CARA MEMBUAT DODOL BETAWI KETAN HITAM

Resep Dodol Betawi Sederhana Spesial Asli Enak. Agar supaya adonan dodol tidak gosong harus diaduk terus pakai jurus pengaduk dodol dengan apinya yang paling kecil. Si legit hitam manis atau coklat kehitaman ini sudah mulai turun pamor pasalnya tidak banyak generasi penerus yang mau meneruskan bisnis maupun tradisi membuat dodol original ala tradisional ini. Sebenarnya Anda juga bisa memasak dodol Betawi teflon untuk skala kecil rumahan tanpa wajan besar. Bisa ditonton prosesnya di youtube.

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kue Keranjang

Sebernarnya terdapat di beberapa daerah di Jakarta dan sekitarnya yang masih memproduksi dodol betawi, terutama di komunitas-komunitas warga Betawi rembuk, seperti dodol Condet Ibu Hj Mamas, Jakarta Timur, Bogor dan Bekasi. Selain warga Betawi, dodol betawi juga dibuat oleh kumpulan komunitas Tionghoa. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai usaha kecil.

Foto Dodol Betawi Tradisional Sajian Sedap
Gambar Dodol Betawi

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Dodol Ketan

Dodol betawi adalah jenis dodol khas suku Betawi berwarna hitam kecoklatan dengan variasi aneka rasa yang lebih sedikit dibanding dengan dodol dari daerah lain. Rasa dodol betawi hanya terdiri dari ketan putih, ketan hitam dan durian saja. Proses pembuatan dodol betawi sangat rumit. Bahan baku pembuatan yang terdiri dari ketan, gula merah, gula pasir dan santan harus dimasak di atas tungku dengan kayu bakar kayu selama 8 jam. Dodol betawi umumnya dibuat sebagai penganan khusus untuk pesta, bulan Ramadan, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Terutama menjelang hari raya lebaran, dodol betawi laris manis terjual. Karena proses pembuatannya yang rumit, hanya sedikit orang-orang yang ahli membuat dodol betawi tradisonal sehingga amat langkah ditemukan biasanya yang masih meneruskan tradisi ini adalah orang-orang tua. Karena rumit harus saling membantu. Jika ingin mencoba membuatnya sendiri. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi dodol Betawi manis legit NCC sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jual dodol Betawi Mak Salmah.

RESEP DODOL BETAWI


BAHAN :
  • 1 kg beras ketan
  • 700 gram gula merah
  • 700 gram gula pasir
  • 1 liter santan encer
  • 4 lembar daun pandan

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Dodol Garut

CARA MEMBUAT DODOL BETAWI :

Foto CARA MEMBUAT Adonan DODOL BETAWI
Gambar Adonan Dodol Betawi

  1. Masak gula pasir, gula merah, santan, daun pandan, sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah.
  2. Masak hingga mendidih dan gula larut lalu saring
  3. Kemudian masak lagi bersama tepung beras ketan
  4. Aduk hingga rata dengan api kecilMasak hingga matang dan mengental serta tidak lengket di wajan, proses memasaknya kurang lebih 8 jam.
  5. Kemasan dalam wadah plastik, potong-potong.
  6. Sajikan.

CARA MEMBUAT DODOL BETAWI KETAN HITAM