CARA MEMBUAT ES GOYOBOD KHAS BANDUNG

Resep Es Goyobod Khas Garut Sederhana Spesial Ceria Asli Enak. Goyobot adalah minuman es campur spesial khas Garut, Jawa Barat, namun banyak dijual di Bandung sekitarnya dan sangat berkembang di kota Bandung, bermunculan aneka kreasi goyobod tradisional yang segar dan enak ini, sebenarnya resep asli ada di Garut, berikut sejarah asal - usul mula es goyobod istimewa ini. Tekstur goyobod kenyal namun lembut dan empuk mirip jelly atau agar-agar.

Menurut situs Wikipedia Es goyobod adalah minuman dingin segar Indonesia khas Garut yang berbasis pada santan yang mirip dengan es campur. Minuman ini terbuat dari es serut, santan, gula cair, dan sari pati kacang hijau yang dibekukan yang dikenal sebagai hunkwe mirip bahan cendol kenyal dan resep es dawet. Bahan lainnya sebagai pelengkap termasuk alpukat dan kelapa yang diparut.

Menurut situs news detik dot com lain lagi segala sesuatu itu pasti ada asal usulnya atau asal mulanya, tak terkecuali dengan goyobod baca goyobot. Gokil alias Goyobod Kliningan misalnya yang resep goyobodnya asli datang dari keturunan pencipta goyobod langsung. Beginilah ceritanya.

Foto Es Goyobod Asli Garut Gokil Goyobot Kliningan
Gambar Es Goyobod Jabar

Pemilik Gokil, Arif (35) yang lebih nyaman disapa Kang Ucup ini mengatakan awalnya es goyobod ini dikenalkan oleh Abang Junaedi yang berjualan di kawasan Kwitang Jakarta Pusat. Usaha goyobod ini diteruskan oleh anaknya Aca sekitar tahun 1945-1950 di Jalan Banceuy. Lalu Aca pindah ke kota kelahirannya Pamitran Garut pada tahun 1958. Kepulangan Aca ke Garut karena keamanan Bandung sedang tidak stabil akibat peristiwa Bandung Lautan Api.

Usep Suryana, keturunan dari Aca mengembangkan es goyobod pada tahun 1958 sampai sekarang. Usep berjualan goyobod berkeliling dengan menggunakan roda. Sampai akhirnya menemukan tempat yang strategis yaitu di alun-alun Garut.

Ucup mengaku awalnya dirinya tidak terpikirkan untuk menjual goyobod. Selepas tahun 1998, setelah lulus dengan gelar sarjananya, Ucup memulai usaha menjadi kontraktor. Tapi karena saat itu usaha sedang lesu. Ucup pun membuka usaha sampingan dengan berdagang. "Sebelum berdagang goyobod pernah dagang baso, dagang sate kelinci," tutur Ucup. Saat itu Ucup berjualan di sebuah garasi yang diubahnya jadi tempat makan kecil.

Sampai akhirnya Ucup bertemu dengan Usep Suryana yang berjualan di alun-alun Garut dan belajar untuk membuat goyobod khas Sunda. Sampai akhirnya tahun 2000, Gokil pun resmi jadi jajanan di pinggiran Jalan Kliningan.

Setelah pamor Gokil naik, pedagang-pedagang abang-abang lain pun ingin ambil bagian. Kini area minum es goyobod menjadi lebih luas dan ramai. Garasi tempat berjualan dulu masih dibuka. Tapi untuk roda goyobod dipindahkan ke pinggiran Jalan Kliningan sehingga bisa terlihat dengan jelas. Area lainnya dipisahkan oleh jalan akses perumahan P&K. Di area parkir inilah berkumpul pedagang-pedagang lain dengan menu yang berbeda. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais goyobod ala Bandung Garut sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung es atau gerobak es keliling pinggir jalan ala Abang-abang kaki lima dengan menu baru es goyobod durian viral kekinian yang sedang ngehit.

RESEP ES GOYOBOD


BAHAN :
  • 50 gram tepung hunkwe atau tepung sagu
  • 1/4 sdt garam
  • 425 ml air
Baca Juga : Resep Es Cendol

BAHAN SIROP GULA :
  • 175 gram gula pasir
  • 300 ml air
  • 2 lembar daun pandan

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Es Kopyor

BAHAN PELENGKAP :
  • 100 gram avokad, diambil dagingnya, dipotong kotak
  • 100 gram kelapa degan, dikeruk panjang
  • 100 gram kolang-kaling, diseduh air panas, dibelah dua bagian
  • 25 gram pacar cina merah, direbus
  • 150 gram tapai singkong, dipotong-potong
  • 150 gram tapai ketan hitam
  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa, direbus bersama 1/4 sendok teh garam sambil diaduk sampai mendidih
  • 100 gram susu kental manis
  • 700 gram es serut
CARA MEMBUAT ES GOYOBOD KHAS GARUT :
  1. Aduk rata tepung hunkwe dan air hingga rata. Rebus di atas api sedang sambil diaduk sampai kental dan meletup-letup. Tuang ke dalam loyang 24x12x4 cm. Ratakan dan biarkan beku. Keluarkan dari cetakan. Potong-potong. Sisihkan.
  2. Sirop gula, campur gula, air, dan daun pandan. Rebus sampai mendidih dan gula larut. Angkat dan saring. Sisihkan. Biarkan dingin.
  3. Tata potongan goyobod, avokad, kelapa degan, kolang-kaling, pacar cina, tapai singkong, dan tapai ketan hitam di dalam mangkuk.
  4. Siramkan sirop gula, santan, dan susu kental manis. Tambahkan es serut.
  5. Sajikan untuk 7 porsi

Tags :

CARA MEMBUAT ES GOYOBOD KHAS BANDUNG