sisihkan.
  5. Selanjutnya campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, serta air secukupnya hingga adonan menjadi cukup kental.
  6. Panaskan minyak, lalu celupkan getuk ke dalam adonan terigu sebelum proses penggorengan .
  7. Jika sudah dicelukan ke adonan terigu, goreng getuk singkong ke dalam minyak yang cukup panas hingga warna berubah menjadi kekuning-kuningan.
  8. Angkat dan tiriskan.
  9. Sajikan.

CARA MEMBUAT GETUK GORENG SOKARAJA KHAS BANYUMAS