CARA MEMBUAT SATE MARANGGI SAPI KHAS PURWAKARTA CIANJUR

Resep Sate Maranggi Sapi Khas Sunda Cibungur, Purwakarta dan Cianjur, Jawa Barat Sederhana Spesial Asli Enak. Sate maranggi identik dengan sate sapi yang paling lezat dengan bumbu sate kecap manis khas Purwakarta dan khas Cianjur. Sate Maranggi adalah sate sapi dari daging sapi pilihan atau sate kambing yang dibumbui dengan kecap manis dan disajikan dengan sambal oncom dan uli bakar sebagai pelengkapnya tidak seperti sate sapi madura dengan bumbu kacang. sedangkan versi lain Sate Maranggi adalah sate daging sapi asli khas Purwakarta, Jawa Barat biasanya terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Namun ada juga yang berpendapat bahwa sate maranggi berasal dari Cianjur, ya mungkin karena letak geografis cianjur berdekatan dengan Purwakarta, daripada ribut saya beri judul artikel ini dengan "CARA MEMBUAT SATE MARANGGI KHAS CIANJUR PURWAKARTA". Adil khan?.

Foto Sate Maranggi Purwakarta Instagram Sajian Sedap
Gambar Sate Maranggi Bumbu Kecap

Penjaja atau pejual sate sapi maranggi dapat ditemukan hampir di setiap sudut Purwakarta, Plered, Cikampek, Cianjur, Cibungur, Bekasi, Depok, sebagian menjajakan dengan cara berkeliling. Yang membedakan sate maranggi dengan sate lainnya adalah bumbu rahasia terbuat dari kecap yang memiliki cita rasa paduan manis, asam, dan pedas yang menyentuh lidah kala menikmati sate berbumbu khas ini. Paduan rasa yang menggoda selera ini muncul karena bumbu sate maranggi terbuat dari kecap, sambal cabai hijau ditambah sedikit cuka lahang (cuka yang terbuat dari aren). Saat disajikan lengkap, bumbu kecap itu dilengkapi dengan irisan bawang merah dan tomat segar sedap dan spesial.

Biasanya sate maranggi daging sapi empuk dan lembut ketika dimakan dan dihidangkan dengan ketan bakar, sambal oncom atau nasi timbel ncc. Wow sangat komplit sekali, mantap. Kenyang banget dengan sajian sedap ini.

Pada saat ini, sate maranggi semakin populer dan terkenal di Jawa Barat sejak resep tahun 2008. Sate maranggi juga bisa kita temukan di kota besar seperti Bandung. Sebut saja Sate Maranggi Pak Jaya di Padasuka dan lain-lain. Malah telah tersebar sampai ke cikampek, karawang, tasikmalaya, garut, bogor, sukabumi, cipanas, bekasi, tangerang, bogor, jakarta, cibungur, plered dan kota lainnya. Hidangan ini cocok sebagai menu idul adha 1439 H atau lebaran haji atau hari raya kurban september 2019.

Hidangan Sate Maranggi ini pada 14 Desember 2012 dikukuhkan Kemenparekraf sebagai salah satu dari 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia (IKTI) dan telah menjadi kuliner khas Purwakarta, sehingga Stasiun Plered, menjadi Pusat Sate Maranggi Khas Purwakarta sama halnya dengan resep sate klatak khas jogja. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sate maranggi Khas Purwakarta Cibungur sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung sate dan rumah makan atau ala restoan cafe resto siap saji.

RESEP SATE MARANGGI SAPI


BAHAN :
  • 400 gram daging sapi has dalam, dipotong 2x2x1 cm atau daging kambing
  • 100 gram lemak sapi, dipotong 2x2x1 cm
  • 1 sdt minyak goreng
  • 2 sedm kecap manis
  • 24 buah tusuk sate
BUMBU HALUS :
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt garam
  • 40 gram gula merah, disisir halus

RESEP SAMBAL ONCOM ENAK


BAHAN :
  • 100 gram oncom, dihaluskan
  • 500 ml air
BUMBU HALUS :
  • 2 butir bawang merah
  • 2 buah cabai rawit merah
  • 1 buah cabai merah keriting
  • 2 1/4 sdt gula pasir
  • 3/4 sdt garam
  • 2 cm kencur
  • 1 cm jahe
BAHAN PELENGKAP :
CARA MEMASAK SATE MARANGGI :
  1. Rendam daging dan lemak sapi dalam campuran bumbu halus, minyak goreng, dan kecap manis. Remas-remas sampai rata. Diamkan 1 jam dalam lemari es.
  2. Tusuk-tusuk daging dan lemak secara bergantian ditusuk sate. Bakar sampai matang sambil dioles sisa bumbu rendaman.
  3. Sambal oncom: rebus air dan bumbu halus sampai mendidih. Tambahkan oncom. Masak sampai matang.
  4. Sajikan sate special dengan sambal oncom dan pelengkapnya.
  5. Sajikan untuk 24 tusuk.
Tukang Sate mau jualan dulu ya......te..sate....sate.....sateeee

CARA MEMBUAT SATE MARANGGI SAPI KHAS PURWAKARTA CIANJUR