CARA MEMBUAT KUE LAPIS JONGKONG KHAS SURABAYA

Resep Kue Lapis Jongkong Surabaya, Jawa Timur Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Lapis jongkong ini masih termasuk jenis golongan kue basah tradisinonal sering disebut kue lapis jongkong Surabaya atau sering juga disebut kue jongkong hitam. Ada beberapa daerah yang memiliki kue jongkong ini, sebut saja Palembang, Bangka dan Belitung, dll. Namun setiap daerah berbeda dalam hal pembuatannya, bahan, bentuk, pengolahan, dan penyajiannya ada jongkong cup atau gelas plastik. Kue jongkong khas Surabaya ini unik dan menarik dengan kombinasi lapis berwarna hitam dan hijau, warna hitam sendiri didapat dari air abu merang dan warna hijau dari rebusan air daun suji dan pandan.

Foto Resep Kue Lapis Jongkong Surabaya Hitam Lembut Sajian Sedap Sekejap
Gambar Kue Jongkong Surabaya Lapis Lembut

Air abu merang didapat dari membakar merang hitam diloyang sampai menjadi abu. taruh abu merang dimangkuk, beri 50 ml air, remas-remas lalu saring. Air abu merang inilah yang dipakai untuk resep Lapis Jongkong warna hitam. Kue jongkong Surabaya ini ada 2 varian ada kue jongkong hitam tanpa lapis hijau jadi menghilangkan warna hijau yang didapat dari rebusan air daun pandan dan daun suji.

Air daun suji untuk resep ini didapat dari 10 lembar daun pandan dan 30 lembar daun suji yang ditumbuk dan disaring. Air rebusan daun suji dan pandan inilah yang diapakai untuk warna hijau. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih lapis jongkong khas Surabaya sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue lapis yang empuk dan lembut disajikan dengan taburan kelapa parut.

RESEP JONGKONG KHAS SURABAYA


BAHAN :

BAHAN TABURAN :
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 1/4 sdt garam
BAHAN LAPIS :
  • 300 gram tepung beras
  • 75 gram tepung sagu
  • 300 gram gula pasir
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1.300 ml santan dari 2 butir kelapa
  • 100 ml air abu merang (dari 10 gram merang dan 100 ml air, disaring)
  • 100 ml air suji (dari 30 lembar daun suji dan 4 lembar daun pandan)
CARA MEMBUAT KUE LAPIS JONGKONG HITAM HIJAU :
  1. Taburan: aduk rata bahan taburan. Kukus 15 menit.
  2. Lapis: aduk rata tepung beras, tepung sagu, gula pasir, dan garam. Tuang santan. Aduk sampai licin. Bagi 2 adonan.
  3. Satu bagian tambahkan 100 ml air abu merang. Sisanya tambahkan 100 ml air suji.
  4. Tuang 125 ml adonan hijau di loyang 20x20x7 cm yang dioles minyak dan dialas plastik. Kukus 10 menit.
  5. Tuang 125 ml adonan hitam. Kukus 10 menit. Tuang 100 ml adonan hijau. Kukus 10 menit. Lakukan secara bergantian sampai adonan habis. Terakhir kukus 20 menit sampai matang.
  6. Potong-potong setelah dingin. Sajikan dengan kelapa parut.
  7. Sajikan untuk 16 potong.

CARA MEMBUAT KUE LAPIS JONGKONG KHAS SURABAYA