CARA MEMBUAT IKAN PARI MASAK KUCAI KHAS BANGKA BELITUNG

Resep Pari Masak Kucai Khas Bangka Belitung (BABEL) Sederhana Spesial Super Pedas Asli Enak. Masek Pari, kuliner Bangka berbahan dasar ikan pari yang rasanya jauh lebih pedas. Kuliner ini lebih pedas dari lempah kuning khas Pulau Bangka yang cita rasanya juga pedas. Sekalipun ini kuliner khas, namun hanya ada di bagian selatan Pulau Bangka saja, seperti di sebagian Toboali, Tukak Sadai, Pulau Lepar dan Pulau Pongok.

Foto Resep Pari Masak Kucai Khas Bangka Belitung (BABEL) Sederhana Spesial Super Pedas Asli Enak
Gambar Ikan Pari Masak Kucai Khas Babel

Menurut Darwance Law. Sebagaimana dengan namanya, kuliner super pedas yang satu ini memang terbuat dari ikan pari atau parik, salah satu biota laut yang mudah dikenali karena bentuk tubuhnya yang lebar bak bersayap. Apalagi saat ini ikan pari sudah berhasil menggebrak dunia kuliner sebagai salah satu santapan lezat yang telah disajikan disejumlah restoran mewah.

Cita rasanya yang khas dengan tekstur daging yang unik, menjadi salah satu faktor mengapa ikan pari begitu digemari sekarang. Pecinta kuliner selama ini mungkin menyantap pari dengan cara membakarnya, lalu mencelupnya dengan sambal sebelum melahapnya penuh nikmat. Namun tidak demikian dengan masyarakat yang berada di pesisir selatan Pulau Bangka.

Selain mengolah pari dengan menumisnya menggunakan bumbu Lempah Kuning, biasanya ikan pari segar dipotong-potong menyerupai gaple. Masyarakat juga sering memanggang ikan pari yang disebut menyalai, berasal dari kata salai. Sehingga, ikan pari yang sudah disalai disebut salai pari.

Secara linguistik, masek berasal dari kata masak dalam Bahasa Indonesia. Oleh karena logat orang Bangka yang Melayu, ejaan itu berubah menjadi masek, khususnya di Bangka Selatan. Selain itu, masek di Bangka Selatan juga mengarah pada masakan disana yang diolah dengan cara menumis bumbu yang telah dihaluskan, tetapi tanpa kuah. Sekalipun ada, kuahnya tak sebanyak tumis pada umumnya, seperti Masek Pari, Masek Ikan, Masek Terong, dan lain sebagainya.

Resep Masak Ikan Parik Kucai (Bangka Belitung). Pada dasarnya, bumbu untuk menghasilkan sajian Masek Pari tak berbeda dengan bumbu pada Lempah Kuning, yakni cabe, kunyit, dan belacan (terasi). Setelah dicampur dan dihaluskan, bumbu-bumbut itu lalu dimasukkan kedalam minyak goreng panas bercampur irisan bawang merah yang sudah matang.

Tumisan yang sudah mengeluarkan aroma harum itu diisi dengan air yang telah bercampur dengan perasan asam Jawa sampai mendidih. Lalu, bagaimana mengolah ikan pari? Ikan pari yang sudah disalai (salai pari), selanjutnya disiwir-siwir menyerupai suwiran ayam panggang pada bubur ayam.

Suwiran itu dicuci sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam bumbu yang sudah mendidih dalam kuali. Biasanya dalam masakan Masek Pari dicampur dengan kucai, sayuran sejenis tanaman bawang. Cita rasa kucai yang serupa bawang itu, menambah sensasi pedas pada Masek Pari yang memang sudah pedas luar biasa. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi masek ikan parik kucai sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis rumah makan khas Bangka Belitung atau restoran ala cafe resto siap saji.

RESEP MASAK IKAN PARIK KUCAI KHAS BANGKA BELITUNG


BAHAN :
  • 500 gram ikan pari, potong-potong
  • 5 sdm minyak, untuk menumis
  • 1 sdt asam, larutkan dengan sedikit air, saring
  • 200 ml air
  • 1 ikat kucai, potong
BUMBU DIHALUSKAN :
  • 3 butir kemiri
  • 5 cm lengkuas
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, iris
  • 2 cm kunyit
  • 1 1/2 sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
CARA MEMASAK MASAK IKAN PARIK KUCAI :
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Tuang air asam dan air, masak hingga mendidih.
  3. Masukkan ikan dan kucai, aduk don masak hingga air menyusut dan matang. Angkat.
  4. Sajikan.

CARA MEMBUAT IKAN PARI MASAK KUCAI KHAS BANGKA BELITUNG