CARA MEMBUAT KOPI DALGONA COFFEE VIRAL KEKINIAN

Resep Kopi Dalgona Coffee Nescafe Viral Kekinian Sederhana Spesial Asli Enak #DIRUMAHAJA. Sedang viral di media sosial membuat banyak orang ingin mencoba membuat resep Dalgona Coffee kekinian. Namun, bagi Anda yang tak bisa minum kopi Anda bisa membuat minuman dalgona tanpa kopi bubuk atau kopi instan kemasan siap pakai, sebaiknya pakai kopi hitam tanpa ampas seperti kopi Nescafe kalau kopi kapal api dan kopi hitam top coffee masih ada ampasnya. Cara membuatnya mudah. Jika kamu sudah pernah membuat Dalgona Coffee, cara membuat resep-resep di bawah ini cukup sama. Perbedaannya hanya bubuk kopi diganti dengan bahan-bahan minuman lain yang diracik ala Barista Bandung dengan rahasia mengembang maksimal.

Foto Resep Kopi Dalgona Viral Kekinian Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kopi Dalgona Viral Kekinian

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) tak lengkap tanpa minuman seperti kopi panas maupun kopi dingin seperti es kopi susu. Kreativitas netizen pun bermunculan dalam membuat kopi yang nikmat saat WFH dalam menghadapi pandemi virus corona atau covid 19. Salah satunya adalah 'kopi susu dalgona kekinian' yang sedang viral dan hit di media sosial di instagram, tiktok, facebook, dan twitter. Dalgona Coffee, Es Kopi Susu yang Hits di TikTok! Bikinnya Gampang Banget!.

Baca Juga : Resep Permen Dalgona

Kopi susu dalgona adalah kopi kental yang dibuat seperti karamel dan dicampur dengan susu segar. Nama 'Dalgona' berasal dari camilan di Korea Selatan yaitu karamel yang kental dan mengembang. Dalam bahasa Inggris disebut Dalgona Coffee Shop.

Membuat racikan kopi susu dalgona cukup mudah dilakukan dengan bahan-bahan yang juga mudah didapat. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kopi susu dalgona saat WFH lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan prkatis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kopi dalgona ala cafe resto tanpa mixer atau pakai mixer.

RESEP KOPI DALGONA


BAHAN :
  • 1 sdm kopi bubuk (kopi yang tidak memiliki ampas, dapat berupa kopi kemasan atau kopi instan seperti nescafe)
  • 1 sdm makan gula
  • 1 sdm air
  • Takaran kopi, gula dan air adalah 1:1:1
  • Susu segar setengah gelas
  • Es batu secukupnya
CARA MEMBUAT KOPI DALGONA :
  1. Campurkan kopi bubuk, gula, dan air. Aduk hingga mengental dan mengembang sampai berbentuk seperti karamel.
  2. Campuran kopi dapat dibakar sebentar di api kompor untuk memunculkan aroma dan tekstur.
  3. Siapkan susu segar dan es batu di dalam gelas.
  4. Tuangkan kopi kental ke dalam gelas.
  5. Sajikan.
Berikut ini beberapa aneka variasi olahan minuman segar resep dalgona selain menggunakan kopi dilansir dari klfoodie.com. RESEP DALGONA TANPA KOPI BUBUK

RESEP DALGONA MATCHA GREEN TEA


BAHAN :
  • 1 sdm bubuk matcha
  • 1 putih telur
  • 1/4 gelas gula putih
  • 1/4 gelas air
  • 1 gelas susu
CARA MEMBUAT DALGONA MATCHA GREEN TEA :
  1. Pisahkan putih telur ke mangkuk kecil. Dengan menggunakan kocokan atau mixer elektrik, kocok telur hingga berbusa dan bertekstur halus serta lembut.
  2. Campur gula dan air di dalam panci sambil dipanaskan di atas kompor. Biarnya larutan gula hingga mendidih dan jangan aduk campuran tersebut.
  3. Perlahan-lahan tuangkan sirup gula yang sudah mendidih tersebut ke dalam mangkuk yang terdapat putih telur yang sudah dikocok tadi. Aduk campuran tersebut hingga mengkilap.
  4. Tambahkan bubuk matcha dan aduk hingga campuran tersebut punya konsistensi yang halus.
  5. Terakhir, tuangkan susu ke dalam gelas. Tambahkan es batu, dan tuangkan adonan ke atasnya.
  6. Sajikan.

RESEP DALGONA MILO


BAHAN :
  • 2 sdm bubuk Milo
  • 2 sdm gula putih
  • 2 sdm air panas
  • 1 gelas susu
CARA MEMBUAT DALGONA MILO :
  1. Campur bubuk Milo, gula, dan air panas dalam mangkuk kecil. Gunakan kocokan tangan atau mixer elektrik. Kocok adonan sekitar 3-5 menit, atau yang banyak orang bilang hingga 400 kali kocokan.
  2. Tunggu hingga adonan punya konsistensi yang tebal dan creamy. Artinya adonan sudah siap.
  3. Tuangkan susu ke dalam gelas, tambahkan es dan tuangkan adonan di atas susu. Taburkan sedikit bubuk Milo di atasnya.
  4. Sajikan.

RESEP DALGONA MILK TEA


Pembuatan Dalgona Milk Tea atau dalam bahasa Indonesia dalgona teh susu ini agak berbeda dari yang lain. Resep ini menggunakan dalgona “asli” atau permen gula Korea tradisional.

BAHAN :
  • Teh secukupnya
  • Susu segar secukupnya
  • 2 sdm gula putih
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdm air panas
  • Es batu secukupnya
CARA MEMBUAT DALGONA MILK TEA :
  1. Lelehkan gula di atas kompor hingga mencair dan berwarna kecokelatan. Setelahnya, tambahkan baking soda ke dalam sirup dula dan aduk hingga memiliki konsistensi yang lengket.
  2. Tuang campuran tersebut ke atas kertas perkamen atau kertas roti. Kertas jenis ini tidak akan menempel pada bahan makanan. Biasanya digunakan untuk proses memanggang. Dalam membuat dalgona, kertas ini digunakan agar campuran gula yang lengket itu tidak menempel pada kertas. Setelah menuangkan adonan gula di atas kertas perkamen, biarkan hingga dingin dan mengeras selama sekitar satu jam. Pecahkan dan potong-potong permen gula yang sudah keras tersebut menggunakan pisau.
  3. Lalu buat campuran milk tea. Tuang susu ke dalam gelas, tambahkan es batu, lalu campurkan teh secukupnya. Lalu taburkan potongan permen dalgona di atasnya.
  4. Sajikan.
Jangan lupa untuk mengabadikan setiap langkah proses pembuatan kopi susu dalgona saat WFH, lalu bagikan ke media sosial Anda untuk pencitraan.

CARA MEMBUAT KOPI DALGONA COFFEE VIRAL KEKINIAN