CARA MEMBUAT ES LIDAH BUAYA SELASIH

Resep Es Lidah Buaya Selasih Sederhana Spesial Asli Enak. Selain enak dan seger, Lidah Buaya (Aloe Vera) sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, karena Lidah Buaya Mengandung enzim, asam amino, vitamin dan mineral. Sangat perlu diperhatikan dalam cara mengolah lidah buaya adalah kebersihannya, agar rasa pahit dan lendir dalam lidah buaya hilang. Fungsi tanaman lidah buaya sangat banyak selain untuk kecantikan rambut, masker wajah, campuran bahan-bahan kosmetik, dll bisa juga diolah menjadi aneka minuman segar seperti es lidah buaya selasih, es lidah buaya lemon, es lidah buaya khas Pontianak, Kalimantan Barat, es lidah buaya tanpa kapur sirih, es krim lidah buaya, es dawet lidah buaya, es cendol lidah buaya, es lidah buaya susu, dll. Itu bukti kalau lidah buaya juga dapat dipadukan dengan bahan-bahan lainnya sehingga menjadi minuman segar dan sehat.

Foto Resep Es Lidah Buaya Selasih Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Es Lidah Buaya Selasih

Menurut situs Wikipedia. Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.

Nama lain lidah buaya adalah Aloe vera yang mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Aloe vera juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit. Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut.

Khasiat dan Manfaat Di India lidah buaya banyak dikonsumsi masyarakat sebagai makanan ringan harian dan sebagai kosmetik alami. Salah satu masalah rutin yang kerap menimpa manusia seperti komedo bisa diatasi oleh lidah buaya, caranya pun cukup sederhana hanya dengan mengupas lidah buaya dan ambil intinya yang berupa lendir tersebut. Caranya dengan membasuhkan lendir lidah buaya ke area komedo. Lidah buaya berkhasiat menghaluskan dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Selain untuk penyembuhan, lidah buaya juga dapat memberikan kesegaran pada wajah.

Menurut Wong Coco Family, ternyata lidah buaya tidak hanya berguna untuk menyuburkan rambut dan memperkuat akar rambut, tapi juga bisa dikonsumsi. Dengan mengonsumsi lidah buaya secara rutin, juga dapat membantu mengontrol gula darah kamu.

Jika kamu kesulitan untuk mengolah lidah buaya, kamu bisa mengonsumsi Aloe Vera dari Wong Coco yang kaya akan serat dan baik untuk pencernaan atau Anda dapat membuatnya sendiri agar-agar manisan lidah buaya Nata De Aloe Vera.

Kesegaran dan rasa manis yang pas, menjadikan minuman yang menyehatkan ini cocok untuk bersantai disiang hari. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais lidah buaya sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis es gerobak ala Abang-abang keliling kampung atau kaki lima ataupun menjadi bagian dari menu minuman restoran ala cafe resto siap saji dan menjadi daftar minuman rumah makan.

RESEP ES LIDAH BUAYA SELASIH


BAHAN :
  • 500 gram lidah buaya
  • 1 sdm kapur sirih atau bisa tanpa kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 150 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 sdm sirup melon/ sirup cocopandan
  • 1 sdm biji selasih, rendam dalam air panas.
  • Air
  • Es Batu

Baca Juga : Resep Nata De Coco

CARA MEMBUAT ES LIDAH BUAYA SELASIH :
  1. Bersihkan Lidah buaya, kupas kulit lidah buaya lalu potong-potong bagian jelinya. Cuci bersih lidah buaya yang telah di potong dengan air, hingga lendir berkurang.
  2. Rendam potongan lidah buaya yang telah dicuci dalam air yang telah diberi kapur sirih dan garam selama kurang lebih 1 jam lalu bilas hingga bersih.
  3. Panaskan air kedalam panci, masukkan gula dan daun pandan, didihkan dengan api kecil. Masukkan lidah buaya, masak selama 5 menit dengan api sedang.
  4. Angkat dan saring. Sisihkan.
  5. Susun lidah buaya, es batu dan biji selasih. Tambahkan kuah rebusan dan es batu.
  6. Sajikan.

CARA MEMBUAT ES LIDAH BUAYA SELASIH