CARA MEMBUAT MUSTARD SAUCE SENDIRI

Resep Mustard Sauce Homemade Rumahan Sederhana Spesial Buatan Sendiri Asli Enak. Saus mustard instan atau moster siap pakai berupa cairan kental berupa pasta atau saus berwarna kuning namanya mustard kuning klasik (yellow mustard) atau mustard warna kuning kecoklatan dengan rasa tajam, dibuat dari biji moster yang dihaluskan sebelum diencerkan dengan air, cuka dan ditambah bahan-bahan lain seperti tepung. Bebeda bahan dengan cara membuat mustard untuk selat Solo. Artikel ini hanya membahas proses pegolahan mustard menjadi saos atau saus mustard tidak membahas cara membuat mustard oil atau minyak mustard racikan sendiri, Insha Allah kapan-kapan dibahas.

Foto Resep Mustard Sauce Homemade Rumahan Sederhana Spesial Buatan Sendiri Asli Enak
Gambar Mustard Sauce Homemade

Menurut situs Wikipedia. Moster atau mustar (dalam bahasa Belanda mosterd; dalam bahasa Inggris mustard) adalah salah satu rempah-rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi (beberapa jenis Brassica dan Sinapis) yang dihaluskan, sebelum diencerkan dengan air dan ditambah bahan-bahan lain. Rempah ini memiliki rasa agak pedas dan agak menyengat di lidah dan langit-langit mulut yang agak mirip dengan wasabi. Moster telah lama menjadi penyedap dalam khazanah boga Eropa.

Jenis moster tergantung dari bahan bakunya. Sumber moster adalah biji tanaman sesawi putih (Sinapis alba), sesawi hitam (Brassica nigra), atau sesawi coklat/India (Brassica juncea). Moster putih memberikan rasa yang paling "lembut", sedangkan moster hitam memberikan rasa pedas dan menyengat yang kuat. Jenis-jenis moster ini masih berkerabat dekat dengan sawi (B. rapa), rapa (B. napus) dan kubis (B. oleracea). Biji-biji tumbuhan kerabat ini sebetulnya juga dapat diolah menjadi moster tetapi aromanya kurang tajam sehingga jarang dipakai.

Moster dari Dijon dan Meaux sangat terkenal di seluruh dunia, begitu pula moster Inggris asal Norwich dan Tewkesbury. Moster biasanya dijual dalam kemasan botol gelas, botol plastik, atau dalam tube. Merek moster yang terkenal di Amerika Serikat, misalnya: Plochman's, French's dan Gulden's. Merek moster Amora dan Maille populer di Perancis, sedangkan merek Colman's lebih populer di Inggris. Di Jerman moster juga populer sebagai teman sosis bakar. Merek yang dominan adalah Tom's.

Moster kadang-kadang memiliki rasa sangat kuat dan bila dimakan berlebihan bisa menyebabkan orang yang memakan mengeluarkan air mata, membuat langit-langit mulut terasa panas dan merangsang jalur pernapasan. Sebagian orang perlu beberapa kali mencicipi moster sebelum terbiasa dan bisa menikmati rasa mustar, walaupun banyak juga orang yang tidak suka.

Moster siap pakai konon pertama kali dibuat orang Romawi yang mencampurkan sari buah anggur (must) dengan biji moster yang sudah dihaluskan. Hasilnya berupa penyedap yang disebut mustum ardens atau "must pedas".

Moster Dijon atau mustard dijon tidak dilindungi peraturan Uni Eropa yang disebut Perlindungan Indikasi Asal (PDO), sehingga moster yang tidak diproduksi di Dijon boleh disebut sebagai moster Dijon walaupun sebagian pabrik pengolahan moster juga terdapat di Dijon.

Moster Dijon atau mustard dijon dibuat dari biji tanaman moster coklat (Brassica juncea). Rempah-rempah lain seperti cengkeh juga sering ditambahkan ke dalam mustar. Pada tahun 1658, pemerintah Perancis sempat melarang penjualan moster produksi produsen yang tidak lulus sertifikasi karena moster sering ditambahkan bahan pengisi yang merugikan konsumen.

Penggunaan pada masakan. Moster digunakan sebagai penyedap masakan yang mengandung daging, khususnya daging dingin seperti ham. Orang Perancis suka memakan bistik dengan moster Dijon yang memiliki rasa yang kuat.

Moster ditambahkan sewaktu membuat beberapa jenis saus seperti mayones, vinaigrette dan saus barbekyu bbq atau saus barbeque. Saus untuk selada (dressing) yang menggunakan cuka dan minyak zaitun sering menggunakan moster sebagai perasa.

Moster tidak populer di Amerika hingga tersedianya "saus moster" dengan rasa yang tidak pedas, dibuat dari biji moster putih dengan tambahan pewarna kuning dari kunyit. "Honey Dijon" sangat digemari di Amerika karena rasanya yang manis karena dibuat dengan menambahkan madu pada moster Dijon.

Salah satu jenis moster yang disebut honey moster dipakai untuk sandwich dan teman makan kentang goreng dan onion ring. Moster juga merupakan penyedap yang tidak boleh ketinggalan sewaktu membuat hot dog.

Museum Mustard Mount Horeb di Mt. Horeb, Wisconsin mempunyai koleksi moster siap pakai yang terlengkap di dunia. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi saus mustard sauce takaran sendok dan takaran gelas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis saus mustard produksi sendiri.

RESEP MUSTARD SAUCE


BAHAN :
  • 6 biji sendok makan mustard, sekitar 50 gram
  • 1/2 cangkir mustard bubuk, sekitar 50 gram
  • 1/2 cangkir air atau bir (beer)
  • 3 sendok makan cuka (sari, anggur putih atau sherry)
  • 2 sendok teh garam, sekitar 5 gram
BAHAN OPTIONAL :
  • 1 sdt bubuk kunyit, untuk membuat mustard sangat kuning
  • 2 sendok makan madu, atau lebih untuk rasa
  • 1/4 cangkir cincang rempah segar (benar-benar apapun)
CARA MEMBUAT MUSTARD SENDIRI :
  1. Menggiling biji mustard seluruh selama beberapa detik dalam rempah-rempah atau penggiling kopi, atau dengan tangan dengan lesung dan alu. Anda ingin mereka sebagian besar seluruh karena Anda menggunakan bubuk mustard, juga.
  2. Tuang biji semi-tanah ke dalam mangkuk dan tambahkan garam dan mustard bubuk. Jika menggunakan, menambahkan salah satu bahan opsional, juga.
  3. Tuangkan dalam air atau bir, kemudian aduk rata. Ketika semuanya dimasukkan, biarkan ini duduk hingga 10 menit. Semakin lama Anda membiarkannya duduk, yang mellower mustard akan. Ketika Anda siap, tuangkan dalam cuka.
  4. Tuang ke dalam gelas dan simpan dalam lemari es. Ini akan menjadi berair pada awalnya. Jangan khawatir, itu akan menebal semalam. Tunggu minimal 12 jam sebelum menggunakan. Mustard dibuat dengan cara ini akan bertahan satu tahun di lemari es.

CARA MEMBUAT MUSTARD SAUCE SENDIRI