CARA MEMBUAT NASI LEMAK MALAYSIA SEDAP DAN WANGI

Resepi Nasi Lemak Malaysia Sederhana Komplit Spesial Paling Sedap dan Wangi Asli Enak. Nasi lemak itu nasi gurih lengkap ala Melayu yang mudah (simple) dan praktis membuatnya dengan rice cooker atau magic com pun juga bisa memasak atau membuatnya yang agak menyita waktu justru menyiapkan pelengkap dan memasak pelengkapnya agar menjadi sajian sedap yang super lezat untuk disantap. Baca Juga : Resep Nasi Minyak

Foto Nasi Lemak Rice Cooker Magic Com
Gambar Nasi Lemak Rice Cooker Magic Com

Nasi lemak adalah jenis makanan khas Suku Melayu yang lazim ditemukan di Malaysia di mana hidangan ini dianggap sebagai salah satu hidangan nasionalnya, dan Indonesia (khususnya di Riau dan Kepulauan Riau). Hidangan ini pun dapat ditemukan di Singapura, Singapore dan Brunei Darussalam. Makanan ini biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi.

Resep nasi lemak merujuk kepada nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa untuk memberikan citarasa gurih. Kadangkala daun pandan dimasukkan ketika nasi lemak dimasak untuk menambahkan aromanya. Istilah lemak dalam Bahasa Melayu atau lamak dalam Bahasa Minangkabau merujuk kepada rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan santan kelapa yang melepaskan kandungan lemak nabatinya ke dalam nasi yang tengah ditanak. Sir R. O. Winstedt telah menulis mengenai "nasi lemak" di Malaysia dalam bukunya "The Circumstances of Malay Life - 1909".

Nasi lemak biasanya dihidangkan dengan telur istimewa (yang direbus, digoreng mata sapi, atau didadar), irisan mentimun, ikan bilis atau teri goreng, dan sambal, cabai. Tetapi kini nasi lemak dijual dengan berbagai lauk-pauk seperti tempe, tahu, petai, kacang tanah goreng, kacang panjang, sate, daging, ayam, sotong, cumi-cumi, udang, kerang, ikan, limpa, dan ataupun hati sapi, yang juga sering disertai juga dengan parutan kelapa.

Kini nasi lemak banyak dijajakan di rumah makan, warung, jajanan pinggir jalan, maupun oleh penjaja makanan keliling. Nasi Lemak lazim disebut dengan nama demikian di Semenanjung Malaya, Sumatera, Singapura dan Brunei. Sementara di Jakarta hidangan yang mirip nasi lemak dikenal dengan nama resep nasi uduk Betawi, sedangkan di Jawa Tengah dengan nama sega liwet atau resep nasi liwet di Sunda, Bandung, Jawa Barat. Di Aceh hidangan yang mirip nasi lemak disebut nasi gurih. Sedangkan di Medan hidangan yang mirip nasi lemak namun dalam porsi bungkusan yang lebih kecil dan sedikit disebut nasi perang ada juga yang menyebutnya resep nasi lemak Medan.

Asal usul mula sejarah makanan nasi lemak kukus awalnya bukanlah satu makanan sarapan sehari-hari pada umumnya. Kebiasaan memakan nasi lemak dimulai sebagai suatu bekal makanan kepada petani-petani padi ataupun para pekerja perkebunan seperti karet, kelapa sawit, sayur-sayuran dan lain-lain. Di Malaysia, Nasi Lemak dalam kemasan daun pisang sering dibawa sebagai bekal ke kantor, karena makanan ini mampu memberi tenaga kepada mereka ini. Berikut kumpulan resepi nasi lemak Malaya, Melayu, Malaysia sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka nasi gurih.





RESEPI NASI LEMAK MALAYSIA


BAHAN :
  • 500 ml santan dari 600 gram kelapa parut
  • 500 gram beras
  • 1/2 sdm garam
  • 4 lembar daun pandan
  • 20 gram jahe (Separuh diparut dan diambil airnya, separuh lagi dimemarkan)

RESEPI SAMBAL IKAN BILIS


BAHAN :
  • 3 buah cabai merah
  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 50 gram ikan bilis, digoreng kering. Ikan Bilis adalah sejenis ikan air tawar yang berukuran sebesar teri dan badannya gilig. Boleh diganti dengan teri jengki tawar
BAHAN PELENGKAP :
  • 2 butir telur, buat dadar iris tipis
  • 1 buah mentimun, iris tipis serong
  • Kari ayam
CARA MENANAK NASI LEMAK MALAYSIA :
Foto Resepi Nasi Lemak Mudah Step By Step Sedap
Gambar Nasi Lemak Step By Step

  1. Cuci bersih, rendam dalam air selama 1 jam, tiriskan. Siapkan panci, taruh beras, santan, garam, jahe, dan daun pandan.
  2. Masak di atas api kecil selama 10 menit sampai air habis terserap (diaron). Angkat. Kukus beras aron dalam dandang panas sampai matang (selama 30 menit).
CARA MEMBUAT SAMBAL IKAN BILIS :
  1. Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan serai sampai harum.
  2. Masukkan garam dan gula pasir, aduk rata. Tambahkan ikan bilis goreng, aduk rata, angkat.
CARA PENYAJIAN :
  1. Sajikan nasi lemak
  2. Bersama sambal ikan bilis, mentimun dadar telur, dan kari ayam.
TIPS & TRICKS :
  • Membuat nasi lemak lebih praktis dengan memakai rice cooker.
  • Caranya, campur semua bahan dalam wadah khusus rice cooker, lalu proses seperti memasak nasi biasa sampai matang.

CARA MEMBUAT NASI LEMAK MALAYSIA SEDAP DAN WANGI