CARA MEMBUAT PERMEN GULALI TRADISIONAL ANEKA KREASI


Resep Permen Gulali Tradisional Aneka Kreasi dan Rasa Sederhana Spesial Asli Enak. Ada yang masih ingat dengan jajanan jadul permen gula gulali?. kalau arum manis? Gulali adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang cukup populer pada masanya sebagai jajanan anak-anak dalam bentuk gula-gula atau manisan. Tempo Doeloe jaman dulu (jadul) belum banyak permen atau lolipop atau permen kojek kemasan seperti sekarang ini, anak-anak lebih suka membeli gulali jadul yang dijajakan oleh Abang abang pedagang keliling kampung yang mirip sama kembang gula Betawi. Macam-macam jenis permen gulali atau gula gula ini lumayan banyak, diantaranya gulali rambut nenek, gulali sutra, gulali gula pasir, gulali tarik, dll.

Namun di jaman modern sekarang sulit menemukan para pedangang keliling permen gulali ini mungkin terkikis dengan persaingan oleh permen model lainnya terutama pedagang gulali gula pasir yang berwarna-warni dan bisa dibentuk macam-macam binatang, kalau permen gulali lainnya banyak tersedia di toko makanan tempo doeloe yang menjual makanan jadul kita diajak untuk bernostalgia menikmati sajian makanan jadoel dan jajanan jaman dulu sewaktu kita masih kecil di masa lalu.

Permen gulali terdiri dari 4 empat macam jenis, diantaranya :
  1. Permen Gulali Gula Jawa Kacang Tanah. Jenis yang paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa atau gula merah. Konon, gulali jenis ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai macam permen yang ada saat ini. Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah mirip permen ting ting kacang.
  2. Permen Gulali Gula Pasir. Jenis gulali yang terbuat dari gula pasir. Gulali ini lebih berwarna karena para Abang2 pedagang biasanya memberikan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnya lebih menarik jika dibentuk. Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi aneka kreasi binatang, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll, sehingga anak-anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini terkadang bisa ditiup untuk menghasilkan siulan layaknya peluit tukang parkir atau polisi dan security SATPAM.
  3. Permen Gulali Rambut Nenek. Gulali ini terbuat dari gula pasir dicampur dengan tepung. Para Abang abang pedagang biasanya menarik-narik adonan dasar gulali ini sedemikian rupa hingga berbentuk seperti mie atau seperti benang sutra. Kebanyakan orang menyebut gulali ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya Gulali Rambut Nenek. Konon orang Cina sering menyebut gulali ini sebagai jenggot seekor naga.
  4. Permen Gulali Arum Manis. Jenis gulali yang terakhir dibuat dengan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus namanya Mesin Arum Manis. Jika serat-serat tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas makanya sering disebut permen kapas (Cotton Candy). Di Indonesia gulali jenis ini lebih populer dengan nama arum manis. Usaha Arum Manis ini sudah di franchise kan di Indonesia. Setiap permen gulali ada asal usul atau asal mulanya termasuk permen gulali harum manis ini.

Menurut Wikipedia gulali. Gulali adalah sejenis penganan yang dibuat dari pintalan gula kenyal yang dibakar terlebih dahulu. Penganan ini pertama kali diperkenalkan pada 1904 oleh William Morrison dan John C. Wharton, di St. Louis World's Fair dengan nama "Fairy Floss" (benang peri) dengan sukses besar. Mereka berhasil menjual 68.655 kotak dengan harga yang cukup mahal saat itu, yaitu AS$0,25, atau setengah dari harga tiket masuk ke ajang pameran tersebut.

Gulali dibuat dari gula yang diberi pewarna makanan. Mesin gulali modern bekerja dengan cara yang sama dengan mesin-mesin yang lama. Bagian tengah mesin itu terdiri dari sebuah wadah kecil. Ke dalamnya dimasukkan gula dan pewarna makanan. Pemanas dekat tepian wadah itu mencairkan gulanya, yang kemudian diputar melalui lubang-lubang kecil dan hasilnya dipadatkan oleh udara. Kemudian benang-benang itu dikumpulkan pada sebuah wadah logam yang besar. Operator mesin memutar-mutar sepotong kayu kecil atau sebuah kerucut karton (orang yang lebih berpengalaman biasanya menggunakan tangan mereka sendiri) sekeliling tepian wadah besar penangkap gulali untuk mengumpulkannya.

Sebagian besar gulali terdiri dari udara sehingga hasilnya seringkali besar. Sebuah kerucut gulali biasanya mencapai ukuran sebesar bola basket. Memakan gulali biasanya adalah bagian dari kunjungan ke pasar malam atau sirkus. Warna gulali yang paling populer adalah merah jambu. Favorit yang lain adalah campuran warna merah jambu, ungu dan biru.

Gulali terasa manis dan lengket. Meskipun kelihatan seperti benang wol, gulali segera mencair di dalam mulut. Ia juga berubah menjadi lengket bila terkena uap air. Karena gulanya bersifat higroskopis, dan mempunyai ruang permukaan yang sangat luas, ia akan menjadi makin kasar, keras, dan biasanya tidak begitu halus lagi setelah terpapar atmosfer. Dalam iklim yang lembap gulali harus segera dimakan dalam beberapa jam, atau ia akan mengeras. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi permen gulali sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk usaha bisnis jualan permen jadul atau jajanan tempo doeloe (dibaca dulu).





RESEP PERMEN GULALI GULA JAWA


BAHAN :
Foto Permen Gulali Gula Jawa Kacang Tanah Tradisional

  • 500 gram gula jawa yang sudah dihaluskan
  • 125 ml air atau secukupnya
  • Kacang tanah potong kecil-kecil
  • Tusuk sate
CARA MEMBUAT PERMEN GULALI GULA JAWA :
  1. Masukkan gula merah dan air ke dalam wajan kemudian aduk-aduk hingga tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu letakan wajan tersebut di atasnya.
  2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukkan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
  3. Jika sudah mengental, silahkan celupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda dapat membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut dengan plastik lalu masukan ke dalam toples.
  4. Sajikan.

RESEP PERMEN GULALI GULA PASIR


Foto RESEP PERMEN GULALI GULA PASIR
Gambar Permen Gulali Gula Pasir

BAHAN :
  • 1 kg gula pasir putih
  • 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
  • 1 sdm Citric Acid Citrun cap gajah (Asam Citrun) atau sitrun atau asam sitrat
  • 100 ml Air matang 3/4 gelas sedang
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Permen Jelly

ALAT-ALAT :
  • 1 Centong kayu untuk mengaduk gulali
  • 1 Sendok makan
  • 1 Wajan besar
CARA MEMBUAT PERMEN GULALI GULA PASIR :
  1. Masukkan gula pasir, lalu masukkan semua bahan kedalam wajan. Aduk sampai rata dengan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti sampai 10-12 menit gulali matang.
  2. Matikan kompor tetap pelan-pelan diaduk.
  3. Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
  4. Masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam tips cara membuat gulali agar tidak keras. Supaya mudah untuk dibentuk.
  5. Gulali siap dibentuk sesuai kreatifitas.
  6. Sajikan.

* Citric Acid atau Asam Sitrat atau yang lebih dikenal dengan Citrun merupakan asam organic. Penggunaan utama asam sitrat saat ini adalah sebagai zat pemberi cita rasa dan pengawet makanan dan minuman, terutama minuman ringan dan permen gulali ini jadi agak terasa asam. Dibalik khasiat dan manfaatnya tapi juga berbahaya dalam penggunaan terlalu banyak karena ada efek sampingnya. Citric Acid sitrun ini juga dapat membersihkan kamar mandi, untuk wajah, untuk menjernihkan air. Jadi bijaklah menggunakan bahan kimia ini. Bahan ini banyak dijual di toko bahan kimia, warung, dan juga di toko online. Jika perlu tidak usah pakai bahan ini tetap jadi gulali kok dan mudah dibentuk asal disimpan dalam wadah topless yang tertutup rapat dan tetap kenyal.

RESEP PERMEN GULALI RAMBUT NENEK


Foto Permen Gulali Rambut Nenek
Gambar Gulali Rambut Nenek

BAHAN :
  • 500 gram gula pasir
  • 125 ml air atau secukupnya
  • Pewarna makanan sesuai warna yang diinginkan
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya
CARA MEMBUAT PERMEN GULALI RAMBUT NENEK :
  1. Tuang minyak goreng ke dalam wajan lalu panaskan di atas kompor. Masukkan tepung terigunya lalu aduk-aduk hingga baunya harum dan berwarna sedikit kecoklatan.
  2. Selanjutnya tuang tepung terigu yang sudah disangrai tersebut ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan secara merata dan diamkan hingga panasnya menghilang. Sambil menunggu dingin, silahkan membuat adonan gulalinya.
  3. CARA MEMBUAT ADONAN GULALI. Sama seperti di atas, yakni campurkan gula pasir, air, dan pewarna ke dalam wajan. Setelah itu panaskan dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat wajan tersebut lalu diamkan sebentar hingga mulai mengental.
  4. Setelah itu tuangkan adonan tersebut ke atas tepung terigu. Nah sekarang silahkan tarik-tarik adonannya hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit namun jika sering melatihnya maka Anda akan dapat membentuknya dalam waktu yang cepat.
  5. Sajikan.

RESEP PERMEN ARUM MANIS


Foto Arum Manis
Gambar Harum Manis

BAHAN :
  • Gula pasir
  • Pewarna makanan
ALAT - ALAT :
  • Siapkan Cotton Candy Machine/Mesin untuk membuat Arum Manis
  • Stick bambu/Cone Stick untuk menggulung Arum Manis
Jika ingin dipasarkan/untuk membuka peluang usaha :
  • Pilih dan buat kemasan (plastik) yang bagus dan menarik agar konsumen atau pembeli tertarik.
  • Tentukan tempat yang strategis agar orang mudah untuk mencarinya untuk membeli.
CARA MEMBUAT PERMEN ARUM MANIS :
  1. Campurkan gula dengan pewarna makanan yang diinginkan aduk-aduk hingga rata.
  2. Nyalakan mesin dan pemanas hingga mesin siap untuk digunakan.
  3. Masukkan gula yang sudah diberi pewarna makanan ke dalam mesin, tunggulah beberapa saat hingga keluar serabut gula halus dari mesin.
  4. Gulung serabut gula halus dengan stick cone. Gulung hingga ukuran yang sesuai keinginan.
  5. Arum Manis siap dinikmati (masukkan kedalam kemasan plastik jika ingin dipasarkan)
  6. CARA MEMBUAT COTTON CANDY : Masukkan gula pasir ke wadah Pemanas Potton Candy, lalu tekan tombol ON, mesin akan mulai bekerja memanaskan gula dan berputar, setelah gula mencair akan terbentuk kabut gulali, setelah kabut arumanis terbentuk cukup tebal, matikan mesin, ambil cotton candy yang terbentuk dengan menggunakan stik, putar stick gula kapas sehingga bentuknya tebal dan bagus. Masukan dalam kantong plastik, siap untuk dihidangkan atau dijual.
  7. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PERMEN GULALI TRADISIONAL ANEKA KREASI