CARA MEMBUAT PERMEN DALGONA COFFEE ALA KOREA

Resep Permen Dalgona Coffee Ppopgi Ala Korea Selatan Sederhana Spesial Asli Enak. Bosan dengan minuman kopi dalgona atau dalgona coffee mungkin Anda bisa coba buat permen atau manisan dalgona yang juga sedang viral dan kekinian di musim pandem virus corona atau covid 19 ini. Permen Korea Ppopgi (old-fashioned Korean sugar candy) ini merupakan jajanan khas Korea khususnya Korea Selatan yang berasal dari Busan. Anda juga bisa membuatnya sendiri untuk mengisi kegiatan semasa #dirumahaja jangan lupa cuci tangan dulu pakai sabun dan air mengalir sebelum membuat permen Korea ini.

Foto Resep Permen Dalgona Ppopgi Ala Korea Selatan Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Permen Dalgona Ppopgi Korean Candy

Dalgona adalah permen sponge traditional ala Korea Selatan, lebih tepatnya jajanan ringan di Korea Selatan yang disebut Dalgona atau ppopgi dalam bahasa Korea.

Dalgona adalah permen manis jadul (jaman dulu) dengan tekstur seperti spons/sponge, yang populer pada tahun 1970-an dan kini populer jadi makanan nostalgia masyarakat Korea Selatan. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan gula dan minyak untuk dijadikan sirup. Sirup gula ini dilelehkan di dalam wadah kecil seperti sendok sayur yang cukup besar. Setelah gula meleleh, para pedagang kaki lima yang menjajakan ppopgi ini akan membubuhkan sedikit baking soda ke dalam campuran gula tersebut sambil terus mengaduknya. Perlahan-lahan campuran tersebut akan mengembang dan berubah warna jadi coklat keemasan.

Baca Juga : Resep Kopi Dalgona

Setelah matang, campuran gula tersebut dituang ke permukaan datar dan diratakan hingga membentuk bulatan sempurna. Para pedagang itu pun mencetak beragam motif di atasnya untuk memberi aksen yang unik. Cara memakannya mudah saja, seperti halnya lolipop dengan stik.

Asal-usul Sejarah Dalgona

Dilansir dari gwangjunewsgic, dalgona dipercaya berasal dari Busan di tahun 1960-an. Pada 1970-1990, penjaja dalgona di kaki lima mengadakan tantangan seru untuk anak-anak yang membeli jajanan mereka. Jika ada yang bisa memecahkan ppopgi mengikuti bentuk cetakan unik yang berada di tengah tanpa merusak gambar itu sendiri, maka sang penjual akan memberikan permen gratis atau mainan kecil. Bentuk hiasan di tengah beragam mulai dari bintang, hati, dan masih banyak lagi. Dalgona mulai menghilang sejak 1980-an karena isu seperti kualitas yang kurang baik dan produksi yang kurang bersih. Namun kini sesekali penjaja dalgona masih bisa ditemukan di tempat wisata atau taman-taman di Korea Selatan.

Tak hanya di Korea Dalgona atau ppopgi ini adalah nama lain dari permen gula yang populer di dunia. Dalgona dikenal dengan banyak nama lain mulai dari honeycomb candy, sponge toffee, atau cinder toffee. Dilansir dari BBC, honeycomb toffee punya karakteristik khusus seperti bentuknya yang memiliki lubang-lubang udara yang menyerupai sarang lebah. Lubang-lubang ini terbentuk karena adanya reaksi kimia antara baking soda dengan bahan-bahan lainnya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi permen dalgona ppopgi squid game di Netflix viral kekinian baru-baru ini sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis permen manisan atau gula-gula.

RESEP PERMEN DALGONA KOREA


BAHAN :
  • 1 sdt gula pasir
  • Baking soda / soda kue (kalau dibuat tanpa baking soda kurang maksimal)
PERALATAN :
  • Sendok sayur besi
  • Wajan / wadah antilengket
  • Mangkuk / tutup gelas besi dgn permukaan rata
  • Cetakan cookies single (boleh skip)
  • Sumpit kayu
CARA MEMBUAT PERMEN DALGONA KOREA :
  1. Siapkan wajan / wadah antilengket taburi baking soda.
  2. Siapkan mangkuk / tutup gelas yg terbuat dari metal (bagian luar alat ini dipakai untuk mencetak adonan permen). Taburi bagian permukaan yg akan dipakai untuk mencetak dengan baking soda, supaya adonan permen yg panas tidak lengket.
  3. Ambil sendok sayur besi, taruh 1 sdt gula di atasnya.
  4. Panaskan gula di atas kompor dengan api sedang. Usahakan jarak sendok sayur cukup dekat tetapi tidak menempel dengan api.
  5. Aduk cepat dengan menggunakan sumpit kayu, bila gula menggumpal segera ratakan, jangan sampai gosong. Aduk sampai gula mencair seluruhnya.
  6. Setelah adonan gula mencair, ambil sedikit baking soda dengan ujung sumpit sebanyak 2 kali.
  7. Aduk rata adonan di atas api sampai adonan naik dan berubah warna.
  8. Tuang adonan di atas wadah antilengket yang sudah ditaburi baking soda (masukkan sendok sayur ke dalam air agar sisa adonan tidak lengket di sendok).
  9. Segera tekan adonan dengan mangkuk / tutup gelas besi, dan segera angkat setelah permukaan adonan rata.
  10. Bisa juga berikan motif dengan menekan cetakan kue ke tengah adonan yang sudah rata permukaannya.
  11. Dalam beberapa menit, adonan akan segera mengeras dan siap dinikmati.
  12. Sajikan.

CARA MEMBUAT PERMEN DALGONA COFFEE ALA KOREA