CARA MEMBUAT JENGKOL BALADO KHAS PADANG TIDAK BAU

Resep Jengkol Balado Khas Padang Sederhana Spesial Super Pedas Asli Enak Tidak Bau. Masakan jengkol bumbu balado ala padang asli khas Minang Kabau lebih lezat dan super pedas dibanding jengkol balado betawi dan jengkol balado sunda yang cenderung manis karena campur kecap, Aneka kreasi olahan jengkol balado Minang ini ada yang dicampur teri. Di padang lebih dikenal sambal Jering dibaca jariang, Kalau di tempat saya Bengkulu lain lagi ini namanya Sambal Jengkol yak. Lagu yang lagi trend sekarang jengkol dicabein. Mantap banget Mang.

Foto Jengkol Balado Enak
Gambar Jengkol Balado Pedas

Para pecinta jengkol disebut jengkoler mau dimasak apapun Jengki pasti suka dan lahap makannya, jengkol muda mentah buat lalapan pun dimakan, apa lagi kancing levis jengkol tua ini dimasak balado pasti nambah nasi. Mari kita mulai menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, bumbu balado dan mulai memasak di dapur rumah desain minimalis daripada mikirin Harga BBM naik katanya ada sumbangan 1 juta barrel dari chevron dengan teknologi baru bisa mengahsilkan minyak mentah lagi dari sumur-sumur minyak tua, sudahlah mendingan makan jengkol balado merah mantap banget. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi jengkol balado merah tidak bau naga sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka sambal jengkol balado merah dan balado hijau yang lembut dan empuk dengan membuka warung makan, rumah makan jengkol ala restoran cafe resto. Sedangkan untuk jengkol kering Anda bisa mengolahnya menjadi jengkol balado goreng.

RESEP JENGKOL BALADO


BAHAN :
  • 1/4 kg jengkol yang matang
  • Minyak goreng
  • Air untuk merebus
  • 1/2 sdt kopi bubuk
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Rendang Jengkol

BUMBU HALUS :
  • 250 gram cabe pedas, giling kasar
  • 125 gram bawang merah - iris
  • 2 buah tomat - iris dadu
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdt jeruk lemon
  • Garam secukupnya
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Semur Jengkol

CARA MEMASAK JENGKOL BALADO PEDAS :
  1. Rebus jengkol, setengah matang masukkan kopi bubuk, rebus sampai empuk.
  2. Pukul-pukul pelan , agar sehingga bentuknya sedikit pipih
  3. Panaskan minyak. Masukkan jengkol goreng sebentar . Lalu angkat.
  4. Untuk bumbu yang dihaluskan, panaskan minyak lalu masukkan bumbu halus, goreng sampai bau menyengat cabe hilang. Masukkan air jeruk lemon, daun salam dan garam.
  5. Matikan kompor, tunggu sebentar lalu masukkan jengkol dan aduk hingga tercampur rata.
  6. Sajikan Jengkol Balado pedas dengan nasi putih.
TIPS & TRICKS :
  • Cara menghilangkan mulut karena bau jengkol adalah dengan gosok gigi, kumur-kumur antiseptik, makan timun dan makan permen mint nafas kembali segar. semoga bermanfaat.
  • Cara menghilangkan agar jengkol tidak bau yaitu dengan mengubur jengkol kedalam tanah 1 hari 1 malam ini namanya jengkol sepi.

CARA MEMBUAT JENGKOL BALADO KHAS PADANG TIDAK BAU