CARA MEMBUAT KUE PUTU BAMBU TEPUNG BERAS KELILING

Resep Kue Putu Bambu Tepung Beras Isi Gula Merah Tabur Kelapa Parut Sederhana Spesial Asli Enak Keliling Kampung. Jajanan kue tradisional super lembut dan empuk ini mudah sekali ditemukan dengan suara yang sangat khas seperti bunyi siulan padahal itu bunyi dari uap air panas, biasanya keliling komplek perumahan yang dijual oleh Mas-mas atau ala Abang-abang menggunakan sepeda ontel, gerobak dorong, dan gerobak pikul dengan berjalan kaki keliling komplek perumahan mencari rejeki untuk anak dan istri.

Foto Resep Kue Putu Bambu Tepung Beras Isi Gula Merah Tabur Parutan Kelapa Sederhana Spesial Asli Enak
Resep Kue Putu Bambu Tepung Beras

Menurut situs Wikipedia Kue putu (dari bahasa Jawa, puthu [ IPA: /puʈu/]) adalah jenis makanan Indonesia khas nusantara berupa kue yang berisi gula jawa atau gula merah dan diberi parutan kelapa di atasnya, tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi menarik bagi pedagang yang berjualan keliling memanggil anak-anak untuk jajan.

Kebanyakan warna dari kue putu tradisional ini adalah putih dan putu hijau pandan. Sejumlah pedagang masa kini mengganti bambu dengan pipa PVC dengan alasan kepraktisan, meskipun dari segi kesehatan penggunaan PVC membahayakan dan ada juga yang menggunakan cetakan cincin pipa besi ini mungkin yang dinamakan resep kue putu bambu tanpa bambu.

Kue putu bambu versi Bugis (Sulawesi Selatan) memakai beras ketan hitam tanpa gula inilah yang dinamakan resep putu tepung ketan. Putu dimakan dengan taburan parutan kelapa dan sambal. Putu Bugis hanya dijual pagi hari sebagai pengganti sarapan yang praktis. Selain itu ada juga versi resep kue putu bambu Medan.

Tungku pemasak putu bugis Putu bugis terbuat dari ketan hitam. Kue putu sendiri sudah merambah ke negara lain, seperti Singapura dan Malaysia, meskipun nama dan bentuk untuk kue ini sedikit berbeda, tetapi rasanya sendiri sama dengan kue putu tradisional Indonesia itu sendiri.

Saudara kembar dari kue putu ini adalah kue putu ayu atau kue putri ayu yang biasanya menggunakan cetakan kue mangkok atau mangkuk tanpa isi gula merah dengan menggunakan pakai tepung terigu. Nah, kue putu hijau atau ijo justru dengan ciri khas menggunakan cetakan dari bambu atau besi seperti bentuk cincin. Kue putu adalah salah satu kue yang banyak dijajakan dengan bunyi yang khas ini memang nikmat disantap selagi hangat atau masih panas. Tak perlu repot mencari bambu atau cetakan besi cincin untuk cetakkannya dengan cetakkan kue mangkuk pun kue ini bisa dibuat atau menggunakan cetakan lainpun bisa itu tergantung kreatifitas Anda.

Kue putu bambu masih termasuk jenis kue basah kukus tradisional yang cara memasaknya dengan cara dikukus yang teksturnya lembut dan empuk. Namanya mirip dengan kue putu mayang akan tetapi berbeda jauh resep dan cara penyajiannya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih putu bambu tepung beras gula merah cetakan bambu atau cetakan besi khusus untuk cetakan kue putu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan ide usaha bisnis kuliner aneka kue, semoga bisa menjadi inspirasi ide dan usaha untuk jualan Anda di daerah masing-masing dan bisa Anda kembangkan dengan aneka kreasi dan variasi bentuk, isi, warna, dan olahan lainnya ala Abang-abang pakai gerobak kaki lima atau keliling pakai sepeda Brompton jual kue putu modern keliling kampung atau komplek.

RESEP KUE PUTU GULA MERAH


BAHAN :
  • 200 gram tepung beras, dikukus 1 jam
  • 100 gram air mendidih
  • 1 sdm air daun suji dari 25 lembar + 3 lembar daun pandan yang ditumbuk lalu diperas tanpa air
  • 1/2 sdt garam
  • 4 tetes pewarna hijau
  • 100 gram gula merah, diiris tipis
  • 150 gram kelapa setengah tua, dikupas lalu diparut kasar ditambah 1/4 sendok teh garam, dikukus
  • 10 menit untuk taburan
CARA MEMBUAT KUE PUTU TEPUNG BERAS :
  1. Campur air mendidih, air daun suji, garam, dan pewarna hijau.
  2. Tuang ke dalam tepung beras. Aduk rata.
  3. Saring adonan sampai berbutir-butir.
  4. Sendokkan campuran tepung beras ke dalam cucing atau cetakan kue mangkuk atau bambu. Tekan dengan jari bagian tengahnya hingga membentuk lubang.
  5. Isi dengan gula merah iris. Tutup lagi dengan adonan, jangan ditekan.
  6. Kukus 30 menit.
  7. Sajikan hangat dengan taburan kelapa untuk 18 buah.

CARA MEMBUAT KUE PUTU BAMBU TEPUNG BERAS KELILING