CARA MEMBUAT DODOL GARUT PICNIC ASLI

Resep Dodol Garut Picnic Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Kemasan kotak merah jambu dengan isi potongan dodol-dodol hitam dan cokelat susu dengan rasa legit yang selama bertahun-tahun sudah menjadi ikon Garut. Artikel kali ini bukannya mengungkap rahasia dodol picnic yang enak buatan Haji Iton tapi paling tidak tekstur dodol dan rasanya hampir mirip. Sedangkan untuk menyimpan artikel ini silahkan buat format pdf siapa tahu bermanfaat untuk usaha dan bisnis kue dodol tradisional khas Jawa Barat.

Foto Resep Dodol Garut Picnic Asli Enak
Gambar Dodol Garut Terbaru

Menurut situs Wikipedia. Dodol Garut (Aksara Sunda Baku: ᮓᮧᮓᮧᮜ᮪ ᮍᮛᮥᮒ᮪) merupakan camilan khas Sunda dari Kota Garut, Jawa Barat. Terdapat banyak varian Dodol Garut di antaranya dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah aneka rasa seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian, dodol mangga, dan dodol buah-buahan lainnya. Di samping itu, terdapat chocodot (cokelat isi dodol pertama di dunia) dan dodol piknik yang merupakan dodol paling populer sehingga menjadi salah satu ikon Kota Garut serta masih banyak jenis dodol lainnya. Dodol ini termasuk makanan camilan yang rasanya manis dan lezat yang dalam bahasa Inggris stupid.

Terdapat banyak sekali toko-toko atau warung-warung yang menyajikan dodol sebagai barang dagangannya. Di sepanjang jalan Kota Garut banyak penjual yang menjajakan Dodol Garut, terutama di jalan-jalan yang dijadikan sebagai pintu gerbang menuju ke daerah lain di sekitar Kota Garut.

Banyak orang yang menyukai kue Dodol Garut dalam bahasa Sunda ini karena rasanya yang khas yang membedakannya dengan dodol-dodol sejenis dari daerah lainnya di Indonesia.

Dodol Picnic khas Garut manis legit tak hanya menjadi oleh-oleh khas dari Garut, bahkan orang-orang dari Jakarta atau kota lain sekitar Garut pun menjadikan dodol ini menjadi oleh-oleh saat pulang kampung. Aneka kreasi dodol garut ada macam-macam, diantaranya ada dodol Garut zebra, dodol Garut warna warni, dodol Garut aneka rasa buah, dodol arut coklat, dodol Garut gula merah. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi dodol Garut picnic beserta gambarnya sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko dodol oleh-oleh khas Garut dan jadi agen dodol Garut biasa rasa original dan rasa buah kiloan maupun kemasan kotak atau kardus. Simak langkah-langkah proses pembuatan dodol Garut secara lengkap.

RESEP DODOL GARUT


Foto Dodol Garut Enak
Gambar Dodol Garut Legit

BAHAN :
  • 1 kg tepung ketan dari beras ketan
  • 2 sendok makan santan cair
  • 2 kg gula merah, diiris-iris halus
  • 2 ons gula pasir
  • 5 buah kelapa (santan kental)
  • 1/2 sdt garam atau sejumput

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Dodol Betawi

CARA MEMBUAT DODOL GARUT :
  1. Tepung beras ketan dan irisan gula merah dicampurkan dengan santan cair dan sedikit garam
  2. Lalu rebuslah hingga kental dan tuangkan santan kentalnya, juga gula pasir.
  3. Masak terus hingga kental sekali.(seperti bubur kurang lebih 3 1/2 jam).
  4. Proses selanjutnya tuang diatas tampah besar yang sebelumnya diberi kertas minyak,
  5. Setelah dituang lalu diolesi dengan minyak goreng hingga rata, dinginkan dulu lalu digulung hingga bulat / atau dipotong bentuk dodol sesuai selera
  6. Dodol dibungkus dengan kertas minyak kemudian masukkan ke dalam kotak dan siap dijual atau konsumsi sendiri di rumah.
  7. Sajikan.

CARA MEMBUAT DODOL GARUT PICNIC ASLI