CARA MEMBUAT KENTANG TUMBUK KEJU MASHED POTATO


Resep Kentang Tumbuk Keju (Mashed Potatoes) Sederhana Spesial Asli Enak. Kentang tumbuk ini bertekstur lembut dan empuk, mungkin bisa menjadi pilihan Bunda jika Anak mulai malas makan nasi untuk bayi juga bisa tapi resepnya sedikit berbeda dan khusus. Menu olahan kentang ini bisa disantap juga oleh orang dewasa juga karena rasanya yang gurih, selain itu ada campuran bahan lain, seperti sayuran wortel, peterseli/seledri, mentega tawar, susu cair, air kaldu, keju, dll, sehingga makanan ini bergizi tinggi dan penuh nutrisi. Cocok juga untuk menu utama makanan diet sehat tanpa nasi. Di bawah ini simak aneka resep olahan kentang lainnya yang tidak kalah menarik, mungkin bisa Anda jadikan ide dan inspirasi menu sahur dan menu buka puasa untuk diet sehat yang merupakan sajian sedap pada hari ini.

Resep kentang mustofa
Resep sambal goreng kentang
Resep potato wedges
Resep kentang goreng
Resep kentang balado
Resep perkedel kentang
Resep kentang panggang

Foto Resep Kentang Tumbuk Keju (Mashed Potatoes) Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kentang Tumbuk Keju Mashed Potatoes

Menurut situs Wikipedia defensisi dan sejarah asal usulnya, yaitu Kentang tumbuk atau Mashed Potatoes adalah makanan yang dibuat dengan cara menumbuk, menggiling, atau melumat kentang yang sudah direbus. Resep kentang tumbuk muncul pertama kali pada 1747 sebagai bagian dari buku resep The Art of Cookery oleh Hannah Glasse. Kentang tumbuk lezat yang sudah dikeringkan dan dibekukan, tersedia di pasar-pasar swalayan atau supermarket besar semacam hypermart.

Resep Mashed Potato itu nama tenarnya di luar negeri terutama negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, kalau di artikan ke dalam bahasa Indonesia kira-kira artinya kentang tumbuk. Berikut resep mashed potato kentang tumbuk lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan.

RESEP KENTANG TUMBUK (MASHED POTATO)


BAHAN :
  • 200 gram kentang, kupas, potong-potong
  • 50 gram wortel, kupas, potong-potong
  • 20 gram unsalted butter/mentega tawar
  • 30 ml susu cair (bisa dicampur dengan air kaldu)
  • Garam secukupnya
  • Peterseli atau seledri secukupnya
  • Keju parut, untuk taburan
CARA MEMBUAT KENTANG TUMBUK :
  1. Rebus kentang dan wortel hingga lunak.
  2. Pada saat masih hangat, tumbuk atau blender kentang dan wortel hingga lembut.
  3. Tuangi susu, masukkan mentega dan garam. Aduk hingga rata.
  4. Sajikan dengan ditaburi keju parut dan peterseli cincang.
TIPS & TRICKS :

Tips memasak kentang tumbuk mashed potato menurut situs Royco, Kentang tumbuk yang nikmat dan lembut adalah pasangan setia sajian steak daging yang lezat. Kentang tumbuk juga cocok untuk Anda yang harus makan makanan yang lembut tapi bosan dengan aneka bubur. Walaupun tampak sederhana, tapi kentang tumbuk yang diolah dengan cara yang salah akan menjadi seperti gumpalan kentang yang diberi lem, karena kanji dalam kentang bisa membuat kentang jadi saling menempel dan menggumpal. Lalu bagaimana caranya membuat kentang tumbuk yang sempurna?

Pada dasarnya Anda hanya membutuhkan kentang, mentega, krim atau susu, dan garam untuk membuat kentang tumbuk. Tapi karena bahan-bahan yang tidak terlalu beragam itulah Anda harus mampu mengolah kentang tumbuk dengan tepat agar rasanya nikmat. Cobalah beberapa tips memasak kentang tumbuk berikut ini :
  • Hangatkan susu atau krim yang Anda gunakan sebelum mencampurnya dengan kentang tumbuk Anda.
  • Campur mentega dengan kentang tumbuk sebelum Anda memasukkan krim atau susu. Penambahan mentega lebih dulu daripada krim atau susu akan membuat kanji pada kentang terlapisi oleh mentega, sehingga kentang menjadi lebih lembut.
  • Kalau Anda menggunakan mentega yang asin, berhati-hatilah saat membumbui kentang tumbuk Anda dengan garam. Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan mentega tanpa garam alias unsalted agar kentang tumbuk tidak keasinan.
  • Jangan gunakan blender atau food processor untuk menghaluskan kentang tumbuk Anda, karena kentang tumbuk yang akan Anda dapatkan akan bertekstur seperti lem. Haluskan kentang tumbuk Anda dengan garpu ataupun peralatan manual lainnya.
  • Anda tidak perlu mengupas atau memotong kentang saat merebus atau mengukus kentang. Kentang yang tidak dipotong atau dikupas akan menyerap lebih sedikit air, sehingga kentang tumbuk tidak menjadi berair dan kentang lebih mudah menyerap krim atau susu. Tapi jangan lupa untuk mencuci bersih kentang sebelum mengolahnya dan kupas kentang selagi panas sebelum dihaluskan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KENTANG TUMBUK KEJU MASHED POTATO