CARA MEMBUAT KERUPUK UYEL PUTIH KERITING

Resep Kerupuk Uyel Putih Keriting Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Kerupuk uyel adalah kerupuk putih atau dikenal kerupuk kampung, seperti mie keriting terbuat dari tepung tapioka dicampur tepung terigu, pada umumnya berwarna putih, ada juga yang membuat aneka variasi warna, seperti warna kuning, hijau dan pink untuk daya tarik tapi tetaplah yang berwarna putih yang lebih laris yang disukai oleh pembeli karena tidak menggunakan zat pewarna makanan, lebih asli, untuk aneka rasa biasanya dengan penambahan rasa ikan asli, udang, bawang dan seledri. Kerupuk ini terbuat dari apa? yaitu campuran tepung terigu dan tepung tapioka atau aci warna originalnya memang berwarna putih namun ada juga kerupuk uyel warna warni, seperti warna kuning, pink, dll.

Foto Kerupuk Uyel Putih Besar Spesial Asli Enak
Gambar Kerupuk Uyel Putih

Uyel-uyel itu maksudnya keriting memang untuk membentuk kerupuk biasa ini dengan cara di uyel-uyel membentuk keriting. Peranan kerupuk ini sangat penting untuk pelengkap makan soto ayam dan soto daging, lontong kari, resep sate ayam dan, sate kambing, sate daging sapi, resep bakso sapi, resep mie kocok, resep mie jawa, resep mie godhog, mie tek tek, serombotan, resep lotek, gado-gado, ketoprak, rujak, ketupat sayur, tipat tahu, plecing kangkung, enak juga dimakan bersama nasi putih dan sayur atau gulai, dll. Pokoknya cocok dimakan bersama makanan apapun termasuk makan resep nasi goreng, walaupun nasi goreng pada umumnya menggunakan kerupuk kuning atau kerupuk seblak.

Kerupuk Uyel atau Kerupuk Putih garing atau renyah ini biasanya banyak disediakan dengan kemasan dalam kaleng atau bungkus plastik di rumah makan padang, warteg, dan rumah makan sunda, warung makan, dll. Untuk ukuran bermacam-macam dibuat oleh pabrik kerupuk dari ukuran kecil, sedang sampai yang besar jumbo. Daerah penghasil kerupuk enak dan terkenal adalah sentra kerupuk Ciamis bermacam-macam aneka kerupuk di produksi disini baik dengan mesin atau tanpa mesin alias manual untuk cetak kerupuk uyel mentah, selain itu ada juga di daerah Jawa, Sumatera, Bali, dll, memang kebanyakan yang memproduksi kerupuk ini adalah orang Jawa dan Sunda, karena mereka yang punya resep aslinya dari bikin kerupuk mentah sampai kerupuk goreng, jika Anda ingin membuat sendiri atau bikin kerupuk sendiri mudah dan praktis untuk skala rumahan silahkan coba. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kerupuk putih uyel keriting renyah crispy garing kriuk warna putih sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka krupuk uyel keriting warna warni pink, kuning, dll dan juga bisa dengan membuka pabrik kerupuk dan keripik.

Baca Juga Artikel Menarik : Cara Membuat Kerupuk Ikan Asli Khas Palembang

RESEP KERUPUK UYEL KERITING


BAHAN :
  • 500 gram tepung tapioka
  • 50 gram tepung terigu
  • 125 ml air
  • 20 gram garam
  • 15 gram bawang putih
  • 15 gram gula pasir
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT KERUPUK UYEL GURIH RENYAH :
  1. Tumbuk dan goreng bawang putih. Dinginkan dan campur dengan garam, gula pasir dan penyedap rasa.
  2. Tambahkan tepung tapioka dan terigu. Tuang air sambil diuleni hingga kalis. Tambah pewarna jika suka.
  3. Cetak berbentuk bulat keriting (uyel-uyel) dengan cetakan berlubang kecil-kecil atau menggunakan alat manual seadanya.
  4. Kukus hingga matang, kurang lebih 15-25 menit.
  5. Jemur hingga kering di bawah panas matahari.
  6. Panaskan minyak, goreng hingga matang. Angkat, tiriskan
  7. Sajikan.

CARA MEMBUAT KERUPUK UYEL PUTIH KERITING