CARA MEMBUAT KUE CUBIT ENAK ALA ABANG-ABANG

Resep Kue Cubit Sederhana Abang-abang Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak Banget. Dari namanya kue unik terbaru ini keren sekali, Kue cubit setengah matang atau matang ini memiliki tekstur lembut dan empuk rasanya manis dan termasuk jenis kue basah tradisional atau jajanan pasar jadul. Nama lain dari kue cubit enak adalah kue laba-laba mungkin karena ada taburan meses coklat ditengah kue menyerupai sarang laba-laba, sehingga kue lezat ini disebut kue laba-laba klasik Abang2. Kue ini sering dijajakan oleh Abang-abang di Jakarta atau mamang-mamang di Bandung pakai gerobak/rombong biasa dijual didepan sekolah SD (sekolah dasar) memang jajanan anak. Contoh gambar kue cubit Aneka bentuk dan aneka rasa dan kreasi olahan resep kue cubit terlengkap.

Foto Kue Cubit Aneka Rasa Topping
Gambar Kue Cubit Tradisional

Menurut situs Wikipedia. Kue cubit adalah jajanan populer di Jakarta. Kue berukuran kecil ini (diameter sekitar 4 cm) dan biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima. Kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja, dan dalam beberapa menit telah masak.

Kue ini dimakan menggunakan 2 batang lidi tebal yang menyerupai sumpit. Kue ini mendapatkan namanya karena kue yang matang diambil dengan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga terlihat seperti dicubit.

Pada Tahun 2017 kue cubit Jaman dulu (jadul) telah berinovasi dan masuk kedalam menu makanan ringan di cafe atau restoran terkenal. Kue Cubit juga memiliki banyak variasi rasa modern yang dikenal dengan kue cubit aneka topping dan aneka rasa, beberapa diantaranya yaitu:
Kue cubit istimewa bukan sambil makan kue terus cubit-cubitan sama calon jodoh tapi makannnya memang lebih nikmat dengan dicubit-cubit bersama pacar atau kekasih apalagi makan kuenya masih panas ditemani secangkir kopi panas dengan suana hujan. Wow sangat romantis ya. Apalagi mau malam tahun baru ini.

Keunggulan dari resep kue cubit, adalah :
  1. Tidak perlu mikser (mixer), cukup pakai whisk aja tanpa mixer. karena itu tidak banyak alat yang harus dicuci dan tidak perlu khawatir listirk di rumah turun atau jeglek alias padam, karena untuk membuat kue cubit ini tidak menggunakan daya listrik yang tinggi.
  2. Bahannya sederhana, tidak perlu ragi/yeast. bahan pengembang yang digunakan adalah baking powder asli.
  3. Membuatnya sangat mudah, praktis dan cepat menurut ncc.
Ini resep kue cubit original yang dibuat secara tradisional. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih cubit lezat lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka bentuk kue cubit yang lembut lumer di mulut di jual di gerobak kaki lima di pinggir jalan.

RESEP KUE CUBIT LABA-LABA TRADISIONAL ALA ABANG2


BAHAN :
  • 100 gram gula pasir
  • 150 gram terigu
  • 2 butir telur
  • 100 ml susu cair plain (misalnya susu Ultra UHT)
  • 1 sdt baking powder sedikit essens vanila meises, keju, kismis, dll sebagai taburan
CARA MEMBUAT KUE CUBIT PALING ENAK :
  1. Campur dalam 1 wadah gula pasir, terigu, telur, baking powder dan vanila. Aduk rata dengan whisker atau kalau gak ada bisa pakai sendok kayu.
  2. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan licin dan bercampur rata.
  3. Diamkan 10 - 15 menit.
  4. Adonan siap di panggang di atas cetakan kue cubit. Masak dengan api kecil dan tutup cetakan supaya uap panasnya tidak kemana-mana. Taburan bisa diberikan saat kue setengah matang atau saat adonan baru dituang ke dalam cetakan. Semuanya suka-suka.
GAMBAR CETAKAN KUE CUBIT.

Cetakan atau loyang kue cubit sebenarnya banyak macam dan jenisnya tidak harus bulat apalagi untuk dibuat peluang usaha dan bisnis di rumah dibuatlah yang menarik dengan cetakan berbagai bentuk, seperti bentuk bunga, bentuk segitiga, segi empat, piramid dan sebagainya, salah satu contoh cetakan kue cubit bulat ada di bawah ini.

Foto Cetakan Kue Cubit Bulat
Gambar Contoh Cetakan Kue Cubit Bulat atau Bundar

TIPS & TRICKS :
  • Pastikan adonan tercampur rata dan licin, kalau masih ada gerindilan bisa disaring dahulu.
  • Tunggu adonan istirahat selama 15 menit supaya baking powder bisa bekerja.
  • Saat memasak gunakan api kecil dan gunakan tutup panci untuk menutup loyang yang sudah dituangi adonan.
Sebuah inovasi kue cubit yang mengandung rasa green tea serta menggunakan aneka macam toping mulai dari Oreo hingga Kit kat, Kismis, Coklat Meises maupun Toblerone. Salah satu penjual kue cubit green tea yang terkenal dan bisa dibilang merupakan pelopor dari kue cubit green tea di Bandung adalah Kue Cubit Nu Sadaya yang berada di Jalan Cisangkuy. Selain itu ada kue cubit Burangrang dan tidak kalah menariknya lagi bermunculannya kue cubit versi terbari, seperti kue cubit tape kejumoo, kue cubit red velvet, kue cubit taro, dll.

Foto Aneka Toping Kue Cubit Green Tea Oreo
Gambar Aneka Kreasi Topping Kue Cubit Green Tea Modern

Sekarang Kue cubit modifikasi dengan sentuhan modern jadi terkenal di Bandung adalah kue cubit green tea aneka topping cisangkuy dan di Indonesia yang sekarang begitu fenomenal dan usaha bisnis ini banyak dikuti oleh para pengusaha kuliner yang dibuat franchise, oleh karena itu mari buat Sendiri Kue Cubit Green Tea Setengah Matang khas liputan 6 di rumah dengan alat-alat yang dibutuhkan sebagai berikut :

RESEP KUE CUBIT GREEN TEA ANEKA RASA TOPPING


ALAT - ALAT :
  • Mangkuk besar
  • Mixer atau pengocok silahkan pilih pakai mixer atau tanpa mixer
  • Wadah bercorong atau teko
  • Cetakan kue cubit

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kue Balok

BAHAN :
  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 1 bungkus vanili
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt green tea bubuk yang dilarutkan dengan 3sdm makan air panas

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kue Pukis

CARA MEMBUAT KUE CUBIT GREEN TEA
  1. Masukkan telur dan gula, kocok sampai mengembang (supaya cepat pakai mixer)
  2. Masukkan tepung terigu, sedikt-sedikit aduk rata. Tuang margarin cair, adik rata. Lalu, masukkan soda kue, baking powder, dan vanili, dan larutan green tea bubuk. (Tips kue cubit agar mengembang dan gendut sewaktu dimasak, adonan dasar jangan langsung dimasak, tapi diamkan dulu selama kurang lebih 5 menit.
  3. Panaskan cetakan kue cubit diatas api kecil yang sudah diolesi margarin, masukkan adonan dan toping sesuai selera kamu.

CARA MEMBUAT KUE CUBIT ENAK ALA ABANG-ABANG