CARA MEMBUAT GULAI LOKAN PAKU KHAS MUKOMUKO BENGKULU

Resep Gulai Lokan Campur Paku Khas Mukomuko, Bengkulu Utara Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Bagi masyarakat kabupaten Mukomuko, tidak ada yang tidak mengenal gulai lokan dan sayur paku atau sayur pakis ini. Masakan gulai lokan ini tidak hanya ada di Kabupaten Mukomuko tapi tersebar dari Padang, Sumatera Barat, Bengkulu Utara sampai ke Kota Bengkulu dan beberapa wilayah di Palembang, Sumatera Selatan. Hanya saja gulai lokan khas Mukomuko ini dicampur dengan sayur paku atau sayur pakis, itulah keistimewaannya yang berbeda dengan gulai lokan Padang atau khas Padang tanpa campuran dan berkuah merah pedas gurih yang lebih mirip kalio atau rendang setengah matang.

Foto Resep Gulai Lokan Campur Paku Khas Mukomuko, Bengkulu Sederhana Spesial Pedas Asli Enak
Gambar Gulai Lokan Paku Mukomuko

Sekedar menambah wawasan ilmu pengetahuan carabuatresep mania. Kabupaten Mukomuko adalah salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu, Indonesia, sebagai pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Utara.

Baca Juga : Resep Rendang Lokan

Lokan (Polymesoda) adalah sebangsa kerang air tawar atau kijing yang hidup di dasar sungai yang banyak hidup di dasar sungai di wilayah Bengkulu, sedangkan paku (Cycas sp) tumbuhan pakis yang tumbuh di pinggir sungai atau siring. Masyarakat Mukomuko lebih mengenal pakis dengan nama paku.

Foto Lokan Kerang Air Tawar
Gambar Lokan Kerang Air Tawar

Gulai kerang lokan paku atau pakis hampir di gemari oleh seluruh masyarakat Muko muko rasanya lezat dengan bumbu bercita rasa pedas asin dan gurih berbeda dengan cita rasa rendang lokan Padang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Bila Anda ingin mencoba memasak gulai lokan paku, pastikan lokan yang Anda beli masih dalam keasdaan hidup dan sudah besar, biasanya kerang lokan yang baru diambil mampu bertahan hidup tanpa direndam air selama 2 hari saja, namun bila Anda belum mau mengolahnya lokan bisa Anda rendam dengan air tawar. Lokan akan bertahan hidup cukup lama hanya daging lokan akan sedikit mengecil atau kurus. Jadi bila Anda membeli kerang lokan sebaiknya segera diolah salah satunya dimasak gulai yang lezat ini. Selain itu lokan juga bisa diolah seperti makanan laut lainnya (seafood), misalnya diolah rendang, gulai, goreng seperti lokan saus tiram, rendang lokan, lokan saus Padang, lokan bumbu pedas, lokan kupas, lokan asam manis pedas atau tidak pedas, dll.

Baca Juga : Resep Gulai Paku

Tidak seperti pada lokan, pucuk paku atau pakis harus dipilih yang masih muda namun harus menunggu sedikit layu agar kandungan getahnya berkurang begitu tipsnya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi gulai lokan campur paku sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah, dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung makan, rumah makan seafood khas Bengkulu, restoran ala cafe resto siap saji.

RESEP GULAI LOKAN PAKU KHAS MUKOMUKO


Resep By : Erni S Ipuh

BAHAN :
  • 2 ikat paku/pakis
  • 1/4 kg Lokan kupas yang sudah dibersihkan
  • 3 sdm cabe halus
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 ruas lengkuas
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 1 iris asam kandis
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 200 cc santan kental
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya
CARA MEMASAK GULAI LOKAN CAMPUR PAKU KHAS MUKOMUKO :
  1. Potong-potong sayuran paku sesuai selera serta cuci bersih lokan yang sudah diambil dari cangkangnya, tiriskan.
  2. Giling halus semua bumbu kecuali daun salam dan serai dimemarkan.
  3. Tumis semua bumbu sampai harum lalu masukan lokan, daun salam dan serai aduk sampai lokan tertutup bumbu.Tuangkan santan dan air secukupnya, biarkan mendidih hingga lokan hampir masak, lalu masukkan sayuran paku masak hingga sayuran lunak, terakhir masukkan asam kandis, garam dan sedikit penyedap rasa.
  4. Sajikan gulai lokan dan paku bersama nasi putih hangat/panas.

TIPS & TRICKS :

Cara Memasak Lokan Agar Empuk Tidak Alot atau Keras

Agar Empuk Gurih, Rebus Kerang dengan Cara Ini dan berlaku juga untuk macam-macam jenis kerang lainnya :

Kerang segar sangat gurih dan enak untuk diolah menjadi beragam lauk. Namun, sebelum dimasak, rebus dulu kerang dengan cara tepat.
Kerang-kerangan ada beragam jenis kerang hijau, kerang putih dan kerang darah yang umum diolah menjadi beragam masakan. Saat membeli pastikan kerang dalam keadaan segar atau hidup.
Taruh kerang dalam keranjang lalu cuci di bawah air mengalir. Sikat cangkang kerang hingga lumut dan kotoran di luarnya bersih. Singkirkan kerang yang busuk. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.
Didihkan air secukupnya dalam panci, beri beberapa lembar daun jeruk purut. Masukkan kerang yang sudah dicuci. Jangan menambahkan garam karena kerang rasanya sudah gurih. Didihkan hingga cangkang kerang terbuka. Matikan api, tiriskan kerang.
Kerang sudah siap dikonsumsi. Bisa langsung dimasak dengan bumbu sesuai selera. Atau buang cangkang kerang dan kerang bisa dimakan langsung.
Sedangkan untuk olahan praktis bisa dipakai cara ini. Panaskan mentega hingga leleh dan tumis bawang putih cincang hingga wangi. Masukkan sedikit cabai merah giling dan kerang rebus yang masih bercangkang dan aduk cepat hingga rata. Angkat, kucuri sedikit air jeruk lemon. Kerang sudah siap dinikmati dengan sepiring nasi panas atau hangat awas dijamin nambah.

CARA MEMBUAT GULAI LOKAN PAKU KHAS MUKOMUKO BENGKULU