CARA MEMBUAT KECIMPRING SINGKONG PEDAS

Resep Kecimpring Singkong Pedas Manis Sederhana Spesial Asli Enak. Orang sunda menyebutnya kicimpring aneka rasa garing kriuk. Kecimpring adalah kerupuk dari singkong atau olahan dari singkong yang dibuat kerupuk. Makanan khas bandung ini belum sepopuler makanan lain, karena jarang orang yang membeli kerupuk kecimpring ini untuk dijadikan oleh-oleh khas Bandung, karena mungkin repot membawanya kalau sudah digoreng, sebenarnya bisa bawa yang masih mentah untuk oleh-oleh nanti digoreng sendiri di rumah. Lagipula keripik singkong ini masing-masing daerah sudah punya tersendiri cuma berbeda cara pembuatannya dan bumbunya saja serta namanya, di daerah lain mungkin namanya kerupuk singkong ada juga bahan dasarnya dari buah waluh atau buah labu dan kecimpring kari ebi lezat. Di daerah Jawa Barat bumi Parahiyangan ini banyak sekali pengrajin kicimpring sunda ini dari kab. Majalaya, kuningan, sumedang, khas garut, dll. Untuk mendapatkan kerupuk singkong alias kecimpring ini mudah bisa Anda dapatkan di toko oleh-oleh khas bandung atau membelinya di toko online Tokopedia atau Anda punya waktu bisa bikin sendiri di rumah resep lengkapnya ada di bawah artikel atau dibawah gambar kecimpring ini.

Foto Kerupuk Singkong Goreng Renyah
Gambar Kecimpring/Kicimpring

Keripik atau kerupuk singkong aneka rasa ada yang manis, asin, gurih, super pedas ini dijadikan camilan karena bisa dibuat aneka rasa dan kreasi, seperti manis, asin, gurih, serta pedas seperti opak singkong aneka rasa pedas manis kalau di daerah Jawa seperti di Gresik. Rasa pedasnya pun bisa dibuat dalam beberapa level tingkat kepedasan. Proses pembuatannya sederhana singkong diparut dibuat adonan dasar, diberi bumbu, lalu dbentuk tanpa cetakan hanya menggunakan alat garpu ditekan-tekan jadilah kecimpring kemudian dijemur hingga kering dan siap digoreng, akhirnya proses selesai, maka jadilah kecimpring goreng renyah Mang Ujang untuk siap dikemas kalau mau dijual atau konsumsi sendiri, beres...Katanya Kang Muslihat mau pensiun di film preman pensiun 2 (PP2) dan mau jualan Kecimpring kerupuk singkong ini keliling pakai sepeda..hehe. Ini penampakan gambar kecimpring Kang Mus. Pada preman pensiun season 3 (PP3) Kang Muslihat sudah mulai bisnis kicimpring belajar sama temannya di Kampung Babakan. Kecimpring itu apa ? Apa sih Kicimpring ? ini jawabannya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kecimpring singkong kaca aneka rasa pedas manis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang mudah simple, dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk ide jualan usaha bisnis kicimpring family laris harga murah meriah siap ekspor dan buat toko oleh-oleh khas Bandung. Kini juga tersedia kecimpring tepung beras.

Foto Kecimpring Singkong Khas Bandung Kang Muslihat
Gambar Kang Muslihat Jual Kicimpring Kang Mus

RESEP KICIMPRING


BAHAN :
  • 350 gram singkong ubi kayu, parut
  • 2 buah bawang putih, parut
  • 2 tangkai daun bawang, iris halus
  • 1 buah cabai keriting, iris halus
  • 1/2 sdt garam
  • Gula pasir sejumput
  • Minyak untuk menggoreng
Baca Juga :


CARA MEMBUAT KECIMPRING GURIH RENYAH :
  1. Parut singkong, hingga halus. Campurkan dengan semua bumbu, kemudian aduk rata
  2. Ambil kira-kira satu sendok makan adonan, taruh diatas tutup panci, ratakan hingga tipis. Buat motif dengan garpu.
  3. Taruh tutup panci di atas kukusan, kemudian kukus selama 5-7 menit, atau hingga singkong terlihat berwarna bening.
  4. Buka tutup panci, kemudian lepaskan singkong dari tutup panci, taruh di atas wadah yang datar, lalu jemur hingga kering selama 2-3 hari tergantung panasnya cuaca.
  5. Apabila sudah benar-benar kering, goreng hingga matang.
  6. Sajikan atau buat usaha jualan keripik kicimpring. Harga kicimpring kang mus 3 Rasa Original, Pedas, Extra Pedas bervariasi di film sinetron Preman Pensiun 4 berubah menjadi kicimpring family.

CARA MEMBUAT KECIMPRING SINGKONG PEDAS