CARA MEMBUAT KUE BOLU APEM NASI KUKUS

Resep Kue Bolu Apem Nasi Kukus Mekar Mengembang Merekah Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Nama lain dari kue ini adalah resep apem nasi kukus sederhana, karena cuma menggunakan campuran nasi putih baru atau nasi sisa semalam atau sisa kemarin dan uniknya dibuat tanpa telur. Apem nasi ukuran gelas ini juga banyak aneka kreasi dan variasi bahan, permainan warna, dan cetakan. Disini Saya menggunakan cetakan kue bolu, makanya saya sebut kue bolu apem yang dikukus tapi masih tergolong kue basah tradisional Indonesia. Jadi Anda yang tidak memiliki oven bisa membuatnya, karena Anda tidak perlu membuat apem bakar atau kue apem yang dibakar atau apem nasi panggang oven masa kini modern.

Foto Resep Kue Bolu Apem Nasi Kukus Mekar Mengembang Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Apem Nasi Kukus Mekar Menul

Resep apem nasi langsungenak ini bisa Bunda kreasikan dengan gula merah jadi apem nasi gula merah, warna pelangi jadi apem warna-warni pelangi (rainbow), tape atau tapai akan menjadi kue apem dari tape nasi, dll. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi apam nasi menul menul mekar mengembang berserat dan bersarang takaran gelas dan takaran sendok super lembut dan empuk banget sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah, dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko kue bolu yang murah meriah ekonomis laris manis.

RESEP APEM NASI KUKUS MEKAR


BAHAN :
  • 2 gelas belimbing nasi dingin
  • 2 gelas belimbing terigu
  • 2 gelas belimbing tepung beras
  • 1 1/2 gelas belimbing gula pasir
  • 2 1/2 gelas belimbing air
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt fermipan ragi roti untuk pengembang
  • Pewarna makanan sesuai selera warna warni

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Apem Selong

CARA MEMBUAT KUE BOLU APEM NASI KUKUS :
  1. Blender nasi, gula dan air sampai halus.
  2. Di wadah lain campurkan tepung terigu, tepung beras, fermipan, dan garam sampai tercampur rata.
  3. Masukkan nasi putih yang sudah di blender ke adonan tepung, aduk-aduk sampai tercampur rata.
  4. Diamkan adonan selama 2 jam.
  5. Panaskan kukusan.
  6. Masukkan adonan dasar ke dalam loyang yang sudah diberi minyak atau mentega.
  7. Kukus 40 menit, angkat.
  8. Sajikan.

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Apem Gula Merah

TIPS & TRICKS :
  • Kue Bolu Apem nasi sebaiknya dibuat untuk sekali habis karena tanpa pengawet makanan, kalau tidak habis simpan dan masukkan kedalam kulkas, jika mau dikonsumsi tinggal dikukus lagi.
  • Ragi atau ragi adalah suatu macam organisme ber-sel tunggal yang tergolong dalam 1 rumpun cendawan. Ragi berasal dari organism sebangsa jamur pemakan gula dengan nama Saccharomyces Cerevisieae yang akan menghasilkan CO2 dalam proses pembuatan adonan roti dan CO2 itu akan ditangkap /diperangkap oleh perekat sehingga roti bisa cepat mengembang. Cara berkembang biaknya ragi adalah dengan membelah diri. Fermipan adalah brand ragi yang diproduksi di Perancis dan telah dikenal luas oleh para tukang roti di berbagai negara di dunia.
  • Selamat mencoba.

CARA MEMBUAT KUE BOLU APEM NASI KUKUS