CARA MEMBUAT MANISAN LIDAH BUAYA KERING BASAH (NATA DE ALOE VERA)

Resep Manisan Lidah Buaya Kering/Basah (Nata De Aloe Vera) Sederhana Spesial Lembut, Empuk dan Kenyal Asli Enak. Manisan lidah buaya memang tidak sepopuler dan terkenal seperti manisan buah yang jelas-jelas paling banyak disukai tapi sebenarnya soal rasa tidak kalah enak karena rasanya unik dan menarik untuk dicoba. Manisan lidah buaya juga bisa dibuat menjadi manisan lidah buaya kering yang bentuk dan teksturnya permen seperti khas Pontianak, Kalimantan Barat (KALBAR) dan manisan lidah buaya basah (nata de aloe vera). Selain itu lidah buaya juga bisa dibuat asinan lidah buaya. Bedanya apa? ya kalau manisan rasanya manis dan sebaliknya asinan rasanya manis.

Foto Resep Manisan Lidah Buaya Kering/Basah (Nata De Aloe Vera) Sederhana Spesial Lembut, Empuk dan Kenyal Asli Enak
Gambar Manisan Lidah Buaya Basah (Nata De Aloe Vera)

Manisan Lidah Buaya adalah olahan dari tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera). Manisan atau istilah bahasa Inggrisnya Nata De Aloe Vera sering juga disebut dengan agar-agar ini baik dikonsumsi oleh semua usia karena terbuat dari bahan alami yakni Lidah buaya dan gula juga bahan pewarna makanan yang diakui dan tanpa bahan pengawet berbahaya.

Baca Juga : Resep Nata De Coco

Lidah buaya. Jenis tanaman aloe vera yang banyak tumbuh dan dijadikan tanaman taman ternyata mempunyai khasiat luar biasa. selain menjadi bahan baku sampo dan bahan kosmetik, lidah buaya juga dapat diolah menjadi aneka makanan ringan, minuman seger dan permen atau manisan kering.

Foto Resep Manisan Permen Lidah Buaya Kering (Nata De Aloe Vera) Sederhana Spesial Lembut, Empuk dan Kenyal Asli Enak
Gambar Manisan Permen Lidah Buaya Kering

Seperti yang Carabuatresep bahas diposting sebelumnya, lidah buaya dapat diolah menjadi minuman segar yaitu sirup lidah buaya dan es lidah buaya segar. selain dibuat sirup dan es ternyata lidah buaya juga dapat diolah menjadi cemilan yang tak kalah enak. Seperti manisan kering yang lembut dan empuk serta kenyal tidak keras seperti permen jelly atau gula-gula atau manisan basah berkuah dan juga bisa dibuat menjadi asinan pedas. Buat yang sering terkena demam atau mempunyai riwayat darah tinggi dan yang mempunyai masalah pada pencernaan cemilan yang satu ini sangat bermanfaat sekali. Selain enak dikonsumsi manisan lidah buaya juga berfungsi sebagai obat herbal juga. Selain itu Gel lidah buaya juga berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan fungsi inilah lidah buaya mampu menghambat kerja virus HIV atau memberikan stimulasi terhadap sistem kerja kekebalan tubuh pada penderita AIDS yang sudah menurun drastis. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi manisan lidah buaya kering dan basah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis toko manisan dan asinan untuk oleh-oleh khas daerah.

RESEP MANISAN LIDAH BUAYA BASAH


BAHAN :
  • 5 kg lidah buaya
  • 2 kg gula putih atau gula pasir
  • Vanili secukupnya
  • 1/2 sdt garam
  • Air secukupnya
CARA MEMBUAT MANISAN LIDAH BUAYA BASAH :
  1. Kupas kulit lidah buaya, potong dagingnya, bentuklah sesuai selera.
  2. Rendam pada air panas selama 30 menit, sampai lendirnya hilang atau sampai bersih, lalu tiriskan airnya.
  3. Masak air sampai benar-benar mendidih.
  4. Masukkan lidah buaya yang sudah ditiriskan ke dalam panci yang berisi air mendidih.
  5. Masukkan gula putih, vanili, dan garam, aduk sampai rata, tunggu sampai mendidih.
  6. Setelah benar-benar meresap, angkat dinginkan dan siap dihidangkan.
  7. Sajikan dengan es batu untuk membuat minuman es lidah buaya, boleh tambahkan cengkeh, jeruk nipis, jeruk lemon, selasih, dll.

CARA MEMBUAT MANISAN LIDAH BUAYA KERING BASAH (NATA DE ALOE VERA)