CARA MEMBUAT APEM SELONG LEMBUT ISTIMEWA


Resep Apem Selong Sederhana Lembut dan Empuk Istimewa Spesial Asli Enak. Kue apem berserat ini adalah jenis jajanan kue basah tradisional khas Surabaya, Jawa Timur, biasanya untuk hidangan pada acara-acara khusus untuk para tamu. Kue spesial lezat ini sering disebut dengan apem selong, renda atau ceylon ini cukup bernaeka ragam dengan beraneka kreasi, seperti apem panggang, apem kukus dan kue apem selong yang tidak kalah populernya dibanding kue apem lainnya karena rasanya yang enak. Kue apem selong ini penampilannya mirip dengan serabi solo. Apa apem ini serabi solo? gimana bunda menurut Anda?. Beri komentar ya dibawah kalau perlu di share di facebook siapa tahu ada yang tahu jawabannya.

Foto Apem Selong Empuk
Gambar Apem Selong

Seperti jenis apem pada umumnya, apem selong sajian sedap juga berbentuk bundar, namun ada ciri khas dari apem selong ini jika dibandingkan dengan lainnya yaitu pada bagian tepi dari kue ini ada seperti kulit kering yang mengelilingi apem selong sehingga juga terlihat sangat menarik dan juga unik. Aneka kreasi olahan macam-macam apem selong, yaitu apem selong ncc, apem selong pakai tape, dan apem selong berserat, apem selong rainbow pelangi, apem nasi, apem selong signora, dan apem selong bogasari. Kue apem selong sederhana bisa juga dibuat tanpa telur dan tanpa air kelapa.

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Apem Nasi

Kue apem selong terbuat dari tepung beras dengan santan dan ada juga apem selong tape dengan hiasan potongan nangka atau potongan pandan diatasnya. Adapun tahap proses pembuatannya adalah sebagai berikut.





RESEP APEM SELONG


BAHAN :
  • 500 ml santan
  • 1/2 sendok makan ragi instan
  • 1/4 kg tepung beras
  • 1 butir telur
  • 125 ml air kelapa
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 225 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Apem Kukus Gula Merah

CARA MEMBUAT APEM SELONG JAWA :
  1. Siapkanlah wadah lalu campurkanlah bahan tepung terigu, telur, gula, ragi instan, terus aduklah sampai rata.
  2. Santan dan air kelapa dimasukkan sembari diaduk. Biarkan adonannya.
  3. Bila telah didiamkan adonan selama 60 menit dan tambahkan garam kemudian aduk lagi.
  4. Panaskan wajan lalu ambilah sesendok sayur adonan tuang melebar ke samping wajan dengan berputar.
  5. Selanjutnya, tutupilah wajan bila suka tika setengah matang dapat diberi potongan nangka juga potongan pandan pada atasnya atau bisa pula meises coklat, pisang, dan lain-lain. Disesuaikan dengan selera.
  6. Jika sudah matang, angkat, dinginkanlah.
TIPS & TRICKS :
  • Tips Resep Kue Apem Surabaya. Untuk menghasilkan apem yang berserat bagus, gunakan ragi yang masih bagus kondisinya dan gerakan spiral whisk yang naik turun agak lama.
  • Agar apem yang dihasilkan putih cantik, selalu gunakan gula kastor yang berwarna putih, serta santan dari kelapa yang dikupas bersih kulitnya sebelum diparut
  • Masukkan plastik pembungkus segera begitu apem selong sudah dingin, dan pinggiran masih keras agar mempermudah kerja kita
  • Sebaiknya gunakan santan yang sudah dididihkan dan mencampurkannya dalam kondisi hangat agar apem lebih tahan tanpa bahan pengawet, kemarin percobaan saya buat hari minggu siang sampai selasa pagi masih oke, empuk dan tidak basi selama masih dalam kemasan


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT APEM SELONG LEMBUT ISTIMEWA