CARA MEMBUAT DULCE DE LECHE PRAKTIS

Resep Dulce De Leche Praktis Sederhana Spesial Asli Enak Buatan Sendiri Ala Rumahan. Dulce de leche dalam bahasa Spanyol berarti gula karamel dalam susu. Saus karamel ini berasal dari susu kental manis yang dimasak dalam waktu lama. Karamel ini lezat untuk isi roti atau olesan roti, pie, campuran cake, bolu, atau topping es krim bahkan bisa untuk campuran puding, agar-agar, jelly atau permen gula-gula karamel yang manis dan tentunya enak.

Foto Resep Dulce De Leche Praktis Sederhana Spesial Asli Enak Buatan Sendiri Ala Rumahan
Gambar Dulce De Leche Praktis

Menurut Wikipedia, Dulce de leche (bahasa Spanyol: artinya "Gula-gula susu") atau Doce de Leite (bahasa portugis: Gula-gula susu), adalah sebuah konsentrat yang terbuat dari susu. Konsentrat ini tersedia dalam bentuk cair dan gula-gula. Cara pembuatannya adalah dengan merebus susu manis dengan api kecil sehingga rasanya berubah seperti karamel. Dulce de leche juga merupakan pelengkap roti dan berbagai hidangan penutup Argentina.

Dulce de leche sangat terkenal di Argentina dan Uruguay, juga Paraguay dan Brasil. Di Prancis, dulce de leche dikenal sebagai Confiture de lait.

Dulche de leche adalah saus manis serbaguna dari susu kental manis yang dipanaskan hingga berkaramelisasi. Dulce de leche beda dengan saus karamel karena gurih dan legit mirip selai susu (milk jam).

SEJARAH

Asal-usul Dulce De leche. Banyak cerita mengenai asal muasal dulce de leche. Salah satunya adalah seorang caudillo Argentina Juan Manuel de Rosas, pada abad ke-19. Suatu hari di musim dingin di rumah Rosas, saat itu pembantu Rosas sedang membuat lechada sebuah minuman yang terbuat dari susu dan gula yang direbus sampai berubah seperti karamel, lalu seseorang mengetuk pintu. Sang pembantu secara tidak sengaja lupa mematikan api ketika membuka pintu, tetapi saat kembali ke dapur, susu itu telah hangus dan berubah menjadi dulce de leche atau susu karamel.

Baca Juga :


Trik yang tengah disukai adalah membuatnya dari sekaleng susu kental manis yang dipanaskan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi cara membuatnya lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue dan cake lezat.

Cara pembuatannya pun bermacam-macam, diantaranya :
  1. Merebus kaleng susu kental manis yang telah dilepas kertas pembungkusnya dalam panci sekitar 3-4 jam.
  2. Menggunakan panci tim (double boiler).
  3. Menggunakan oven atau microwave. Susu kental manis dituang ke dalam loyang pie lalu tutup dengan alumunium foil, lalu masukkan ke dalam oven dengan meletakkan loyang pie di atas loyang berisi air seperti teknik au bain marie.
  4. Memanaskan susu kental manis dalam panci presto dalam waktu sekitar 40 menit.
  5. Menggunakan slow cooker membutuhkan waktu sekitar 8-10 jam.
  6. Menggunakan magic jar atau magic com, rice cooker membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam.

RESEP DULCE DE LECHE PANCI BIASA


BAHAN :
  • 1 Kaleng Susu Kental Manis (SKM)
  • Air secukupnya sampai seukuran panci yang akan digunakan untuk memasak.
CARA MEMBUAT DULCE DE LECHE PANCI BIASA :
  1. Lepaskan label susu kental manis lalu benamkan kaleng dalam panci berisi air.
  2. Nyalakan api besar, didihkan air.
  3. Kecilkan api, panaskan kaleng berisi susu sekitar 90 menit. Jaga agar permukaan air selalu berada di atas kaleng.
  4. Buka kaleng ketika sudah tidak panas. Warnanya akan berubah menjadi cokelat muda atau seperti permen karamel.
  5. Sajikan sebagai campuran bahan pie, siraman dessert, atau sesimpel pemanis minuman.

RESEP DULCE DE LECHE MAGIC JAR


BAHAN :
  • 1 kaleng susu kental manis (SKM)
  • Air secukupnya sampai seukuran panci yang akan digunakan untuk memasak.
CARA MEMASAK DULCE DE LECHE MAGIC JAR :
  1. Lepas kertas pembungkus dari kaleng susu kental manis.
  2. Masukkan ke dalam magic jar lalu isi dengan air sampai kaleng terendam sepenuhnya. Tekan tombol ‘cook’ dengan posisi tutupnya terbuka.
  3. Cek setiap 30 menit, pastikan posisi air harus selalu menutupi kaleng. Bila berkurang, tambahkan air panas kembali.
  4. Masak selama 5 jam. Angkat dan biarkan dalam suhu ruangan. Jangan dibuka dalam keadaan panas. Setelah dingin, baru dibuka dengan pembuka kaleng.
  5. Pindahkan dulce de leche ke dalam stoples/topless.
  6. Dulce de leche siap dinikmati dengan roti atau camilan lainnya.
  7. Cara menyimpan dulce de leche. Saring, tuang ke dalam wadah kaca tertutup rapat dan simpan di dalam lemari pendingin atau kulkas. Baik digunakan dalam jangka waktu 1 bulan.

* Hati-hati dalam merebus kaleng susu kental manis (SKM) sebaiknya menggunakan api sedang. Pastikan air berada di atas permukaan kaleng SKM. Jika air mulai berkurang sebaiknya segera masukkan air mendidih. Kaleng yang tidak terendam air dapat menyebabkan kaleng meledak.

CARA MEMBUAT DULCE DE LECHE PRAKTIS