CARA MEMBUAT DADAR GULUNG ISI KELAPA GULA MERAH

Resep Kue Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah Sederhana Spesial Asli Enak. Kue Dadar gulung hijau pandan daun suji masih masuk aneka kue basah tradisional asli asal Indonesia yang biasa disebut jajanan pasar tradisionil. Ciri khas kue enak, lembut, empuk dan spesial ini terletak pada kulitnya yang berwarna hijau yang terbuat dari perasan air daun suji dan pandan wangi. Walaupun ada yang berwarna coklat dengan isi pisang coklat, isi fla atau vla, dll, tapi ini hanyalah aneka kreasi isi dari jenis kue dadar ini. Ada lagi kreasi bentuk seperti kue dadar gulung mawar yang bentuknya seperti bunga mawar yang sedang merekah. Kue dadar gulung ini sering disebut atau disingkat dengan darlung.

Foto Kue Dadar Gulung Hijau Pandan Wangi isi Kelapa Gula Merah Spesial
Gambar Kue Dadar Gulung Ijo

Menurut situs Wikipedia. Kue dadar gulung (Melayu: kuih ketayap—dialek Sabah: kuih lenggang) merupakan makanan khas Indonesia dan Malaysia yang dapat digolongkan sebagai panekuk yang diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa cair. Isi ini disebut unti. Kulit dadar gulung berwarna hijau karena diberi pewarna daun suji.

Baca Juga :


Kue dadar gulung rasanya enak ini cepat basi jadi harus segera dihabiskan, sebaiknya jangan membuat banyak-banyak kecuali untuk jualan di pasar atau dititipkan ke warung-warung. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih dadar gulung isi kelapa gula merah manis gurih original kampung sajian sedap istimewa yang dilengkapi dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis lspsk aneka kue basah tradisional jajanan pasar.

RESEP KUE DADAR GULUNG


BAHAN :
  • 125 gram tepung terigu protein sedang atau segitiga biru
  • 1/2 sdm tepung kanji
  • 150 mili liter santan kental dari 1/4 butir kelapa
  • 1/2 sdt pasta pandan atau pewarna hijau makanan
  • 60 ml perasan daun suji
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1/4 sdt garam halus
BAHAN ISI :
  • 150 gram kelapa setengah tua, kupas, lalu parut memanjang
  • 50 gram gula merah atau gula jawa diiris halus
  • 2 sdm gula pasir
  • 25 ml air
  • 1/2 lembar daun pandan wangi, dipotong-potong kecil
  • 1/4 sdt garam halus
CARA MEMBUAT KUE DADAR GULUNG HIJAU ISI KELAPA GULA MERAH :
  1. Cara membuat Isi dadar gulung atau until namanya : pertama-tama campur kelapa parut, gula pasir, garam, dan daun pandan. aduk-aduk hingga rata.
  2. Masak di atas panci sampai tekstur kelapa sedikit mengering, angkat lalu dinginkan .
  3. Cara membuat Kulit dadar gulung hijau pandan wangi : pertama campur tepung terigu, tepung kanji, telur, pasta pandan dan garam, lalu aduk rata .
  4. Tuangkan santan, air perasan daun suji dengan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata. kemudian sarin.
  5. Panaskan wajan datar anti lengket yang telah diolesi dengan sedikit minyak goreng.
  6. Tuang setengah sendok sayur adonan , buat dadar tipis sampai matang . lakukan sampai adonan habis.
  7. Ambil satu lembar adonan kulit, beri satu sendok makan bahan isi yang sudah disiapkan tadi.
  8. Lipat bagian sisi kanan dan kiri kulitnya, kemudian gulung hingga rapi. lakukan hingga kulit dan adonan dasar sampai habis. atur atau susun dalam piring saji, siap dihidangkan.
Jangan lupa jika resep ini berguna untuk Anda jangan pelit untuk share atau berbagi resep ini di social media seperti facebook, twitter, dan google plus, kue dadar gulung pandan wangi ini cocok sekali di hidangkan sambil ngopi dengan minum resep kopi hitam atau resep kopi susu.

CARA MEMBUAT DADAR GULUNG ISI KELAPA GULA MERAH